Rice Cooker Mini, Fitur dan Tips Memilih

rice-cooker-mini

Rice cooker yang ada saat ini tersedia dalam beberapa ukuran, diantaranya ukuran rice cooker mini, ukuran standar dan ukuran jumbo. Harga rice cooker mini juga tentunya lebih terjangkau dibandingkan rice cooker ukuran jumbo.

Penggunaan rice cooker yang berukuran mini biasanya untuk kalangan keluarga kecil atau kebutuhan anak kost yang tidak membutuhkan konsumsi nasi dalam jumlah besar. Sedangkan untuk rice cooker dengan ukuran standar untuk keluarga besar dan ukuran jumbo biasanya dipakai untuk kebutuhan warung makan.

Fitur Rice Cooker Mini yang Multifungsi

Keberadaan rice cooker berukuran kecil memang cukup menjadi barang elektronik yang laris manis di pasaran. Pasalnya selain tak membutuhkan banyak tempat, mempunyai watt yang kecil, rice cooker ini juga bisa memasak nasi dengan kapasitas kecil sehingga tak berlebihan untuk keluarga kecil. Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa diperoleh pada rice cooker dengan ukuran kecil.

1. Kapasitas kecil

Rice cooker berukuran mini memiliki kapasitas sebesar 0,3 sampai 0,8 liter yang diperkirakan cukup untuk sekitar 3-6 orang. Untuk memasak nasi membutuhkan daya sekitar 200-300 watt dan untuk menghangatkan nasi mungkin membutuhkan daya 70-80 watt saja. Seperti misalnya miyako rice cooker mini yang dibanderol dengan harga sekitar 150 ribu per unitnya.

2. Fitur memasak

Ada juga rice cooker mini terbaik yang memiliki fitur untuk memasak dengan sistem 3D heating. Merupakan fitur untuk memasak yang memungkinkan pengguna untuk bisa mempersingkat proses pematangan nasi sehingga waktu memasak bisa lebih cepat dan efektif.

3. Fitur penghangat nasi

Selain memiliki fitur untuk memasak, rice cooker juga memiliki fitur untuk menghangatkan nasi setelah nasi matang. Biasanya untuk menghangatkan nasi, kebutuhan daya listrik yang dibutuhkan jauh lebih kecil yaitu sekitar 70-80 watt saja. Dimensi rice cooker berukuran kecil umumnya sebesar 24x11x12 dengan berat produk 1 kg.

4. Fitur pengukus

Tersedia juga rice cooker mini multifungsi yang memiliki fitur untuk mengukus semua jenis makanan yang ingin dikukus. Biasanya dalam set rice cooker juga disertakan wadah dengan lubang yang bisa diletakkan di bagian atas panci menanak nasi untuk proses mengukus. Jadi pengguna bisa memasak nasi sekaligus mengukus bahan makanan lainnya dengan cepat, efisien dan efektif.

Baca Juga: Inspirasi Keramik Dinding Ruang Tamu Terbaik

Tips Memilih Produk Rice Cooker Mini

Jika Anda berencana untuk membeli produk rice cooker mini yang bagus, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut.

  • Pilih rice cooker yang memiliki kualitas terbaik, sehingga bisa lebih awet dan tahan lama untuk digunakan. Tak masalah harganya sedikit lebih mahal tapi yang penting bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.
  • Pilih rice cooker dengan fitur terbaik dan paling lengkap. Rice cooker memiliki fitur yang cukup banyak dari mulai menanak nasi, menghangatkan nasi, mengukus, menghangatkan lauk dan lain sebagainya.
  • Pilih rice cooker yang mudah didapatkan spare partnya, hal itu akan mempermudah Anda untuk mengganti bagian yang rusak atau sudah waktunya untuk diganti
  • Lihat kapasitas daya tampung rice cooker, sebaiknya tak memilih yang memiliki kapasitas terlalu kecil
  • Cek juga kapasitas daya listrik yang dibutuhkan rice cooker. Pilih yang membutuhkan kapasitas daya listrik yang kecil dan hemat sehingga bisa digunakan di rumah dengan daya listrik terbatas.
  • Perhatikan bahan material yang digunakan untuk menjadi tempat menanak nasi. Pilih bahan material yang sekiranya aman dan sehat untuk memasak makanan.

Demikian ulasan tentang rice cooker ukuran kecil yang bisa menjadi satu pilihan alat elektronik terbaik untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Anda bisa mendapatkan rekomendasi layanan jasa service elektronik terbaik di lokasi terdekat hanya di Suwun.co.id. Tersedia banyak pilihan layanan jasa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Layanan Suwun juga tersedia dalam aplikasi Suwun yang bisa didownload dan diinstall via Play Store atau App Store di ponsel Anda. Yuk unduh sekarang juga untuk nikmati fitur lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan