7 Cara Penempatan Kulkas yang Tepat

jasa-service-kulkas

Cara penempatan kulkas yang tepat bermanfaat untuk tingkat keawetan elektronik tersebut. Yuk, cari tahu tips menempatkan kulkas yang benar di sini!

Kulkas atau Lemari es merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang masuk dalam daftar prioritas untuk dimiliki. Selain karena fungsinya yang cukup vital, lemari es pun kerap digunakan sebagai pemanis ruangan karena desainnya yang menarik dan terlihat sangat mewah.

Biasanya, lemari es akan ditempatkan di salah satu sudut dapur kering atau pantry. Tapi sudah benarkah cara penempatan kulkas dan pemilihan tempat tersebut? Bagaimana dengan efektivitas dari lemari es tersebut, termasuk kinerja dan daya yang dikonsumsinya?

Berikut merupakan trik menempatkan lemari es terbaik agar kinerjanya lebih maksimal.

7 Tips Penempatan Kulkas yang Tepat

1. Jangan Menempel pada Tembok

Mungkin kamu kerap melihat, ada orang yang menyimpan kulkas di rumah hampir menempel di dinding tembok. Itu sebenarnya sangat tidak dianjurkan.

Alasannya karena suhu panas yang dikeluarkan kulkas akan tidak terbuang dengan optimal. Sebaiknya, simpan kulkas dengan memberi jarak 15 sampai 20 cm dengan dinding tembok.

2. Hindari Cahaya Langsung

Saat akan meletakkan kulkas, sebisa mungkin hindari area-area yang bisa terkena sinar matahari langsung. Jangan sampai lemari es terpapar langsung sinar matahari. 

Berikan jarak minimal 15 sentimeter dari dinding, atau sesuai buku petunjuk, karena lemari es memerlukan ruang untuk udara panas yang keluar.

3. Jangan Disimpan Dekat dengan Alat Elektronik Seperti Kompor

Jangan menyimpan kulkas di dekat berbagai alat elektronik, khususnya yang mengeluarkan suhu panas, semisal oven hingga kompor. Mesin di dalam kulkas juga memancarkan suhu panas sehingga saat terpapar panas dari benda lain bisa berbahaya bagi kulkas. Suhu panas dari benda lain bisa memicu kulkas menjadi overheat dan malfungsi.

Pasalnya, bila disimpan dekat dengan benda-benda di atas, beban kerja alat pendingin di kulkas akan semakin berat. Hal itu akan berdampak pada masa pakai lemari pendingin, lo.

4. Simpan Kulkas pada Tempat yang Rata

Penempatan kulkas di dapur berikutnya ialah menyimpan lemari pendingan di tempat yang rata. Bila memang lantai di dapur tak rata, kamu dapat menggunakan benda lain untuk mengganjalnya dan atur sedemikian rupa.

5. Letakkan di tempat yang mudah terjangkau

Karena kulkas digunakan sebagai tempat penyimpanan, maka sebaiknya letakkanlah di tempat yang mudah dijangkau. Ini akan memudahkan kamu saat akan mengambil beberapa barang di dalamnya.

Selain itu, jangan letakkan kulkas di tempat sempit, karena bisa membuatmu kesulitan saat akan membersihkannya.

6. Tempatkan di Dekat Ventilasi Udara

Poin di atas menjelaskan, jika lemari pendingan tak boleh terpapar cahaya matahari secara langsung. Akan tetapi, ini bukan berati kulkas harus disimpan di tempat gelap.

Sebaliknya; lemari pendingan mesti kamu simpan di area yang mempunyai sirkulasi udara baik. Dengan catatan, suhu di area tersebut kering dan sejuk.

7. Simpan Kulkas di Dekat Instalasi Listrik

Hal ini pun harus kamu sadari betul, yaitu menyimpan kulkas di dekat instalasi listrik. Namun bukan sembarangan, pastikan instalasi yang dibuat bagus dan anti konslet.

Pasalnya, kulkas termasuk alat elektronik yang harus dialiri listrik sepanjang hari.

Nah sekarang Anda tahu kan di mana dan bagaimana menempatkan kulkas dengan benar dan tepat. Selamat memilih ruangan yang tepat untuk kulkas terbaik Anda.

Booking jasa service atau perbaikan Kulkas atau Electronik lainnya melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan