KLB Adalah: Pengertian dan Penghitungannya

KLB-adalah

Koefisien Lantai Bangunan atau KLB adalah istilah yang sangat penting untuk diketahui para arsitek atau Anda yang bekerja dalam bidang konstruksi. Dengan adanya KLB, terdapat batasan aman jumlah lantai bangunan yang diperbolehkan.

KLB Adalah: Pemahaman KLB dan Cara Menghitungnya

Bisa dibilang, KLB merupakan persentase perbandingan di antara luas seluruh lantai bangunan gedung dengan luas daerah perencanaan suatu bangunan. KLB disesuaikan dengan rencana tata ruang maupun perencanaan tata bangunan dan lingkungan.

1. Fungsi KLB Adalah?

KLB banyak digunakan dalam membatasi intensitas penggunaan lahan. Dengan adanya KLB, dampak lingkungan akibat pembangunan gedung dapat diminimalisir. KLB juga berperan dalam mengendalikan pembangunan yang masif dilakukan dalam suatu wilayah.

Penggunaan KLB umumnya berlaku pada bangunan yang memiliki ketinggian tertentu. Tidak mengherankan jika peraturan ini erat kaitannya dengan peraturan ketinggian bangunan sehingga Anda lebih mudah menghitung jumlah keseluruhan bangunan.

Adanya KLB juga membantu perkiraan berapa jumlah lantai yang dapat dibangun. Dari sinilah, Anda dapat memperkiraan apakah ketinggian bangunan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Adapun nilai KLB dan peraturan pembangunan lain umumnya terdapat pada peraturan rencana detail tiap daerah.

Baca juga: Mencari Jasa Arsitek Gedung Terpercaya

2. Menghitung KLB Arsitektur

Secara umum, menghitung besaran KLB dapat dilakukan dengan membagi luas seluruh lantai dengan luas lahan. Misalnya Anda memiliki luas lantai bangunan yang diperbolehkan sebesar 45.000 m2 dengan luas tanah 10.000 m2. Dengan demikian, KLB dari bangunan tersebut sama dengan 4,5.

Pada realisasinya, tidak jarang nilai KLB berkisar antara 0 hingga 2. Apabila nilai KLB hasil penghitungan Anda lebih besar dibandingkan dengan nilai KLB yang diperbolehkan, maka dapat dikatakan jika bangunan tersebut melanggar aturan yang berlaku di daerah tersebut.

Apabila ada pelanggaran, maka akan ada sanksi dari KLB adalah surat penarikan izin hingga pembongkaran bangunan. Meski demikian, terdapat Sistem Insentif-Disinsentif Pengembangan dan Sistem Pengalihan Nilai Koefisien Lantai Bangunan yang memungkinkan pemilik bangunan menambah luasan lantai maksimum pada bangunan seperti jalur pedestrian atau ruang terbuka hijau.

Anda ingin memesan jasa arsitektur yang tepat secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa di Jabodetabek yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk melayani berbagai kebutuhan Anda. 

Beragam jasa seperti jasa pertukangan, wedding organizer, guru les, pelatih olahraga, PRT, pindahan, perbaikan AC hingga kulkas dapat diakses semudah klik aplikasi Suwun. Kunjungi juga media sosial @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan