Jasa Service Amplifier Terdekat di Jabodetabek

jasa-service-amplifier

Amplifier digunakan untuk menguatkan tegangan input sehingga output yang dikeluarkan akan lebih besar dari inputnya. Seperti benda elektronik lainnya, amplifier seringkali mengalami berbagai kerusakan. Jika hal tersebut terjadi, Anda harus segera membawanya ke tempat service amplifier terdekat sehingga kerusakannya dapat segera diatasi.

Amplifier memiliki beberapa fungsi, fungsi utama amplifier yaitu sebagai booster atau penguat suara. Supaya suara amplifier jernih adalah dengan memanfaatkan fungsinya untuk memperkuat sinyal radio, sinyal yang dikuatkan akan dikeluarkan melalui gelombang suara pada loudspeaker.

Fungsi lain amplifier adalah mengatur karakteristik suara yang dikeluarkan seperti balance, bass, treble, middle dan volume. Fungsi selanjutnya adalah menyesuaikan suara output, amplifier menggunakan komponen pre amp yang dapat membuat frekuensi sinyal output sama dengan sinyal input.

Sebelum dijelaskan tempat service power amplifier terdekat, Anda perlu mengetahui jenis-jenis kerusakan pada amplifier. Lalu, apa saja sih kerusakan yang dapat terjadi pada amplifier? Berikut penjelasannya.

Jenis kerusakan amplifier

1. Suara berdengung

Suara berdengung seringkali muncul dari speaker misalnya ketika sedang mendengarkan musik. Hal ini disebabkan oleh komponen transistor yang ada pada transistor penguat akhir.

Penyebab kerusakan transistor ini karena pemakaian amplifier terlalu panas dan karena pemasangan speaker kurang efisiensi.

Amplifier yang berdengung dapat terjadi karena kerusakan pada power supply, kerusakan tune control, kerusakan buffer power, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui bagian mana yang mengalami kerusakan, lebih baik jika Anda segera membawanya ke tempat service amplifier terdekat.

2. Suara serak

Kerusakan ini muncul ditandai dengan suara yang muncul dari speaker tidak bersih atau disebut juga dengan serak. Hal tersebut biasanya terjadi karena transistor yang rusak, R kapur mati sebelah atau diode pcb driver ada yang rusak.

Baca Juga: Suwun, Aplikasi Jasa Service JABODETABEK

3. Tidak muncul suara

Kerusakan lain yang sering muncul pada amplifier adalah tidak adanya suara yang keluar dari speaker. Kerusakan ini dapat terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah:

  • Kerusakan stereo tuner fm, pre amp head, preamp microphone
  • Rusak pada kabel input atau output yang tidak tersambung dengan baik
  • Rusak pada bagian buffer dan driver power amplifier
  • Kerusakan pada penguat final (sanken dan mosfet)
  • Kerusakan pada speaker

4. Muncul suara mengganggu saat volume dibesarkan

Kerusakan ini ditandai dengan munculnya suara brek-brek ketika volume dibesarkan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti: 

  • Kurangnya asupan arus pada rangkaian power amplifier
  • Elco power supply rusak atau karena kurang besar sehingga tidak mampu menyuplai arus yang dibutuhkan oleh amplifier
  • Speaker yang telah rusak, atau karena phase speaker terbalik sehingga menyebabkan munculnya suara brek-brek yang volume dibesarkan

Jasa service amplifier terdekat

Jika Anda menemukan kerusakan pada amplifier dan tidak bisa memperbaiki, sebaiknya Anda segera membawanya ke orang yang ahli untuk segera diperbaiki, sehingga kerusakan tidak akan semakin parah.

Berikut adalah tempat service power amplifier terdekat yang ada di Jabodetabek:

  • Multi Service Electronic Delima: Jl. Delima Raya No. 8 Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur
  • Surya Elektronic Service: Jl. Surya Kencana, RT 5/RW 6 Pamulang, Tangerang Selatan
  • Service Audio Amplifier Sound System: Jl. Kembang Lio V No. 5A RT 02/RW 19 Pancoran Mas, Kota Depok

Itulah beberapa hal mengenai kerusakan amplifier dan tempat service amplifier di Jakarta dan Depok. Jika Anda sedang mencari tempat service amplifier terdekat dengan rumah, Anda dapat mengunjungi suwun.co.id untuk mendapatkan informasi tempat service terlengkap. Di suwun.co.id Anda dapat menemukan tempat service terlengkap dan terpercaya, Anda juga dapat membuat janji dan menentukan waktu untuk menghindari antrian.

Artikel yang Direkomendasikan