Apa Bagian Akhir dalam Menyusun Anggaran Biaya? Simak Tipsnya!

cara-membuat-rab-bangunan

Sebagian dari Anda mungkin belum mengetahui betapa pentingnya membuat RAB untuk proyek bangun rumah yang akan dilakukan. Perlu diketahui bahwa bagian akhir dalam menyusun anggaran biaya adalah rekapitulasi yang merupakan bagian yang cukup penting. Tanpa membuat RAB sebenarnya proyek bangun rumah memang masih dapat dilakukan.

Namun tetap saja melakukan perhitungan secara rinci ini akan memudahkan Anda dalam memperoleh berapa estimasi biaya total yang dibutuhkan. Lalu bagaimana cara membuat RAB secara umum itu?

Langkah-Langkah Membuat RAB (Bagian akhir dalam menyusun anggaran biaya adalah Rekapitulasi)

Membuat RAB pada dasarnya sangatlah mudah, pasalnya Anda hanya perlu mengalikan antara volume pekerjaan dan harga satuan pekerjaan. Namun hal yang membuat sedikit rumit adalah banyaknya item pekerjaan yang perlu disertakan. Maka dari itu dibutuhkan ketelitian dalam pembuatannya, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

– Mempersiapkan gambar kerja

Gambar kerja ternyata memiliki banyak manfaat khususnya pada RAB. Salah satunya yaitu untuk menentukan beberapa jenis pekerjaan, spesifikasi serta ukuran material bangunan.

– Menghitung volume pekerjaan

Volume pekerjaan akan dihitung dalam satu satuan contohnya per m2, m3 hingga per unit. Kemudian volume pekerjaan ini dikalikan harga satuan pekerjaan. Dengan demikian diperoleh jumlah biaya pekerjaan.

Baca Juga: Cara Membuat RAB Bangunan yang Baik

– Menentukan harga satuan

Langkah selanjutnya Anda perlu menentukan harga satuan. Perlu diketahui bahwa harga satuan pekerjaan berkaitan satu dengan yang lain dengan harga upah dan material. Harga yang dihitung tergantung dari harga yang berlaku pada masing-masing daerah.

– Menghitung jumlah biaya pekerjaan

Setelah itu barulah Anda bisa mengalikan antara volume dengan harga satuan kerja. Kemudian akan diperoleh jumlah biaya masing-masing pekerjaan.

– Bagian akhir dalam menyusun anggaran biaya adalah rekapitulasi

Rekapitulasi merupakan hasil akhir dari setiap sub pekerjaan contohnya pekerjaan persiapan, pondasi maupun pekerjaan beton. Nantinya masing-masing sub pekerjaan tersebut akan ditotal dan diperoleh keseluruhan biaya pekerjaan.

Itulah sedikit pembahasan pada bagian akhir dalam menyusun anggaran biaya adalah rekapitulasi. Selanjutnya Anda bisa menggunakan jasa kontraktor atau Quantity Surveyor yang bisa memudahkan Anda dalam menyusun RAB proyek yang terstandarisasi.

Mau order jasa kontraktor rumah secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan