Penyebab dan Cara Memperbaiki Kompresor Kulkas Panas

kompresor-kulkas-rusak

Kulkas yang digunakan setiap hari bisa rusak kapan saja, seperti kulkas yang tidak bisa dingin dan kompresornya terlalu panas. Masalah ini cukup sering ditemui termasuk kompresor panas yang menimbulkan suara bising. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan kompresor kulkas panas yang dan cara mengatasinya.

Penyebab Kompresor Kulkas Panas dan Cara Memperbaikinya

1. Kompresor sudah aus

Kompresor kulkas bekerja untuk membantu sirkulasi zat pendingin di dalam kulkas. Jika ada komponen lain yang bermasalah, kompresor akan bekerja lebih ekstra untuk mengkompres zat pendingin. Kondisi ini dapat membuat kompresor menjadi cepat panas dan aus.

Salah satu penyebab kompresor kulkas panas kemungkinan terjadi karena aus. Biasanya teknisi akan mengecek seluruh bagian kulkas untuk menemukan penyebabnya dan melakukan perbaikan. Kulkas yang tidak dingin dan kompresor panas mungkin bisa diatasi dengan membersihkan komponen yang kotor, mengisi refrigeran, atau mengganti komponen yang sudah aus.

2. Kerusakan pada termostat 

Sistem pendingin kulkas terdiri dari termostat suhu yang berfungsi untuk memantau suhu. Termostat akan mengaktifkan kompresor apabila suhu di dalam kulkas terlalu hangat. Setelah suhu di dalam kulkas kembali dingin sesuai pengaturan, termostat akan mematikan kompresor.

Thermostat yang rusak dapat menjadi penyebab alat lemari es panas karena termostat akan terus bekerja untuk mengaktifkan kompresor, bahkan ketika suhu di dalam lemari es sudah kembali dingin. kompresor yang dipaksa terus bekerja ini akan menjadi terlalu panas. Jika kompresor panas karena hal ini, maka cara mengatasinya adalah dengan mengganti thermostat.

3. Kompresor kulkas panas karena kurang refrigerant

Mungkin Anda sedang mengalami kompresor kulkas panas, tapi tidak dingin. Kemungkinan, ini terjadi karena lemari pendingin Anda kurang refigerant. Jumlah refrigeran harus cukup agar bisa menjalankan fungsinya dengan benar. Jika refrigeran kurang, maka kompresor akan dipaksa untuk bekerja ekstra keras dalam mengedarkan zat pendingin dari refrigeran.

Refrigeran yang kurang bisa terjadi karena adanya kebocoran atau pemakaian kulkas yang sudah cukup lama. Apabila ada indikasi refrigerant kurang, maka perlu ditambah atau diisi sesuai jumlah anjuran sehingga kompresor tidak terlalu bekerja keras dan panas.

Baca Juga: Daftar Harga Keramik di Pasaran

4. Kipas kondensor bermasalah

Komponen yang terlihat sederhana ini memiliki peran penting untuk menjaga kompresor tetap dingin. Apabila kipas kondensor rusak, maka akan berpengaruh pada kompresor yang tidak bisa mendingin seperti biasanya.

Walaupun beroperasi secara normal, kompresor lemari pendingin akan terlalu panas ketika kipas kondensor ini bermasalah. Cara mengatasi kompresor kulkas panas karena kipas kondensor yang rusak yaitu dengan membersihkan kotoran agar kipas kembali lancar.

5. Kulkas sering terkena sinar matahari

Selain perawatan, penempatan lokasi kulkas di rumah juga penting untuk diperhatikan agar kulkas awet. Apabila posisi kulkas ini terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung, berpotensi membuat kulkas terlalu panas sehingga kompresor harus bekerja ekstra untuk mendinginkan suhu kulkas.

Paparan sinar matahari juga bisa memanaskan kompresor kulkas secara langsung. Oleh sebab itu, Anda perlu memindahkan kulkas ke tempat yang tidak terkena sinar matahari dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki kompresor kulkas panas yang sering terjadi. Apabila Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya, panggil saja teknisi untuk memperbaiki kulkas Anda di rumah. Pilih jasa service kulkas profesional yang memiliki teknisi dan peralatan yang dibutuhkan.

Bingung mencari jasa servis kulkas yang terpercaya? Anda bisa mencarinya di Suwun.co.id dengan langkah-langkah mudah. Cukup isi di kolom pencarian sesuai jenis jasa yang Anda butuhkan dan nanti akan ditampilkan beberapa pilihan yang relevan. Anda juga bisa download aplikasi Suwun di App Store atau Play Store untuk fitur yang lebih beragam.

Artikel yang Direkomendasikan