Cara Belajar Bahasa Mandarin bagi Pemula dan Anak-anak

cara-belajar-bahasa-mandarin

Cara belajar bahasa Mandarin terbilang susah-susah gampang. Bahasa Mandarin adalah bahasa nasional Republik Rakyat Cina (RRC) dan Taiwan.

Bahasa Mandarin ini merupakan salah satu bahasa resmi yang dipakai di forum PBB. Selain itu, Bahasa Mandarin juga bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Menariknya, bahasa Mandarin dapat dengan mudah dipelajari oleh orang asing atau pemula sekalipun, karena dibantu dengan ejaan alfabet latin bahasa Mandarin yang dinamakan hanyu pinyin.

Bagi sebagian orang, Mandarin memang bukanlah hal yang mudah. Bahasa Mandarin memiliki cara pelafalan dan penulisan huruf yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Sebagai pemula, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membantumu agar kamu bisa belajar bahasa Mandarin dengan lebih mudah.

Baca Juga: Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula dan Anak-anak

Kamu tidak perlu takut lagi karena merasa bahwa Mandarin itu terlalu sulit. Di sini, kami akan memberitahumu cara belajar bahasa Mandarin untuk pemula. Mulai dari pengetahuan dasar apa saja yang harus dipersiapkan hingga cara cepat belajar bahasa Mandarin. Berikut ulasannya!

1. Pelajari Hanyu Pinyin

Hànyǔ Pīnyīn (汉语拼音) atau sering disingkat sebagai Pīnyīn , secara harafiah berarti “bunyi bersama bahasa”.  Pīnyīn dalam bahasa Mandarin merupakan sebuah sistem romanisasi untuk bahasa Mandarin yang digunakan di Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Romanisasi adalah pengalihan aksara (huruf) dari yang non-latin menjadi huruf latin.

Nah, salah satu cara belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula adalah dengan mempelajari Pīnyīn. Selain sebagai bentuk romanisasi, Pīnyīn jugamerupakan salah satu bentuk penyederhanaan, karena jika kamu belajar bahasa Mandarin untuk pemula di tempat seperti Taiwan, belum tentu akan  mendapatkan pelajaran tentang Pīnyīn.

Pīnyīn juga digunakan untuk membantumu melafalkan intonsi yang ada di huruf Mandarin. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam melafalkan huruf Mandarin bagi kamu yang masih belajar bahasa Mandarin dasar.

2. Mempelajari Intonasi

Berbeda dari bahasa asing lainnya, dalam bahasa mandarin setiap kata memiliki intonasi yang dapat membedakan artinya. Kata yang sama dengan intonasi yang berbeda tentu akan menghasilkan arti yang berbeda pula. Perbedaan arti kata terletak pada intonasinya. 

Intonasi dalam bahasa Mandarin ada 4 jenis, yaitu intonasi datar (ping), intonasi naik (shang), intonasi memantul (qu), dan intonasi agak menghentak (ru). Intonasi ini akan terlihat dalam penulisan pinyin.

3. Latihan Menulis

Selain dari membaca pinyin, belajar intonasi dan melatih pendengaran, kamu juga harus mulai latihan menulis. Bagian dari belajar bahasa Mandarin yang terpenting adalah kemampuan menulismu. Latihanlah untuk menulis semua huruf Mandarin. Lakukan secara bertahap sekaligus mencari artinya serta bagaimana penggunaannya dalam setiap kalimat.

Take a baby step. Setidaknya dalam sehari kamu latihan menulis 5 hingga 10 kata dalam bahasa Mandarin. Jangan hanya sebagai latihan menulis saja, tapi juga sekaligus memahami arti dan penggunaannya dalam kalimat, bagaimana intonasinya, dan hafalkan. Jika sehari saja kamu menulis 5-10 kata, maka dalam 1 bulan kamu sudah berhasil menguasai 150 sampai 300 kata dalam bahasa Mandarin. 

4. Sering Mendengarkan Bahasa Mandarin

Salah satu cara belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula adalah dengan mendengarkan Mandarin. Kamu bisa mendengar lagu bahasa Mandarin, film bahasa Mandarin, atau mendengarkan percakapan bahasa Mandarin.

Hal ini dilakukan guna membiasakanmu dengan bahasa Mandarin. Agar kamu semakin familiar, sehingga ini akan memudahakanmu dalam belajar bahasa Mandarin. Kamu juga akan terbiasa dengan intonasi bahasa Mandarin sehingga kamupun dapat lebih memahaminya.

5. Menghafalkan Kosa Kata Sederhana Bahasa Mandarin

Ketika kamu mendengar sebuah kata dalam bahasa Indonesia, cobalah untuk berpikir bagaimana mengucapkannya dengan bahasa Mandarin. Jika kesulitan, catatlah kata itu dan cari tahu padanannya dalam bahasa Mandarin nanti. Bawalah catatan kecil untuk belajar di proses ini. Tempelkan label bahasa Mandarin (dengan karakter, pinyin, dan pengucapan) pada benda-benda di rumah kamu, seperti tempat kerja, kaca, meja kopi, tempat makan, dll.

Menguasai kosa kata yang luas adalah hal yang baik dan kunci dalam mempelajari bahasa asing. Namun, dalam bahasa Mandarin, akurasi adalah hal yang lebih penting. Tidak ada gunanya mempelajari suatu kata jika kamu tidak bisa mengucapkannya dengan benar, yaitu dengan nada yang benar, karena pengucapan yang berbeda menunjukkan arti yang berbeda. Sebagai contoh, menggunakan nada yang salah (misalnya mengatakan , bukan ) bisa berarti “ibu”, padahal yang kamu maksud adalah “kuda”.

Demikian penjelasan mengenai 5 langkah mudah belajar bahasa Mandarin sampai lancar. Semoga dengan tips ini, bisa terbantu untuk menguasai bahasa yang satu ini ya! 

Booking Kursus/Les Mengajar Bahasa Mandarin melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan