9+ Cara Service Kompor Gas yang Susah untuk Dinyalakan

jasa-service-kompor-gas

Service kompor gas – Apa saja jenis dan juga mereknya, kompor gas yang dipakai secara terus-menerus dapat mengalami permasalahan atau kerusakan pada suatu saat nanti. Susah menyala maupun dinyalakan merupakan salah satu contoh permasalahan yang sering sekali terjadi pada kompor gas.

Hal ini biasanya diakibatkan dari sumbatan regulator. Kompor gas yang susah menyala pastinya dapat menimbulkan rasa khawatir sekaligus kesal untuk para pemiliknya, terlebih bila hal itu terjadi ketika akan memasak. Jika kompor gas sudah susah menyala, bahkan tidak menyala, biasanya kita akan membutuhkan jasa service kompor gas terdekat.

Cara Cek Kerusakan Kompor Gas

1. Cek Tekanan Gas

Langkah pertama untuk memperbaiki masalah pada kompor gas yang susah untuk dinyalakan adalah memeriksa tekanan gas di dalam tabung gas Anda. Pastikan tabung gas Anda terisi penuh dan tidak kosong, karena hal ini bisa mempengaruhi kinerja kompor gas. Selain itu, pastikan regulator gas pada tabung gas terhubung dengan benar pada kompor gas. Tekanan gas yang tidak cukup dapat menyebabkan masalah pada kompor gas dan menyulitkan untuk dinyalakan.

2. Bersihkan Bagian Kompor Gas

Seringkali, masalah pada kompor gas disebabkan oleh kotoran atau kerak yang menempel pada bagian-bagian di dalam kompor gas. Anda dapat membersihkan bagian-bagian tersebut dengan sabun cuci piring dan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Pastikan untuk membersihkan bagian burner dan gas ring dengan hati-hati dan grilya juga.

3. Cek Bagian Elektronik

Jika kompor gas Anda menggunakan sistem pengapian elektronik, pastikan bagian elektronik tersebut dalam keadaan baik. Anda dapat memeriksa kabel pengapian dan kabel busi untuk melihat apakah ada kabel yang putus atau terkelupas. Selain itu, pastikan juga baterei pengapian dalam keadaan baik dan masih berfungsi dengan baik. Jika tidak, ganti dengan baterei baru.

4. Bersihkan Bagian Injector

Bagian injector berfungsi untuk menyediakan gas ke bagian burner. Seringkali, bagian ini menjadi penyebab utama dari masalah pada kompor gas. Anda dapat membersihkan bagian ini dengan menggunakan jarum atau tusuk gigi. Pastikan untuk membersihkan bagian tersebut dengan hati-hati agar tidak merusaknya.

5. Ganti Bagian yang Rusak

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah pada kompor gas Anda, maka kemungkinan besar ada bagian yang rusak dan perlu diganti. Beberapa bagian yang sering rusak pada kompor gas adalah kabel pengapian, baterei, dan bagian-bagian elektronik lainnya. Pastikan untuk membeli bagian pengganti yang sesuai dengan jenis dan merk kompor gas Anda.

Cara Service Kompor Gas Sendiri di Rumah

Jika tempat Anda jauh dari jasa service kompor gas panggilan terdekat dan kompor yang Anda miliki susah untuk dinyalakan, maka Anda bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini untuk mengatasinya secara mandiri:

1. Lepaskan Regulator Pada Tabung Gas

Regulator merupakan sebuah komponen yang posisinya ada di antara selang dan juga tabung gas. Fungsi utama dari regulator adalah untuk mengatur kinerja dari gas serta mengunci gas di dalam tabung supaya tidak terjadi kebocoran. Jika api pada kompor gas susah atau tidak dapat menyala, besar kemungkinan gas yang ada di tabung tidak tersalurkan dengan baik menuju ke pemantik. 

Hal inilah yang menjadi pemicu kompor gas susah untuk dinyalakan, sebelum Anda memanggil tukang service kompor gas terdekat, coba pasang terlebih dahulu regulator di mulut tabung gas dengan benar dan pastikan tidak ada bunyi mendesis yang berarti mengindikasikan kebocoran gas. Kompor gas yang susah untuk dinyalakan bisa karena pengaman regulator yang menghalangi aliran gas. 

2. Memperbaiki Pemantik Pada Kompor

Kompor gas yang susah menyala juga bisa disebabkan oleh adanya kerusakan di bagian pemantik  kompor sehingga pemantik tersebut tidak dapat mengeluarkan api. Pemantik kompor yang rusak bisa diakibatkan oleh lepasnya kabel pemantik atau terdapat kotoran yang menyumbat ujung pemantik sehingga tidak dapat menyalakan api.

Agar bisa mengatasinya selain menggunakan jasa service kompor gas, Anda harus meletakkan kembali kabel pemantik di tempatnya dan membersihkan ujung pemantik dari kotoran yang ada. Jika kerusakan pemantik karena aus, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

3. Atur Tungku Kompor, Dudukannya dan Burning

Gangguan aliran pada gas menuju kompor di bagian tungku atau burner juga bisa mengakibatkan kompor susah menyala. Jika burner terlihat kotor, segera angkat dan bersihkan kerak di bagian lubang burner memakai sikat, kawat kecil maupun jarum. 
Posisi burner yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi aliran gas dan membuat kompor gas susah menyala. Sebaiknya, pasang burner menyesuaikan dengan posisinya dan jangan sampai terdapat celah di antara burner dan juga mangkuk burner.

