Cara Service Kipas Angin Sendiri di Rumah

service-kipas-angin

Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang dibutuhkan di setiap rumah tangga. Selain untuk membuat suhu di dalam rumah tetap sejuk, banyak juga yang menggunakan kipas angin untuk kebutuhan usaha misalnya untuk membuat api pada arang bakar untuk membakar sate tetap menyala dengan stabil.

Namun semua manfaat itu akan segera hilang jika Anda mendapati kipas angin tak bekerja sebagaimana mestinya. Lalu bagaimana cara service kipas angin yang harus dilakukan?

Ketahui Cara Service Kipas Angin Sendiri

Jika kipas angin Anda tiba-tiba tak mau menyala, maka sebaiknya segera ketahui apa yang terjadi pada kipas angin tersebut. Salah satunya adalah dengan membawanya ke layanan servis untuk mendapatkan perbaikan yang sesuai dengan jenis kerusakan yang dialaminya. Namun Anda juga bisa melakukan cara service kipas angin di rumah untuk tergantung dengan jenis kerusakan yang terjadi.

Setidaknya ada dua penyebab yang membuat kipas angin mengalami kerusakan, diantaranya adalah:

  • Bagian bearing atau bushing kipas sudah mengalami aus sehingga Anda harus menggantinya dengan yang baru
  • Bagian as motor kipas dengan stator sudah tak berada di bagian tengah kipas

Kondisi tersebut di atas bisa menyebabkan kipas angin mengalami macet sehingga tak mau berputar, tersangkut hingga mesin yang mengeluarkan suara berdengung. Jika hal tersebut terjadi, maka segera lakukan perbaikan sesuai kebutuhan sebelum kerusakan menjadi semakin parah.

Di bawah ini ada beberapa langkah cara service kipas angin yang bisa Anda lakukan jika mendapati kipas angin rusak kemudian ingin mencoba untuk memperbaikinya sendiri.

1. Buka casing kipas

Langkah yang pertama adalah dengan membuka atau membongkar casing kipas angin. Dalam langkah ini Anda perlu membuka baut yang terpasang sehingga pembongkaran bisa dilakukan dengan benar dan tak merusak kabel yang ada.

2. Lihat bagian penutup dinamo mesin

Langkah yang kedua adalah dengan membuka penutup motor dinamo pada kipas angin, lepaskan bautnya kemudian keluarkan bagian stator dan as motor yang ada di dalamnya. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar supaya spul atau gulungan tak sampai putus karena bisa berdampak yang lebih fatal.

3. Buka dan cek bagian bushing atau bearing kipas angin

Lakukan pengecekan pada bagian motor dinamo, apakah benar sudah terjadi aus pada bagian tersebut sehingga dibutuhkan penggantian. Jika bushing atau bearing terlihat longgar, segera ganti dengan yang baru kemudian pasang kembali ke motor dinamo kipas angin.

Baca Juga: Cara Menemukan Service Kipas Angin Terdekat

4. Bersihkan bagian kipas angin dengan detail

Bersihkan dengan menggunakan kanebo yang sudah dibasahi dan lap kering untuk membuang debu yang menempel di mesin atau baling-baling kipas. Cara service kipas angin akan sangat membantu mengurangi kipas berjalan dengan tidak normal.

5. Pasang kembali casing kipas

Sebelum Anda memasang kembali casing kipas, akan lebih baik jika terlebih dahulu memberikan pelumas, kemudian pasang kembali casing kipas yang sebelumnya dilepas dan pasang baut-bautnya secara lengkap. Dalam tips memperbaiki kipas angin sendiri juga disebutkan untuk memastikan semua bagian terpasang dengan baik dan benar.

6. Cek fungsi kipas angin

Setelah casing sudah terpasang kembali dengan baik dan benar, lengkap dengan bautnya maka kini Anda bisa melakukan pengecekan apakah perbaikan yang dilakukan sudah benar sehingga membuat kipas kembali berfungsi normal.

Demikian beberapa langkah untuk cara perbaikan kipas angin sendiri, tanpa harus datang ke layanan service kipas angin. Namun jika ternyata kipas angin tetap tak bisa menyala atau berputar, maka bisa jadi ada masalah lainnya di dalam kipas yang tak bisa Anda perbaiki sendiri.

Cara Service Kipas Angin Mudah dengan Jasa Terbaik

Nah bagaimana? Sangat mudah dan simpel bukan untuk cara service kipas angin yang tak bisa berputar atau menyala?

Jika Anda tetap membutuhkan layanan jasa service kipas angin yang berkualitas dan terpercaya maka bisa mendapatkannya sekarang juga. Kunjungi Suwun.co.id atau unduh aplikasinya untuk mendapatkan fitur yang canggih dan lengkap dari Suwun. Download aplikasi Suwun sekarang! 

Artikel yang Direkomendasikan