Penyebab Water Heater Konslet yang Berbahaya

water-heater

Water heater merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang berfungsi sebagai pemanas air untuk kebutuhan MCK. Water heater termasuk peralatan elektronik yang juga memiliki bahaya atau risiko seperti kesetrum jika terjadi konslet. Berikut beberapa penyebab water heater konslet yang perlu untuk Anda waspadai. 

Penyebab Water Heater Konslet yang Perlu Diwaspadai agar Tidak Kesetrum

1. Penyebab konslet karena kebocoran heater

Salah satu penyebab terjadinya konslet pada water heater adalah mesin water heater bocor. Kondisi ini bisa terjadi terutama pada water heater yang sudah tua. Mesin panas ini terbuat dari tembaga yang dapat menghantarkan listrik ke seluruh bagian water heater termasuk kabel yang menjadi pegangan ketika menggunakan shower.

Ketika terjadi kebocoran pada water heater, arus listrik dapat menyengat kulit apabila Anda menggunakan peralatan mandi yang terhubung ke mesin pemanas air tersebut. Dibutuhkan pemeriksaan berkala untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ini terjadi.

2. Penyebab konslet karena kebocoran arus listrik

Bahaya water heater konslet tidak main-main karena aliran listrik yang melewati air panas dapat menyebabkan sengatan arus listrik yang berbahaya. Sudah ada beberapa kasus yang bisa menjadi pelajaran pentingnya memperhatikan kondisi water heater di rumah.

Waspadai water heater konslet yang disebabkan karena adanya kebocoran arus listrik. Apabila terjadi kebocoran arus listrik, air panas dari water heater dapat menjadi penghantar listrik. Air yang menyentuh kulit dapat menyetrum dan tentunya membahayakan.   

Baca Juga: Cara Menghitung Borongan Rumah Dua Lantai

3. Penyebab water heater konslet karena ELCB heater rusak

Terjadinya konslet pada water heater juga bisa disebabkan karena masalah pada bagian ELCB. Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB) water heater memiliki fungsi untuk mendeteksi kebocoran arus listrik pada mesin water heater.

Jika ELCB rusak, maka tidak bisa mendeteksi adanya kebocoran atau keretakan pada alat pemanas. Kerusakan ini akan berbahaya karena arus listrik pada tangki dan pemanas air yang bocor dapat merambat melalui air panas.

Air dapat menjadi konduktor listrik yang menyebabkan tubuh dapat tersetrum ketika air panas digunakan untuk mandi. Cara memperbaiki water heater konslet pada kondisi ini adalah memperbaiki ELCB atau jika perlu memeriksa water heater secara keseluruhan. Jika Anda tidak paham dengan masalah water heater ini, sebaiknya gunakan teknisi yang sudah berpengalaman untuk memperbaikinya.

banner-promo

4. Penyebab konslet karena instalasi yang salah

Faktor lain yang dapat menyebabkan water heater mengalami konslet adalah instalasi unit mesin yang tidak tepat. Diperlukan teknisi yang benar-benar paham bagaimana pemasangan water heater dan dinding mana yang aman untuk instalasi mesin pemanas tersebut.

Kesalahan yang bisa terjadi adalah pemasangan water heater di dinding yang terlalu lembab atau di bagian yang terjadi kebocoran air. Jika pemasangannya salah, akibatnya bisa fatal yakni water heater konslet dan nyetrum ketika digunakan.

Penting untuk memastikan instalasi water heater dilakukan dengan benar. Selain itu, memeriksa instalasi water heater dan listrik secara berkala juga perlu untuk mencegah konslet yang berbahaya.

Itulah beberapa penyebab water heater konslet yang perlu diketahui oleh Anda yang menggunakan peralatan ini di rumah. Pilih water heater yang bagus dan lakukan pemasangan dengan benar untuk menghindari bahaya-bahaya water heater konslet.Anda butuh teknisi atau jasa pasang water heater? Langsung saja cari di Suwun.co.id yang menjadi platform terbaik untuk Anda mencari berbagai layanan jasa sesuai kebutuhan. Jangan lupa juga install aplikasi Suwun yang bisa Anda download melalui Play Store dan App Store untuk Anda lebih mudah menemukan layanan jasa terbaik.

Artikel yang Direkomendasikan