Pewangi Mesin Cuci Tidak Keluar? Ini Ciri dan Penyebabnya

ciri-dan-penyebab-mesin-cuci-tidak-wangi

Mesin cuci menjadi salah satu bagian penting bagi banyak keluarga modern saat ini karena dapat digunakan untuk membersihkan baju secara mudah dan cepat. Sayangnya, tidak sedikit kendala yang bisa saja terjadi, salah satunya permasalahan pewangi mesin cuci tidak keluar. Kenapa pewangi di mesin cuci tidak keluar? Biasanya, ada beberapa penyebab umum yang menyebabkan hal tersebut.

Kendala softener tidak turun di mesin cuci lg front loading ini sejatinya cukup sering terjadi, namun Anda masih bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang mudah dilakukan. Namun tentunya, ada beberapa penyebab yang membuat kendala tersebut terjadi, berikut ulasannya.

Ini yang Menyebabkan Pewangi Mesin Cuci Tidak Keluar

Selain untuk membersihkan pakaian, mesin cuci saat ini juga dapat digunakan untuk membuat pakaian menjadi lebih wangi. Anda dapat menggunakan bagian penyalur pada mesin cuci untuk menyalurkan pewangi secara otomatis, namun jika ternyata komponen tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, coba cek kembali beberapa hal berikut.

1. Pewangi mesin cuci tidak turun karena selang masuk kotor

Ternyata, cairan yang terlalu kental bisa membuat saluran selang masuk menjadi terhambat karena endapan yang bisa ditimbulkan. Selain itu, sumbatan ini juga dapat terjadi jika ada kotoran lain karena pemakaian yang sudah lama.

Adanya sumbatan pada saluran softener tentu akan membuat aliran pewangi menjadi terhambat. Lama kelamaan, sumbatan tersebut akan membuat filter menutup dan pada akhirnya menjadikan pewangi tidak lagi masuk dengan lancar.

Hal ini seringkali terjadi pada berbagai mesin cuci seperti Sharp. Jika pewangi mesin cuci Sharp tidak keluar, maka Anda harus mengeceknya dan membersihkannya supaya aliran menjadi lebih lancar lagi.

2. Cairan pewangi yang terlalu kental

Saat ini, ada berbagai cairan softener atau pewangi dengan konsistensi cairan tertentu. Banyak orang menganggap jika pewangi yang lebih kental akan membuat baju menjadi lebih wangi secara maksimal, padahal jika terlalu kental, tidak jarang akan membuat masalah baru pada inlet mesin cuci, seperti yang seringkali terjadi pada merk electrolux.

Salah satu solusi pewangi mesin cuci tidak keluar electrolux adalah dengan menggunakan cairan softener dengan konsistensi lebih ringan atau lebih cair. Meski demikian, Anda perlu berkonsultasi langsung dengan pihak produsen mesin cuci untuk memastikan cairan softener mana yang cocok dengan mesin cuci tersebut.

Baca Juga: Service TV Tabung Terbaik

3. Tekanan air yang kurang

Salah satu penyebab softener tidak turun di mesin cuci lg front loading yang membuat aliran pewangi menjadi tidak turun secara maksimal adalah tekanan air yang kurang, baik tekanan yang masuk ke pencuci maupun tekanan dari cairan pewangi itu sendiri.

Beberapa orang, terutama pengguna mesin cuci Samsung menyiasati hal ini dengan mencuci pakaian menggunakan mesin cuci pada malam atau pagi hari. Biasanya, air yang masuk ke mesin cuci akan lebih besar sehingga akan meminimalisir terjadinya kendala tekanan air.

Pada saat pewangi mesin cuci Samsung tidak keluar, Anda juga dapat memastikan apakah selang yang masuk ke dalam saluran mesin cuci mengalami kerusakan atau tidak. Selang dan saluran yang rusak sudah pasti akan membuat tekanan air menjadi tidak maksimal.

Apabila merasa ragu dengan perbaikan dan perawatan mesin cuci, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir. Saat ini, sudah tersedia aplikasi Suwun.co.id yang akan membantu Anda mencarikan jasa profesional guna memperbaiki mesin cuci Anda yang bermasalah tersebut.

Langsung saja kunjungi Suwun.co.id, dapatkan jasa terbaik untuk membantu Anda memperbaiki pencuci tidak keluar, dan jangan lewatkan berbagai penawaran menariknya! Download aplikasinya melalui Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan