MEP Adalah: Pengertian, Fungsi dan Pekerjaan yang Dilakukannya

MEP-adalah

MEP adalah kepanjangan dari Mechanical Electrical Plumbing, yaitu sebuah profesi yang menangani instalasi sistem dari sebuah bangunan gedung. 

Instalasi sistem tersebut meliputi pipa, kelistrikan, alarm dan sistem pencegahan kebakaran yang sangat dibutuhkan oleh sebuah gedung. Secara umum, MEP memiliki peran penting untuk membantu mendukung agar bangunan gedung bisa dioperasikan dan berfungsi sebagaimana mestinya.

MEP Adalah Sebuah Komponen Mekanis yang Penting Untuk Bangunan

Bahwa sebuah bangunan gedung bisa dikatakan belum selesai proses pembangunan apabila belum diterapkan konstruksi untuk MEP. Maka pada umumnya konstruksi untuk MEP akan dibuat setelah desain bangunan gedung selesai dibuat. Profesi MEP akan melengkapi fasilitas dalam bangunan gedung sehingga bisa digunakan oleh publik dengan sebaik-baiknya.                       

MEP memegang fungsi penting dalam sebuah bangunan gedung, dimana menjadi pondasi dari semua struktur yang stabil dan ramah lingkungan yang sedang trend dilakukan saat ini. Dimana semua bagian MEP dari mulai kontraktor bagian mekanik, perpipaan dan kelistrikan akan bersinergi untuk membuat bangunan berfungsi secara maksimal.

Profesi MEP adalah terdiri dari 3 bagian:

1. Mekanikal

Bagian yang mengurus semua hal yang berhubungan dengan sistem HVAC atau Heating Ventilation Air Conditioning. Bagian ini akan mengurus :

  • Merancang dan memastikan sistem AC bekerja dengan baik dan benar untuk menjaga kualitas udara sekaligus mengatur suhu pada setiap ruangan dalam gedung
  • Mengurus sistem transportasi dalam bangunan gedung mencakup konveyor, lift, eskalator dan lainnya

Baca juga: Cara Pemilihan Ukuran Sekrup Plafon PVC yang Tepat

2. Elektrikal

Bagian yang mengurus semua hal yang berhubungan dengan sistem kelistrikan dalam bangunan gedung. Adapun sistem kelistrikan yang didesain mencakup :

  • Sistem kendali
  • Pencahayaan ruang
  • Sistem keamanan gedung
  • Catu daya
  • Dan sistem kelistrikan lainnya

3. Perpipaan

Bagian yang mengurus semua hal yang berhubungan dengan perpipaan. Mencakup di dalamnya adalah pekerjaan untuk melakukan pengaturan distribusi fluida sehingga bisa dipakai oleh seluruh pengguna gedung. Termasuk di dalamnya :

  • Mengurus pipa saluran air
  • Mengatur saluran udara untuk sistem AC
  • Mengatur ketersediaan air bersih untuk pengguna gedung
  • Mengatur tempat pembuangan air hujan
  • Mengurus saluran distribusi gas dalam gedung

Peran MEP adalah penting untuk fungsional sebuah gedung, diantaranya adalah untuk membantu agar supaya bangunan gedung bisa memiliki beragam layanan yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan