Jasa 3D Modeling Arsitektur dan Penggunaannya

Teknologi yang semakin canggih membuat semua yang dibutuhkan oleh manusia bisa tergambar dengan visualisasi desain interior yang terlihat seperti nyata. Di antaranya dengan menggunakan layanan jasa 3d modeling arsitektur yang memungkinkan untuk melihat sebuah konsep ruang bangunan sesungguhnya. Dari hasil kreativitas manusia bisa menjangkau dan menampilkan visualisasi desain interior berbentuk tampilan 3 dimensi.

Jasa 3D Modeling Arsitektur dan Penggunaannya

Proses penggambaran desain arsitektur yang dilakukan dengan cara 3 dimensi ini kini sudah banyak dilakukan. Penggunaan teknologi seperti ini bisa memberikan bantuan untuk mempercepat proses terwujudnya karya arsitektur itu sendiri. Penggunaan desain arsitektur dalam bentuk 3 dimensi ini banyak divisualisasikan pada desain ruang tunggu di area publik yang mana mempunyai desain seperti bangunan mal.

Jasa 3d modeling interior arsitektur lebih bertujuan untuk menjadi teknik presentasi yang terbaik untuk klien. Sehingga apa yang menjadi keinginan klien dan arsitek bisa tersampaikan dengan baik. Sebelumnya arsitek banyak dibantu dengan penggunaan gambar maket, miniatur bangunan hingga sketsa gambar desain arsitektur bangunan dalam bentuk cetak biru.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan desain 3 dimensi modeling arsitektur, yaitu :

  • Bisa membantu setiap ruang dirancang dan divisualisasikan pada bentuk ruang sesungguhnya
  • Bisa membantu klien dan arsitek untuk melihat penataan ruang, furniture, dekorasi dan berbagai pelengkap desain interior maupun eksterior
  • Membantu memberikan penekanan pada tekstur dan pencahayaan sehingga bisa memberikan gambaran kondisi yang sesungguhnya ketika visualisasi terbangun
  • Membantu mewujudkan desain lanskap yang jelas dan detail dari penataan kondisi kontur tanah, pengerasan, vegetasi alam, gazebo hingga desain landskap lainnya.

Baca juga: Desain Rumah Type 45 Sesuai Konsep dan Tema

Tarif Harga Jasa 3D Modeling Arsitektur

Jika Anda ingin membuat desain 3 dimensi, biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 hari tergantung dengan kesulitan desain. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu terkait proyek yang sedang ditangani sehingga hasilnya bisa lebih memuaskan.

Apa saja yang termasuk ke dalam pekerjaan jasa 3d modeling arsitektur? Pekerjaan meliputi pembuatan model sketsa interior dan eksterior bangunan, penataan ruang dan dekorasi yang akan digunakan. Juga untuk pembuatan model desain eksterior bangunan meliputi fasad rumah, taman, kolam renang dan sebagainya. Harga bisa ditentukan sesuai luas wilayah, kesulitan pengerjaan desain dan waktu pekerjaan.

Untuk harga jasa 3d modeling arsitektur umumnya cukup bervariasi dan diberi harga per tampilan sekitar 300 ribu hingga 1 juta per tampilan gambar. Sedangkan untuk video suasana 3 dimensi umumnya diberi harga 500 ribu hingga 1 juta rupiah per menitnya. Desain akan tampil lebih baik jika Anda menggunakan video karena bisa terlihat dengan lebih jelas dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

Harga desain 3 dimensi memang terbilang masih cukup tinggi. Ada beberapa alasan yang menjadikan harga desain masih lebih mahal dibandingkan desain 2 dimensi.

  • Gambar 3 dimensi dibuat dengan menggunakan perangkat komputer dengan spesifikasi yang tinggi sehingga harganya pun masih di atas rata-rata
  • Pembuatan gambar 3 dimensi masih membutuhkan perangkat lunak yang berharga mahal. Apalagi jika gambar 3 dimensi membutuhkan proses render dengan menggunakan vray dan aplikasi premium bisa mencapai budget puluhan juta rupiah.
  • Tingkat kesulitan pembuatan jasa 3d SketchUp modeling arsitektur lebih sulit dibandingkan untuk membuat gambar 2 dimensi.
  • Jenis layanan jasa yang hanya bisa dilakukan oleh kalangan profesional yang sudah memiliki pengalaman dan keahlian yang cukup untuk menjadi seorang 3 dimensi artist.

Sekian ulasan tentang layanan jasa 3d modeling arsitektur. Anda yang membutuhkan layanan jasa desain 3D modeling arsitektur dengan hasil gambar yang rapi dan profesional bisa langsung mengunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan rekomendasi layanan jasa terbaik.

Selain menggunakan website, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Suwun di ponsel untuk mendapatkan kemudahan mendapatkan layanan jasa dari genggaman tangan Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan