Servis Sepeda Motor agar Tetap Prima dan Optimal

jasa-service-sepeda-motor

Cari service sepeda motor terbaik? Yuk, simak di sini!

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia saat ini. Salah satu alasan sepeda motor menjadi primadona masyarakat Indonesia untuk dijadikan transportasi utama adalah lebih lincah dan bisa digunakan untuk menembus gang-gang sempit untuk menuju tempat tujuan. Apalagi di kota besar seperti Jakarta yang memiliki tingkat kemacetan yang sangat luar biasa.

Sepeda motor pun tak jarang digunakan hampir setiap hari oleh kebanyakan orang. Mereka menggunakannya untuk pulang pergi kuliah maupun ke tempat kerja. Kondisi ini membuat sepeda motor bekerja cukup keras.

Kinerja yang terus menerus akan membuat mesin motor perlu perhatian khusus karena adanya sisa-sisa pembakaran hasil kinerja mesin. Kondisi ini membutuhkan perawatan khusus berupa servis.

Jika kamu mampu merawat sepeda motor dengan baik, kendaraan ini akan memiliki performa yang maksimal setiap saat. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi kendaraamu agar selalu prima? Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepeda motor kesayangan.

1. Merawat Sistem Kelistrikan dan Pengapian Pada Motor

Hindari, Modifikasi Motor yang Bikin Aki Gampang Tekor - kumparan.com

Pengapian pada motor menjadi hal utama karena dari situlah energi gerak motor dimulai. Pengapian sepeda motor berasal dari busi. Untuk menghindari masalah pengapian, sering-seringlah melakukan pengecekan pada busi. Bersihkan busi dan pastikan ujung medannya tetap bersih dan kering.

Untuk masalah kelistrikan, sebaiknya jaga agar aki tidak tekor setiap pagi kamu memanaskan mesin dengan starter genjot. Hal ini bertujuan agar aki tidak langsung bekerja setelah istirahat semalaman sehingga kelistrikan pada motor tetap aman. Jika motormu dibekali dengan mesin injeksi, listrik adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. Pasalnya, teknologi injeksi yang terhubung dengan sistem komputer membutuhkan aliran listrik yang stabil.

2. Rutinlah Bawa Motormu Servis Ke Bengkel Secara Berkala

Anak Motor Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Membuatmu Tampak Lebih Keren

Anjuran utama untuk merawat motor adalah melakukan servis rutin. Biasanya, servis bisa kamu lakukan setiap 2-3 bulan sekali dalam setahun. Selain servis rutin, kamu juga perlu mengganti oli secara berkala jika jarak tempuh sudah mencapai 2.000 km. Jarak tempuh yang dilalui sepeda motor mengakibatkan oli menjadi kotor dan mengental. Oleh karena itu, penggantian oli perlu dilakukan agar agar mesin kembali mendapatkan pelumas terbaik.

Servis rutin pada bengkel juga dapat memeriksa bagian-bagian penting pada motor, seperti ban, rem, hingga suspensi dan kelistrikan. Jika terjadi gangguan, kamu bisa langsung mendapatkan penanganan dini. Ingat, kinerja mesin dapat dijaga dengan melakukan perawatan sepeda motor secara berkala.

3. Memakai Bahan Bakar Berkualitas Pada Motor

Ini Tips Memilih Bahan Bakar untuk Sepeda Motor | Lombok Post

Bahan bakar bisa dikatakan sebagai penyuplai energi pada motor. Jika kamu memiliki motor yang terbilang jadul, pilihlah bahan bakar dengan oktan rendah karena tidak akan membuat mesin cepat panas. Lain halnya jika motor yang kamu miliki adalah model keluaran baru dan dilengkapi dengan mesin pendingin, sebaiknya gunakan bahan bakar beroktan tinggi. Kelebihan bahan bakar beroktan tinggi adalah mampu melakukan pembakaran yang lebih optimal sehingga mesin motor akan lebih lembut dan bertenaga.

Baca Juga: Cara Memilih Jasa Kelistrikan

4. Mencuci Bersih Sepeda Motor

Astaga, Inilah Efek Mencuci Motor Saat Mesin Panas! – Autos.id

Pasti banyak di antara kita yang membersihkan sepeda motor saat kondisinya sudah benar-benar kotor. Mulailah membersihkan motor secara berkala sejak saat ini. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengelap sepeda motor terlebih dahulu untuk membersihkan debu di bodi kendaraan. Gunakan lap kering berbahan lembut agar tidak menggores permukaan bodi motor.

Jika kondisinya mengharuskanmu untuk mencuci motor, sebaiknya gunakan sampo khusus motor. Setelah motor selesai dicuci, lap hingga kering dan usapkan silikon motor untuk finishing serta membuat kendaraanmu tampak mengilap.

10 Alasan Mengapa Bikepacking dengan Sepeda Motor adalah Cara Traveling  Paling Asyik

Itu dia langkah-langkah perawatan secara berkala yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi sepeda motor kesayangan. Nah, memahami cara merawat motor tidak sulit, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Yuk, cari jasa service sepeda motor di Suwun!

Artikel yang Direkomendasikan