Pondasi Cakar Ayam Adalah: Arti, Fungsi Hingga Kekurangannya

pondasi-cakar-ayam-adalah

Pondasi cakar ayam adalah salah satu jenis pondasi untuk sebuah bangunan. Pondasi memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk dasar atau landasan bangunan yang akan dibangun di atasnya.

Apa yang Dimaksud Pondasi?

Pondasi cakar ayam merupakan metode rekayasa teknik pembuatan pondasi bangunan. Mengapa disebut pondasi cakar ayam? Karena pondasi ini memiliki bentuk yang mirip dengan kaki hewan unggas yaitu ayam. Bagian bawah terdapat pipa beton yang seperti cakar ayam.

Fungsinya yaitu untuk mencengkeram kuat tanah di bagian bawahnya sehingga bangunan bisa dibangun di atas dengan kokoh. Pondasi cakar ayam ini cocok untuk dipakai pada berbagai jenis tanah nanti baik itu tanah yang lembek ataupun tanah yang keras.

Cakar ayam ini biasanya banyak diaplikasikan untuk bangunan gedung bertingkat. Tak hanya itu saja pondasi ini juga banyak diaplikasikan untuk pembangunan jembatan besar, jembatan layang, sampai dengan landasan. Besar kecil dari pondasi akan disesuaikan dengan tujuan dari pembangunannya.

Fungsi Pondasi Cakar Ayam Adalah?

Apa fungsi pondasi cakar ayam? Hal ini menjadi salah satu solusi untuk bisa mendirikan bangunan bahkan di atas tanah yang memiliki tekstur lembek. Tanah lembek sendiri sangat menyulitkan dalam proses pembangunan terutama dengan menggunakan pondasi konvensional.

Tanah lembek juga sangat berair dan memungkinkan tanah untuk ambles dan bergerak. Sehingga sangat tidak direkomendasikan untuk membuat bangunan di bagian atasnya.

  • Pondasi cakar ayam adalah pondasi yang sangat kuat mencengkeram tanah

Pondasi cakar ayam menjadi salah satu pemecah masalah tersebut yang mampu untuk mencengkeram tanah yang ada di bawahnya menjadi lebih kuat lagi.

Jika tanah lembek saja dapat dicengkram dengan kuat oleh panas di cakar ayam, tentu saja untuk tanah kering dan padat kekuatan lebih kuat lagi.

  • Tidak membutuhkan sistem drainase

Pondasi cakar ayam adalah salah satu dengan keuntungan tidak membutuhkan sistem drainase. Sehingga seluruh isi dari pondasi ini benar-benar berisikan beton yang padat dan kuat. Tidak ada celah untuk ruangan drainase seperti pada pondasi konvensional. Begitu pula dengan sambungan kembang susut yang biasanya terdapat di konvensional.

Baca juga: Harga Pondasi Batu Kali Per M3 dan Rinciannya

Kekurangan

Meskipun pondasi ini sudah terkenal kuat dan kokoh tetapi masih memiliki kekurangan. Kekurangan pondasi ini adalah hal yang wajib diketahui terutama bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan sistem pondasi ini.

  • Biaya pembuatan mahal

Kekurangan pertama dari pondasi ni yaitu Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Hal ini tentu saja sangat masuk akal karena perawatan serta tindakan dalam pembuatan pondasi ini sangat rumit.

Bahan material yang dibutuhkan juga lebih banyak. Tak heran jika Anda harus merogoh kocek yang sangat banyak untuk bisa mengaplikasikan pondasi ini.

  • Hanya untuk bangunan besar dan bertingkat

Pondasi untuk bangunan apa? Pondasi ini hanya untuk bangunan yang besar dan bertingkat. Hal ini dikarenakan bangunan tersebut membutuhkan pondasi yang sangat kuat dan kokoh.

Itulah beberapa informasi pondasi yang harus diketahui. Ini adalah salah satu jenis pondasi yang sangat kuat dan kokoh.

Ingin mencari jasa untuk pembangunan pondasi? Suwun.co.id menjadi solusi untuk Anda yang mencari segala jasa. Termasuk jasa untuk membangun pondasi jenis ini.

Selain memiliki website, aplikasi Suwun yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store juga dapat diakses. Masukan kata kunci pada kolom pencarian dan pilih lokasi tempat Anda tinggal.

Artikel yang Direkomendasikan