Renovasi Rumah Jawa Jadi Minimalis Gaya Klasik Modern

renovasi-rumah-jawa

Rumah Jawa merupakan rumah jadul tetapi hingga saat ini masih terdapat banyak model rumah ini di berbagai daerah di Jawa. Biasanya model rumah ini cenderung memiliki ukuran yang luas dan desain yang unik. Untuk Anda yang memiliki rumah Jawa, Anda bisa melakukan renovasi rumah Jawa jadi minimalis dan estetik menyesuaikan perkembangan zaman.

Untuk mengubah rumah jawa menjadi minimalis, Anda butuh kontraktor profesional untuk menanganinya dan memberikan rekomendasi model terbaik.

Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Renovasi Rumah Jawa Jadi Minimalis

Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika akan melakukan renovasi rumah Jawa milik Anda. Berikut penjelasannya.

1. Renovasi Rumah Jawa Jadi Minimalis Konsep Klasik Modern

Banyak para pemilik rumah jawa yang ingin merenovasi rumah huniannya menjadi modern tetapi tetap mempertahankan esensi klasik dan sederhana. Dengan begitu rumah akan tampak lebih lugas dan menyesuaikan trend saat ini.

Untuk menciptakan tampilan rumah dengan konsep klasik modern, unsur yang harus dipertahankan yaitu perasaan hangat pada hunian. Jadi rumah hunian tetap rapi, sedap dipandang, bersih, dan nyaman dihuni.

2. Butuh Waktu Renovasi 3 Bulan

Umumnya, untuk melakukan renovasi rumah jawa jadi minimalis antik membutuhkan waktu kisaran 3 bulan. Namun waktu ini hanyalah estimasi, bisa juga proses pengerjaannya lebih cepat atau lebih lambat.

Karena untuk waktu total renovasi rumah jawa berbeda-beda tergantung bagian mana yang akan direnovasi. Untuk proses diskusi dan modifikasi desain rumah biasanya butuh waktu 2 bulan, sedangkan proses eksekusi atau pengerjaannya butuh waktu 3 bulan.

3. Rumah Jawa Sering Bocor Dan Banyak Rayap

Saat Anda akan melakukan renovasi rumah Jawa milik Anda, masalah yang sering dijumpai adalah atap yang bocor dan banyak rayap.

Masalah tersebut merupakan masalah yang umum dijumpai di rumah tua.

Biasanya plafon yang digunakan pada atap rumah jawa menggunakan anyaman bambu sehingga rentan bocor. Selain itu, bangunan rumah jawa mayoritas menggunakan kayu sehingga tidak heran jika banyak dimakan rayap.

4. Menggunakan Material Kayu

Sebagai salah satu rumah jadul, rumah jawa mayoritas menggunakan material kayu. Jika ingin melakukan renovasi rumah jawa jadi minimalis estetik, pertahankan material kayu tersebut karena dapat menciptakan kesan hangat, modern, dan klasik sekaligus.

Meskipun demikian, material lainnya juga boleh dipadukan, sehingga tetap memberikan aksen kekinian. Misalnya menggunakan cermin abu-abu, strip marmer di beberapa titik, baja putih berlapis emas dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Memilih Kontraktor Terbaik

5. Kombinasi Warna Putih, Hitam, dan Abu-Abu

Apakah Anda ingin menciptakan kesan modern pada rumah Jawa milik Anda? Jika iya, Anda perlu menggunakan warna putih, hitam, dan abu-abu untuk mayoritas warnanya.

Misalnya dengan mengecat tembok dengan warna putih, gorden warna abu-abu, dan tiang warna hitam. Dengan begitu, hasil rumah jawa yang direnovasi bisa terkesan memiliki gaya klasik modern secara keseluruhan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika akan melakukan renovasi rumah Jawa jadi minimalis dan antik. Untuk mendapatkan hasil pengerjaan yang optimal sesuai harapan, Anda dapat berdiskusi dengan jasa renovasi rumah. Tidak perlu bingung, karena prosedur untuk memesan jasa renovasi saat ini sangat mudah.

Klik Suwun.co.id lalu carilah jasa renovasi rumah jawa sesuai keinginan. Untuk menghemat budget, pilihlah layanan yang paling dekat dengan domisili Anda. Buatlah kesepakatan jadwal kemudian layanan tersebut akan datang ke rumah Anda.

Download Aplikasi Suwun untuk melakukan pemesanan lebih mudah karena pada aplikasi fitur dan layanannya jauh lebih lengkap. Anda juga bisa langsung hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan