6 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Apakah si kecil pernah mengalami masalah hidung tersumbat? Anda tidak perlu panik melihat anak rewel, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Selain perlu mengoptimalkan kualitas dan kuantitas ASI, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan di bawah.

Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dengan Ampuh

  1. Posisikan Kepala Bayi Lebih Tinggi Dari Badan

Cara mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan memposisikan kepala bayi lebih tinggi dari badannya sehingga membantunya untuk bernapas lebih mudah. Apalagi saat malam hari bayi rewel, cobalah untuk mempraktikkan cara ini. Posisi kepala bayi yang lebih tinggi akan membantu penggumpalan lendir dalam hidung si kecil.

  1. Memberi Pijatan Area Hidung

Anda dapat memberikan pijatan lembut di area hidung si kecil karena pijatan Ini bisa memberikan rasa tenang. Dengan begitu, si kecil tidak menangis dan rewel lagi.

Saat ada penumpukan lendir yang menyebabkan hidung bayi tersumbat, pijatan tersebut memberikan rasa nyaman pada bayi dan memudahkan lendir di hidung tidak menyumbat lagi.

  1. Mandikan Bayi Dengan Air Hangat

Cobalah untuk memandikan si kecil dengan air hangat untuk mengatasi hidung si kecil yang tersumbat. Meskipun terdengar sepele, tetapi uap air hangat dapat membantu untuk mengurangi lendir yang tersumbat di hidung.

Baca juga: Tips Memilih Tempat Pijit Terdekat

  1. Berjemur di Pagi Hari

Selain memberikan vitamin D yang cukup dari sinar matahari untuk bayi, ternyata berjemur di pagi hari juga termasuk cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Namun Anda harus memilih waktu yang tepat untuk si kecil berjemur, yaitu sekitar pukul 07.00 sampai 09.00 pagi. Selain itu, batasi waktu berjemur untuk bayi cukup 5 sampai 15 menit saja.

Selain dapat meredakan hidung tersumbat, ternyata sinar matahari pagi juga bisa membantu bayi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, maka bayi menjadi lebih sehat dan memiliki sistem imun yang baik.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Si Kecil

Seperti halnya orang dewasa, jika bayi kekurangan cairan maka bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi drop dan mengalami masalah hidung tersumbat yang semakin memburuk.

Untuk itu, cobalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh bayi karena cara ini sangat membantu untuk mengurangi masalah hidung tersumbat. Itulah mengapa dokter selalu menyarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan yang cukup saat mengalami pilek atau flu.

  1. Pijat, Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Cara selanjutnya untuk mengatasi hidung tersumbat pada si kecil yaitu dengan menepuk punggungnya dengan lembut. Ternyata cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah ini karena dapat membantu untuk mengeluarkan lendir yang tersumbat di hidung.

Selain menepuk lembut punggung, Anda juga bisa melakukan pijat tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Namun jika Anda tidak bisa melakukannya, Anda dapat menggunakan jasa tukang urut bayi profesional.

Dapat dikatakan bahwa pijat bayi menjadi salah satu cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan efektif. Lalu di mana bisa mendapatkan jasa pijat bayi? Jangan khawatir, saat ini Anda dapat menggunakan jasa pijat bayi tradisional panggilan dengan memesannya melalui Suwun.

Silakan kunjungi website Suwun.co.id kemudian masukkan kata kunci “jasa pijat tradisional bayi” atau “baby spa”. Kemudian akan ditampilkan berbagai rekomendasi jasa pijat bayi, Anda bisa memilih lokasi terdekat. Saat ini juga tersedia aplikasi Suwun dengan fitur yang lebih lengkap, jadi download sekarang juga!

Artikel yang Direkomendasikan