8 Cara Pasang Rangka Plafon Tingkat Mudah

rangka-plafon-tingkat

Plafon bertingkat atau plafon trap merupakan salah satu tipe plafon yang paling banyak dipilih oleh orang-orang. Namun tahukah Anda bagaimana cara pasang rangka plafon tingkat? Untuk tukang plafon pemula pun sebenarnya tidak terlalu sulit memasang plafon tipe ini.

Cara Memasang Rangka Plafon Tingkat Atau Plafon Trap

Secara umum ada dua jenis atau tipe plafon, yaitu plafon model rata dan plafon bertingkat. Keduanya memiliki teknik pemasangan yang berbeda bahkan waktu untuk menyelesaikan pemasangan plafon bertingkat cenderung lebih lama sekitar 2 sampai 3 jam.

1. Memasang Rangka Bawah

Untuk model plafon bertingkat atau plafon trap, maka ada plafon rangka bawah dan rangka atas. Proses pemasangan pertama yang harus dilakukan yaitu rangka bawah terlebih dahulu.

Untuk pemasangan rangka bawah plafon memang sangat rumit dan detail. Anda harus mengukur ketinggian plafon, jarak per setiap sudut, memasang benang, memasang holo, dan mengukur jarak dari poros per tiap dinding.

2. Memasang Rangka Atas

Apabila proses pemasangan rangka plafon tingkat bagian bawah selesai, selanjutnya memasang rangka plafon bagian atas.

Namun perlu diketahui bahwa plafon tingkat yang dimaksud di sini merupakan plafon trap ada celah tetapi tanpa variasi tengah. Untuk proses pemasangan rangka atas juga cukup rumit karena harus mengukur beberapa hal.

Jika Anda merupakan pemula dan kurang begitu menguasai cara pemasangan plafon, Anda bisa cari jasa pemasangan rangka plafon tingkat supaya lebih praktis dan cepat. Meskipun begitu, carilah tukang yang berpengalaman sehingga hasilnya juga memuaskan.

3. Menutup Rangka Atas

Jika rangka bawah dan rangka atas sudah dipasang, selanjutnya yaitu membuat penutupan rangka atas. Perlu diketahui bahwa cara penutupan rangka atas untuk model plafon yang bertingkat serupa dengan penutupan plafon datar atau plafon biasa.

Saat melakukan pemasangan papan gypsum di rangka atas, Anda bisa menutupnya dengan satu lembar penuh gypsum karena tidak terdapat variasi tengah. Untuk pemasangan gypsum board harus tertutup semua sehingga rapat tanpa celah.

4. Menutup Celah Bagian Dalam

Setelah itu, proses memasang rangka plafon tingkat selanjutnya yaitu membuat penutupan celah bagian dalam. Misalnya jarak rangsang antara yaitu 20 cm terus maka perkiraan cuaca yaitu 15.

Untuk menutup bisa menggunakan papan gypsum yang dipotong-potong sesuai kebutuhan yang pastinya sudah diukur terlebih dahulu. Untuk proses penutupan celah bagian dalam bisa menggunakan bor dan sekrup.

Baca Juga: 5 Cara Pasang Plafon PVC Rangka Kayu

5. Membuat Penutupan Rangka Bawah

Apabila rangka atas serta lubang celah sudah ditutup, langkah selanjutnya yaitu menutup rangka plafon bawah menggunakan papan gypsum. Apabila jarak lebar rangka bawah yaitu 40 cm maka panjangnya bisa mengikuti bidang dinding pada ruangan yang dipasangi plafon. Usahakan untuk memasang papan gypsum di rangka bawah sampai tertutup sempurna.

6. Menutup Bagian Pinggiran Rangka Bawah

Proses pemasangan rangka plafon tingkat belum selesai, karena harus membuat penutupan bagian pinggir rangka bawah. Untuk membuat penutupan ini masih menggunakan papan gypsum sehingga bagian pinggir rangka plafon bawah tidak ada celah.

Namun yang dimaksud bagian pinggir ini bukanlah pinggir yang ada di dinding, tetapi sisi pinggir yang naik ke plafon atas lewat lubang celah.

7. Pendempulan Plafon

Jika semua rangka plafon sudah tertutup sempurna dengan papan gypsum langkah selanjutnya yaitu melakukan pendempulan di sambungan-sambungan. Untuk proses pendempulan ini dilakukan secara merata dan tidak bergelombang. Anda bisa menggunakan tepung cornice untuk melakukan pendempulan.

8. Memasang Lis Bahan Gypsum Dan Pengecatan

Jika proses pendempulan sudah selesai, Anda bisa memasang list gypsum dan melakukan pengecatan. Untuk proses pengecatan tidak butuh teknik khusus karena bisa dilakukan oleh siapa pun.

Jasa Pemasangan Rangka Plafon Tingkat Profesional

Jika mengalami kesulitan memasang rangka plafon tingkat, maka bisa menggunakan jasa pemasangan rangka plafon sehingga lebih efektif. Apalagi harga rangka plafon tingkat cenderung lebih mahal sehingga alangkah baiknya diserahkan kepada tukang profesional.

Kunjungi website Suwun.co.id untuk mendapatkan jasa pemasangan platform terbaik di rumah Anda. Tukang akan langsung datang ke rumah Anda sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Download juga Aplikasi Suwun di App Store dan Play Store dengan fitur keren lainnya.

Artikel yang Direkomendasikan