Cara Mengatasi Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Meteran listrik yang bermasalah memang sangat menyebalkan, apalagi jika dibiarkan berlama-lama akan menyebabkan kendala lainnya. Apabila hal itu terjadi, cara mengatasi meteran listrik ada tulisan periksa dapat diketahui pada artikel di bawah ini.

Begini Cara Mengatasi Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Bagaimana cara mengatasi meteran listrik ada tulisan periksa? Untuk mengatasi meteran listrik dengan tulisan periksa ini Anda bisa lakukan cara berikut.

  • Menghubungi PLN

Cara mengatasi meteran listrik ada tulisan periksa yang pertama adalah dengan menghubungi PLN dengan langkah berikut ini.

  1. Hubungi PLN melalui call center di nomor 123 dan tambahkan kode area tempat tinggal Anda
  2. Pilih layanan keluhan pelanggan, pengaduan, dan gangguan, kemudian tunggu sampai terhubung lalu Anda bisa berbicara langsung dengan operator PLN
  3. Pihak PLN biasanya akan menanyakan terkait ID pelanggan Anda, jadi pastikan untuk mencatatnya terlebih dahulu agar bisa langsung disebutkan nantinya
  4. Selanjutnya operator akan menginformasikan nomor pengaduan sebagai bukti bahwa pengaduan Anda telah tercatat pada database PLN dan akan ditindaklanjuti
  5. Operator akan meminta untuk menunggu karena sedang memproses kode reset yang harus diberikan pada Anda
  6. Berikutnya Anda akan mendapatkan kode reset dengan total 20 digit angka yang diberikan oleh operator PLN supaya tulisan “Periksa” pada meteran hilang
  7. Catat dan masukkan kode reset seperti Anda memasukkan nomor token

Baca juga: Cara Mengisi Token Listrik Terbaru

  • Cara Mengatasi Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa Melalui Aplikasi PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile menjadi salah satu cara mudah mengatasi meteran listrik ada tulisan periksa. Dengan aplikasi ini Anda cukup bermodalkan kuota dan beberapa data diri untuk mengisi pertanyaan yang diperlukan. Anda bisa mengikuti beberapa step sebagai berikut.

  1. Unduh aplikasi PLN mobile di perangkat Anda
  2. Selanjutnya masuk ke menu “profil” menggunakan ID pelanggan dan pilih “layanan saya”
  3. Jika belum memiliki ID pelanggan klik “tambah IDPel” lalu masukkan 20 digit ID pelanggan Anda
  4. Setelah itu klik menu “pengaduan” pada halaman utama lalu lanjutkan dengan memilih “kWh meter saya menunjukkan periksa”
  5. Klik “ajukan pengaduan” dan pilih opsi “mengerti”
  6. Berikutnya klik “data pelanggan” dan cek kembali alamat rumah sudah sesuai maps. Kemudikan konfirmasi dan pilih “ya”
  7. Pilih “ya” setelah melengkapi data
  8. Langkah selanjutnya masukkan nomor yang dikeluarkan meteran. Jika tidak ada nomor yang muncul pilih “Tidak ada angka yang muncul pada kWh meter” dan sertakan gambar atau foto.
  9. Lakukan sebanyak 9 kali langkah pada poin sebelumnya
  10. Jika sudah selesai Anda akan dihubungi oleh petugas PLN untuk menginformasikan kode yang digunakan untuk clear temperer
  11. Masukan kode clear temperer setelah mematikan meteran
  12. Apabila langkah telah sesuai dan benar nyalakan meteran kembali. Jika tulisan periksa sudah hilang meteran listrik telah normal kembali

Beberapa cara untuk mengatasi meteran listrik ada tulisan periksa di atas dapat diterapkan saat meteran Anda mengalami masalah. Anda bisa hubungi pihak PLN melalui call center atau menggunakan aplikasi PLN mobile agar lebih praktis.

Jika masih kesulitan menemukan cara mengatasi meteran listrik ada tulisan periksa, Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan jasa reparasi meteran listrik.

Silakan kunjungi Suwun.co.id dan temukan jasa yang Anda butuhkan. Nantinya akan ditampilkan pilihan jasa yang sesuai. Anda juga bisa download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april