Beragam Penyebab Komputer Mati Sendiri

Sekarang ini komputer dan perangkat elektronik yang lain sudah menjadi bagian penting untuk menunjang pekerjaan seseorang. Maka dari itu, mempelajari sesuatu yang terkait dengan komputer atau perangkat elektronik jadi hal yang perlu dilakukan.

Nah, lantas apa saja penyebab komputer mati sendiri? Memang pada komputer sering dijumpai masalah mati sendiri pada saat digunakan. Tentunya hal tersebut kerap kali membuat jengkel para penggunanya.

Berikut akan disampaikan penjelasannya secara singkat pada artikel di bawah ini. Check it out!

Beberapa Penyebab Komputer Mati Sendiri

Ada beberapa hal yang mungkin dapat menjadi penyebab komputer mati hidup sendiri. Bisa jadi hal ini karena faktor internal yang ada di komputer itu. Hal tersebut pasti cukup mengganggu Anda jika sedang mengerjakan pekerjaan penting di komputer.

Jika sudah terjadi berulang kali, maka Anda perlu mencari tahu penyebab komputer mati sendiri saat booting atau ketika digunakan. Berikut beberapa penyebab komputer dapat mati dengan sendiri.

  • Komponen Komputer Bermasalah

Salah satu penyebab komputer rusak dan hidup sendiri ialah karena adanya masalah pada komponen di dalamnya. Komponen seperti VGA, Hard Disk, Power Supply, Processor, RAM ataupun Motherboard dapat mengalami korsleting.

Seperti halnya processor yang sangat rentan mengalami korsleting karena thermal paste di dalamnya telah kering sehingga membuat processor panas dan korslet.

  • Listrik yang Tidak Stabil

Penyebab komputer rusak lainnya pada saat digunakan ialah keadaan listrik yang tidak stabil pada saat digunakan. Ini masuk dalam faktor eksternal yang menyebabkan komputer mati.

Listrik yang tidak stabil membuat daya yang diterima juga tidak stabil sehingga memaksa komponen bekerja lebih keras. Jika sudah melampaui batas kerja komponen, berakibat komputer mati sendiri.

  • Overheat

Masalah klasik yang berakibat pada komputer mati sendiri adalah keadaan komputer yang terlampau panas. Suhu yang terlampau tinggi membuat perangkat secara paksa memutus daya supaya perangkat tidak terbakar pada saat digunakan.

Komputer terlalu panas penyebabnya karena banyaknya debu yang menempel pada ventilasi komputer. Jika ventilasi tidak bekerja maka proses pendinginan terhambat dan terjadi kenaikan suhu di dalam perangkat komputer yang berakibat mesin padam.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Komputer Rusak dan Penyebabnya

Cara Mudah Mengatasi Penyebab Komputer Mati Sendiri

Setelah tadi telah mengetahui beberapa penyebab komputer mati sendiri saat main game atau keperluan pekerjaan dan lainnya. Anda kiranya perlu mengetahui cara mengatasi komputer yang mati sendiri ketika digunakan. Berikut caranya.

  • Cek Berkala

Solusi pertama mengatasi komputer sering mati sendiri ialah dengan sering melakukan cek secara berkala, sehingga mengetahui komponen yang telah aus pada komputer. Supaya nantinya dapat langsung diganti sebelum terjadinya kerusakan.

  • Gunakan Stabilizer

Guna mengatasi masalah listrik yang tidak stabil pada komputer, Anda dapat menggunakan stabilizer sehingga dapat membuat daya yang masuk ke dalam komputer sesuai dengan daya yang diperlukan.

Maka komponen pun tidak perlu bekerja lebih berat karena daya yang diterima telah sesuai dengan kapasitas daya yang dibutuhkan. Selain itu, stabilizer ini dapat mengatur besar kecilnya daya yang diperlukan dan masuk ke komputer sehingga kelistrikan akan terjaga.

  • Membersihkan Debu

Bersihkan debu untuk membuat ventilasi komputer berjalan dengan baik, sehingga proses pendinginan tetap berjalan tanpa terhalang adanya debu di ventilasi komputer.

Demikian tadi penjelasan tentang penyebab komputer rusak dan cara mengatasinya. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar penyebab komputer rusak dapat langsung menggunakan layanan jasa servis komputer yang ada di website Suwun.co,id. Anda juga bisa download aplikasi Suwun untuk kemudahan pemilihan jasa yang Anda butuhkan.

Artikel yang Direkomendasikan