Remote AC Tidak Bunyi Beep? Mungkin Ini Penyebabnya

remot-ac

Remote merupakan piranti yang sangat penting bagi para pengguna AC. Dengan adanya remote ini, tentu kita dapat mengoperasikan AC secara maksimal. Namun, apa jadikan kalau remote AC tidak bunyi beep seperti yang seharusnya?

Penyebab Remote AC Tidak Bunyi Beep

Salah satu tanda remote AC yang tidak bunyi beep dan tidak berfungsi dengan normal yakni tidak adanya bunyi beep yang keluar. Akibatnya, tidak ada lampu indikator yang menyala membuat tidak terjadi pergerakan pada ventilasi AC. Adapun beberapa penyebab yang seringkali menyebabkan tidak berfungsinya remote AC adalah sebagai berikut.

Remote AC tidak bunyi beep karena permukaan sensor yang kotor

Selain masalah baterai, ada juga kendala yang berkaitan dengan permukaan sensor pada remote maupun unit AC. Sensor ini harus bebas dari kotoran atau benda apapun yang menghalangi karena dapat mengganggu penerimaan sinyal.

Apabila ada kotoran atau debu yang menutupi bagian sensor ini, ada baiknya jika Anda segera membersihkannya. Anda dapat membersihkan dengan kain lembab atau cairan antibakteri untuk membersihkan bagian tersebut.

Adanya cairan yang mengenai komponen remote AC

Penyebab lain yang bisa saja terjadi adalah ketika ada cairan yang mengenai komponen dari remote AC tersebut, misalnya ketumpahan air, teh, kopi, dan sebagainya. Meskipun sudah dilap, namun air masih dapat masuk ke dalam komponen AC yang membuatnya menjadi konslet.

Ada beberapa cara yang memperbaiki remote AC yang terkena cairan ini. Misalnya, Anda dapat menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan remote AC Daikin tidak bunyi beep, atau merendam remote AC dalam beras. Jika masih terkendala, Anda memerlukan remote AC yang baru.

Baca Juga: Jasa Perbaikan Freon AC dan Harganya

Posisi remote yang terlalu jauh dari AC

Penyebab lain yang juga seringkali membuat remote AC terkendala yakni posisi AC yang jauh dengan remote. Biasanya jarak maksimal untuk mengoperasikan AC dengan remote ini sekitar 5-6 meter.

Jika ternyata ini yang menjadi masalah utama Anda, maka cobalah untuk berpindah tempat terlebih dahulu ke dekat unit AC. Pastikan juga tidak ada benda lain yang menghalangi pengoperasian remote tersebut.

Adanya permasalahan pada baterai remote AC

Secara umum, mayoritas AC dioperasikan menggunakan baterai. Ada kalanya baterai remote AC habis dengan durasi yang tidak menentu. Namun, Anda dapat melihatnya melalui indikator pada layar remote sewaktu baterai akan habis.

Dengan demikian, Anda tentu perlu menyediakan stok baterai di rumah. Jadi apabila AC tidak mau nyala atau mati karena remote tidak berfungsi, Anda dapat mengganti baterai dari stok tersebut sehingga tidak perlu repot membeli lagi.

Masalah lain pada baterai bisa saja terjadi ketika Anda salah memasang kutub baterai, misalnya seharusnya kutub (+) malah terpasang pada bagian (-) tentu saja remote tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Kerusakan pada display dan kode error remote

Kerusakan lain seperti pada kode error pada display juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa tidak adanya bunyi beep yang muncul pada remote AC tersebut. Ada baiknya jika Anda coba membaca dulu buku petunjuk, misalnya salah pencet tombol atau layar yang memang rusak.

Nah, jika Anda ingin memperbaiki remote AC tidak bunyi beep seperti ini, Anda dapat menghubungi pihak CS Suwun.co.id yang menyediakan jasa professional perbaikan AC secara maksimal. 

Tinggal hubungi pihak CS dan lakukan pemesanan pihak jasa yang tersedia, jangan lewatkan juga penawaran khususnya! Download juga aplikasi Suwun untuk fitur yang lebih lengkap!

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april