Inside Sales dan Manfaatnya Untuk Strategi Penjualan Produk

inside-Sales

Hadirnya perkembangan teknologi nyatanya berdampak pada segala aspek salah satunya strategi sales yang ikut serta dalam inovasi dan dinamika yang cukup signifikan. Pendekatan dalam strategi sales ada banyak namun yang semakin populer diadaptasi yaitu inside sales.

Bagi Anda yang tidak terjun di dunia penjualan tentu saja istilah tersebut sangatlah awam dan lebih jelasnya simak informasi di bawah ini.

Pengertian Inside Sales

Pendekatan ini yaitu tim sales mengandalkan komunikasi dan teknologi jarak jauh semacam online meeting, online chat, email, telepon, dan komunikasi digital lainnya guna melakukan aktivitas penjualan dan tidak perlu melakukan pertemuan secara tatap muka langsung. 

Nantinya, akan dilakukan pendekatan bersama warm leads, yaitu calon pelanggan yang sudah menyatakan ketertarikannya ke suatu produk ataupun jasa perusahaan, contohnya yakni mengajukan pertanyaan di online chat atau media sosial, mengklik iklan, dan lainnya.

Manfaatnya Untuk Bisnis

Metode ini terbilang cukup efektif di dunia bisnis modern sekarang ini dan juga banyak manfaat yang akan Anda rasakan.

1. Hemat Biaya Operasional

Metode ini bisa mengurangi biaya operasional dari perusahaan dengan cara menghilangkan kebutuhan untuk perjalanan pertemuan tatap muka. Tentunya penghematan akan sangat terasa dengan signifikan pada anggaran perusahaan.

Baca juga: Apa Itu B2B dan B2C? Simak Penjelasannya di Sini!

2. Inside Sales Meningkatkan Produktivitas

Pemanfaatan teknologi membuat tim penjualan bisa melakukan interaksi lebih banyak dengan calon pelanggan di dalam satu hari. Hal tersebut mampu meningkatkan produktivitas serta menghasilkan peningkatan pendapatan. Metode ini membuat tim penjualan tidak harus melakukan perjalanan keluar, jadi mampu menginvestasikan waktu lebih banyak guna mencari serta mengikuti perkembangan dari pelanggan potensialnya.

3. Analisis Data Lebih Baik

Metode ini memungkinkan bisnis dalam mengumpulkan data yang lebih baik mengenai proses penjualan serta preferensi pelanggan. Data tersebut bisa digunakan dalam mengoptimalkan penyusunan strategi dan strategi penjualan maupun kampanye pemasaran dengan lebih efektif. 

Pastinya, agar manfaat tersebut bisa maksimal maka diperlukan pengoptimalan dalam hal penerapan inside sales ini. Pengoptimalan tadi seperti pelatihan serta pengembangan tim penjualan, memakai teknologi penjualan secara tepat, segmentasi leads, personalisasi komunikasi, dan analisis kinerja.

Tertarik menerapkan metode ini? jangan lupa memaksimalkan juga dengan menggunakan Consultative Selling yang berguna untuk penjualan produk ataupun jasa. 

Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Recommended Articles