4. Perbaiki Pada Knop Kompor

Biasanya para service kompor gas tanam juga akan memeriksa Knop kompor gas yang bermasalah dan menyebabkan kompor gas menjadi susah menyala. Pada knop kompor gas, ada spuyer yang memiliki fungsi mengatur besar kecilnya aliran gas. Jika spuyer kotor, aliran gas akan menjadi tidak lancar dan dapat menyebabkan api kompor tidak menyala atau menyala sesaat, lalu kembali mati. Cara mengatasinya, bukalah bagian knop memakai tang atau kunci yang sesuai, lalu bersihkan pada bagian spuyer dan pemutarnya hingga bersih, baru pasang kembali knop dan cobalah menyalakan kompor gas  tersebut.

Cara Paling Tepat untuk Memilih Tukang Service Kompor Gas
Memperbaiki kompor terkadang memang dapat dilakukan sendiri secara otodidak. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal akan lebih baik menggunakan jasa profesional seperti https://suwun.co.id/ yang menyediakan ribuan ahli jasa profesional untuk berbagai kebutuhan rumah tangga Anda.

Baca Juga: Cara Merawat dan Menggunakan Kulkas Baru

Berikut ini cara memilih tempat modena kompor gas service centre yang perlu untuk Anda ketahui, antara lain adalah:

Cara Memilih Service Kompor Gas

1. Periksa Jenis Layanan yang Akan Diberikan

Kelengkapan layanan yang diberikan oleh jasa servis kompor ariston, maka akan semakin bagus tempat servis kompor gas terdekat tersebut. Anda dapat memperbaiki kompor yang  tidak menyala yang diakibatkan oleh beberapa faktor sekaligus yang tidak dapat ditangani sendiri. Selain itu, Anda tidak akan khawatir malah akan semakin rusak jika diperbaiki sendiri.

Pastikan Anda mencari tempat servis kompor gas panggilan terdekat yang dapat memperbaiki kompor gas yang tidak menyala karena beberapa kondisi. Kompor gas tidak dapat menyala karena pemantik api tidak bisa berfungsi, api yang dikeluarkan juga berwarna merah, tungku hanya dapat menyala sebagian, api tidak menyala semua dll.

2. Memiliki Layanan Konsultasi

Sebelum memilih tukang servis kompor gas terdekat yang paling tepat, konsultasikan lebih dahulu permasalahan kompor gas Anda yang tidak menyala kepada tempat servis kompor gas tanam tersebut. Jika mereka memberikan layanan konsultasi tentu akan sangat baik sehingga dapat dihubungi terlebih dahulu sebelum datang ke tempat servis kompor ariston.

Anda dapat menghubungi kontak yang tersedia lalu memberitahu masalah kompor gas yang ada di rumah. Jika tempat servis tersebut mengkonfirmasi bisa memperbaiki, maka kompor tersebut bisa langsung dibawa ke tempat servis agar bisa diperbaiki sesegera mungkin.

3. Memiliki Jasa Panggilan

Tentu akan sangat merepotkan jika Anda harus membawa kompor ke tempat servis apalagi jika sendirian. Oleh sebab itu, modena kompor gas service centre yang menyediakan jasa panggilan tentu akan begitu direkomendasikan. Cukup dengan menghubungi nomor tertera, mereka juga akan langsung datang.

Layanan ini selain lebih memudahkan juga bisa membuat waktu Anda menjadi jauh lebih hemat karena tidak harus mengantarkan kompor yang rusak ke tempat servis kompor gas. Adanya tukang yang dapat dipanggil untuk datang ke rumah, maka semua permasalahan kompor tidak akan menyala dan dapat di bereskan dengan lebih cepat.

4. Adanya Testimoni dari Pelanggan

Testimoni dari pelanggan menjadi salah satu faktor yang penting dapat mempengaruhi keputusan seseorang untuk datang ke tempat jasa service. Jika pelanggan yang sebelumnya banyak memberikan testimoni yang positif, maka sudah dapat dipastikan tempat servis tersebut memang memiliki pelayanan yang bagus.

Sebaliknya, jika banyak pelanggan yang memberikan testimoni negatif bisa jadi pelayanan dari tempat servis tersebut memang masih kurang. Anda dapat mempelajari setiap testimoni dan juga review yang diberikan oleh orang lain sebagai bahan pertimbangan.

5. Harga Lebih Terjangkau

Harga menjadi salah satu faktor yang menentukan keputusan seseoarang, harga yang terjangkau akan lebih banyak dipilih dibandingkan dengan harga yang mahal. Anda dapat mengecek pricelist dari tempat service yang akan di pilih untuk mempersiapkan budget sebelum nantinya kompor di service.

Bukan menjadi sebuah masalah bila harus mencari beberapa opsi tempat service yang terbaik. Kepuasan dari pelanggan dan kualitas pelayanan merupakan yang nomor satu dan harus diperhatikan

Artikel yang Direkomendasikan