Sering Ditanyakan, Ganti Oli Motor Berapa KM?

Apakah Anda memiliki kendaraan bermotor jenis sepeda motor? Jika iya, maka salah satu jenis perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga performa motor Anda adalah dengan mengganti olinya secara rutin. Namun, masih banyak juga yang bertanya-tanya tentang ganti oli motor berapa km. Tentunya, hal ini sangat penting untuk para pemilik sepeda motor agar bisa merawat motornya dengan baik.

Oli sepeda motor merupakan pelumas yang melindungi mesin dari gesekan. Nah, kegunaan oli sebagai pelumas ini sangat vital untuk keberlangsungan usia motor Anda. Oleh karenanya, Anda tidak boleh sampai melupakan jadwal penggantian oli. Namun, jika Anda masih baru dalam hal otomotif, mungkin Anda akan bertanya-tanya tentang waktu ganti oli motor matic Honda.

Nah, di artikel ini, kami akan membahas tentang kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor serta tanda-tanda yang bisa diperhatikan saat hendak mengganti oli sepeda motor Anda.

Ganti Oli Motor Berapa KM? Kenali Tanda Oli Motor Harus Segera Diganti

Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan patokan ketika sebuah motor perlu diganti olinya. Beberapa tanda tersebut bisa dilihat atau didengar secara langsung. Hal ini sangat penting untuk Anda yang membutuhkan penggantian oli yang tepat waktu. Jadi, Anda juga akan memahami berapa km ganti oli motor bebek yang tepat.

Ini dia beberapa tanda yang bisa dilihat agar Anda bisa mengganti oli di waktu yang tepat:

  1. Berkurangnya volume oli. Hal ini bisa dilihat dari penanda oli. Nah, biasanya, oli untuk motor bebek memiliki volume kurang dari 1 liter. Anda bisa mengeceknya dengan mudah menggunakan penanda yang sudah tersedia. Jadi, tidak ada patokan kilometer yang baku untuk ganti oli motor berapa km.
  2. Warna oli berubah menjadi hitam pekat. Hal ini merupakan tanda yang sangat lazim untuk pengguna motor. Oli yang baru memiliki warna biru atau kekuningan. Seiring penggunaan, oli akan terkena panas dan tercampur dengan kerak dan kotoran. Nah, ketika oli berubah warna menjadi hitam, saat itulah Anda harus mengganti oli motor Anda.
  3. Suara mesin terdengar kasar, sehingga bisa didengar dengan mudah. Suara mesin yang kasar menandakan oli sudah tidak bagus. Hal ini dikarenakan turunnya daya lumas oli terhadap gear transmisi.
  4. Patokan kilometer yang biasanya digunakan untuk mengganti motor adalah sejauh 3000 sampai 5000 kilometer. Nah, jika motor Anda sering dikendarai, maka Anda bisa mengganti oli dalam interval ini. Namun, apabila kendaraan jarang dipakai atau sering terkena macet, patokan kilometer tidak bisa dijadikan tanda saat harus menggantinya.

Tanda-tanda oli motor harus diganti secepatnya sebenarnya sangat banyak. Apabila Anda ingin mencoba mengurus motor dan bisa mengganti olinya dengan mudah, maka Anda harus bisa memilih merek oli yang paling sesuai. Anda juga sudah tidak bingung ganti oli motor berapa km, bukan?

Baca juga: Butuh Cepat Tukang Service Shockbreaker Motor? Suwun Aja!

Ganti Oli Motor Berapa KM: Memilih Produk Oli yang Tepat

Saat hendak memilih produk oli, maka tidak ada salahnya Anda memilihnya dengan cermat. Produk oli sangat berpengaruh pada kualitas dan kondisi mesin. Nah, Anda mungkin juga bertanya-tanya tentang berapa km ganti oli motor Yamaha.

Jawabannya mudah, kenali tanda-tanda motor sudah perlu diganti oli mesinnya. Inilah yang akan membuat kondisi kendaraan Anda lebih nyaman dikendarai. Jadi, ganti oli motor berapa km? Jawabannya, semua tergantung kondisi kendaraan Anda! Semakin lama dan semakin jauh dipakai, oli mesin harus sering diganti.

Butuh bengkel untuk service motor atau ganti oli? Temukan layanan perawatan motor di Suwun.co.id. Anda bisa mencari layanan yang sesuai dengan kebutuhan! Download aplikasi Suwun disini sekarang!

Artikel yang Direkomendasikan