Cara Pilih Jasa Service Timbangan Digital dan Tips Perbaikinya

jasa-service-timbangan-digital

Timbangan menjadi salah satu alat yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Saat timbangan mulai tidak akurat, Anda langsung buru-buru mencari jasa service timbangan rusak untuk memperbaikinya. Pada timbangan konvensional biasanya akan lebih mudah diperbaiki terutama jika hanya bermasalah pada keakuratannya saja. Namun, jika kerusakan terjadi pada timbangan digital, maka Anda perlu membawanya ke service timbangan digital untuk mengetahui penyebab kerusakannya.

Macam Kerusakan Timbangan Digital

1. Drifting

Drifting adalah nilai yang tidak stabil pada display timbangan. Jenis kerusakan ini biasanya disebabkan oleh load cell yang sudah rusak atau software di dalamnya yang perlu adjustment. 

2. User interface rusak

User interface adalah tampilan visual dari timbangan yang menjembatani antara sistem dan pengguna. Jika kerusakan terjadi pada user interface, maka bisa jadi penyebabnya adalah LCD yang terbakar atau bocor.

3. Mati total

Pengguna timbangan digital juga sering mengalami permasalahan ini. Biasanya timbangan digital yang mati total disebabkan oleh adanya kerusakan pada mainboard atau adaptor. Jika kerusakan terjadi pada salah satu bagian komponen timbangan digital, maka pengguna perlu segera menghubungi tempat service timbangan rusak untuk mengganti komponen yang rusak tersebut.

Memperbaiki Tingkat Akurasi Melalui Service Timbangan Digital

Timbangan digital yang memiliki masalah pada tingkat akurasinya dapat diperbaiki dengan cara membawanya ke tempat kalibrasi yang profesional. Untuk masalah waktu dan biaya, Anda tidak perlu khawatir karena proses kalibrasi ini biasanya tidak memakan waktu yang lama dan biayanya pun cukup terjangkau. 

Proses kalibrasi sebenarnya tidak hanya dilakukan pada timbangan yang sudah lama atau eror saja, tetapi juga pada timbangan baru. Selain itu, pada perangkat timbangan yang sensitif, juga biasa dilakukan pengkalibrasian, karena biasanya timbangan jenis ini kalibrasinya mudah berubah jika terkena getaran atau tumbukan. 

Pengkalibrasian pada timbangan sebenarnya juga dapat dilakukan oleh Anda sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Menentukan kapasitas berat maksimum

Carilah berapa kapasitas berat maksimum timbangan digital yang Anda miliki. Anda dapat melihatnya pada buku panduan atau website resmi merk timbangan tersebut.

2. Letakkan pada permukaan datar

Untuk melakukan kalibrasi, letakkan timbangan pada permukaan yang datar dan hidupkan seperti biasa. Kemudian, letakkan beban pengganti, seperti koin yang bobotnya sudah diukur ke atas timbangan. Tunggu hingga angkanya terbaca dengan benar.

3. Aktifkan mode kalibrasi

Cari tombol kalibrasi pada timbangan digital Anda untuk memulai proses kalibrasi hingga akurat kembali.

4. Letakkan beban standar

Letakkan kembali koin atau beban standar lainnya di tengah timbangan, kemudian lihatlah apakah hasilnya telah sesuai atau belum. Coba bandingkan perbedaan antara berat beban standar sebenarnya dengan hasil yang ditampilkan pada timbangan digital. Jika hasilnya masih berbeda, maka ulangi proses kalibrasi hingga bobot beban sesuai dengan aslinya.

Baca Juga: 15 Cara Merawat Kulkas Baru dengan Benar

Cara Merawat Timbangan Digital

Sama halnya dengan alat-alat lain, timbangan digital juga perlu dirawat agar tingkat akurasinya terjaga dan mesin di dalamnya tetap awet. Berikut ini terdapat beberapa cara perawatan sederhana untuk timbangan digital Anda.

  1. Letakkan timbangan di permukaan yang datar
  2. Jangan meletakkan barang di atas timbangan dalam waktu yang lama
  3. Bersihkan timbangan secara rutin dan jauhkan dari api atau panas matahari.
  4. Lepaskan baterai timbangan jika timbangan sudah tidak lagi digunakan.

Nah itu tadi cara memperbaiki dan merawat timbangan digital. Jika kerusakan timbangan cukup parah, sebaiknya segera cari jasa service timbangan terbaik untuk mengetahui penyebab kerusakan dan penanganannya yang tepat. 

Anda dapat menggunakan layanan terbaik dari suwun.co.id untuk mengatasi permasalahan berbagai alat elektronik Anda. Suwun adalah marketplace jasa terbaik yang dapat melayani berbagai hal, mulai dari perbaikan alat elektronik, jasa renovasi rumah, penyedia jasa les, jasa kebersihan, hingga koordinator pesta.

Artikel yang Direkomendasikan