GSB Adalah: Definisi dan Cara Penghitungannya

GSB-adalah

Istilah GSB adalah hal yang penting yang harus Anda pahami sebagai jarak atau batas pembangunan suatu gedung yang diperbolehkan. Dengan adanya aturan ini, pembangunan rumah atau gedung tidak dilakukan secara sembarangan. Penghitungannya juga harus dilakukan sesuai peraturan yang berlaku.

GSB Adalah: Pengertiannya

Secara umum, GSB merupakan garis batas yang mengatur letak bangunan dalam suatu petak tanah (persil) yang tidak dapat dilewati. Garis ini membatasi orientasi bangunan ke berbagai arah, termasuk depan, belakang, hingga samping.

1. Fungsi dan Jenis GSB adalah

Pada dasarnya, GSB memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keteraturan perumahan dan permukiman. Pasalnya, GSB melibatkan berbagai aspek, termasuk pelestarian area hijau, jarak bangunan, hingga batas properti apa saja yang akan dibangun.

Dengan batasan yang dimilikinya, GSB akan menjaga batasan aman dari suatu bangunan, sehingga jika rumah tersebut ada di tepian sungai atau pantai maka akan mencegah rumah dari banjir atau pasang surut. GSB bahkan juga dapat mencegah rumah dari penyebaran api kebakaran di pemukiman padat.

Jarak yang tepat pada GSB juga akan meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas, kebakaran, hingga bangunan yang roboh. Adanya garis sempadan yang tepat juga akan mempermudah kendaraan darurat seperti ambulans atau mobil pemadam kebakaran mencapai area rumah tanpa hambatan.

Baca juga: Cara Pilih Jasa Arsitek dan Kontraktor untuk Proyek Impian Anda

2. Menghitung GSB

Umumnya, ukuran GSB sangat tergantung dari besarnya jalan yang terdapat di depannya. Adapun rumus penghitungannya berasal dari setengah lebar jalan. Semakin lebar jalan di depan suatu bangunan, semakin besar pula GSB rumah tersebut.

Sebagai contoh, jika lebar jalan mencapai 15 meter, maka GSB rumah atau bangunan tersebut adalah 7,5 meter. Jarak 7,5 meter ini merupakan jarak terluar yang diperbolehkan dalam membuat suatu bangunan. Adapun standar GSB sendiri sebenarnya berkisar antara 3-5 meter.

Meski demikian, penghitungan GSB adalah juga dapat disesuaikan dengan kondisi daerah atau situasi di masing-masing area perumahan. Misalnya GSB sungai adalah 10 meter dengan tambahkan 1 meter dari patokan sehingga lebih aman.

Ingin memesan jasa arsitektur yang tepat secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa di Jabodetabek yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk melayani berbagai kebutuhan Anda. Beragam jasa seperti jasa pertukangan, wedding organizer, guru les, pelatih olahraga, PRT, pindahan, perbaikan AC hingga kulkas dapat diakses semudah klik aplikasi Suwun. Kunjungi juga media sosial @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan