Jasa Cleaning Laptop, Langkah dan Manfaatnya

jasa-service-laptop

Laptop menjadi perangkat elektronik yang memerlukan perawatan dan pemeliharaan agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Sayangnya banyak pengguna laptop yang abai pada perawatan dan pemeliharaan laptop sehingga baru mengeluh saat laptop mengalami kerusakan. Padahal dibutuhkan perawatan dan pemeliharaan laptop yang harus dilakukan secara berkala oleh jasa cleaning laptop berpengalaman agar hasilnya memuaskan.

Layanan Jasa Cleaning Laptop

Layanan cleaning laptop umumnya tersedia juga pada layanan jasa service laptop yang terbagi menjadi dua macam. Pertama adalah layanan untuk membersihkan perangkat laptop dari kotoran, debu dan berbagai bahan yang bisa merusak komponen bagian dalam laptop. Kedua adalah layanan cleaning laptop yang meliputi tahapan yang dilakukan setelah laptop melakukan update sistem operasi Windows.

Untuk proses cleaning laptop atau pembersihan sistem laptop biasanya harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa berdampak pada hilangnya beberapa file penting jika dilakukan sembarangan. 

Umumnya jasa cleaning laptop yang membutuhkan waktu kurang lebih hingga 30 menit atau lebih sesuai dengan jumlah berkas yang dihapus. Dalam proses tersebut akan dilakukan pembersihan file driver, cache, sampah dan berkas sisa yang tak digunakan lagi.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk proses cleaning service laptop:

1. Siapkan perangkat laptop

Pastikan terlebih dahulu perangkat laptop yang akan dilakukan cleaning service laptop berada dalam kondisi off atau mati dan tak terhubung dengan sumber listrik.

2. Buka casing laptop

Kemudian buka bagian penutup (casing) laptop dengan hati-hati. Pelajari terlebih dahulu bagian-bagian penutup laptop sehingga bisa membuka penutupnya dengan mudah dan tanpa merusak permukaan laptop. Umumnya penutup laptop bisa dibuka dengan cara menekan kait pengunci atau mengeluarkan beberapa baut.

3. Bersihkan debu dan kotoran

Setelah penutup laptop bisa dibuka, bersihkan debu dan kotoran yang ada di bagian dalam laptop dengan cara menyedot atau melakukan penyemprotan dengan pembersih debu khusus. Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar laptop dengan kain lembut dan gunakan cairan pembersih khusus laptop (deterjen ringan).

Baca Juga: Tarif Jasa Service Komputer untuk Berbagai Kerusakan

4. Lakukan pembersihan secara berkala

Sangat disarankan untuk melakukan pembersihan laptop secara berkala pada layanan jasa cleaning laptop. Misalnya Anda bisa melakukan pembersihan setidaknya setiap 6 bulan sekali jika penggunaan laptop setiap harinya selama kurang dari 4 jam. Jika setiap harinya laptop digunakan lebih dari 4 jam, sebaiknya proses pembersihan dilakukan setiap 4 bulan sekali.

Sangat disarankan untuk melakukan proses ini secara rutin dan berkala sehingga laptop bisa digunakan dengan baik dan bisa awet tahan lama. Jika Anda merasa kesulitan, bisa langsung menghubungi layanan jasa cleaning laptop terdekat di kota Anda.

Laptop Ngelag dan Butuh Jasa Cleaning Laptop Terbaik?

Mau order jasa perbaikan secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Recommended Articles