Cara Atasi Wastafel Mampet dengan Sempurna

wastafel-mampet

Jika sedang membersihkan rumah, maka salah satu sudut yang harus dibersihkan adalah dapur. Adapun pada dapur ini banyak sekali yang terkadang harus dibersihkan. Namun yang wajib berkala adalah wastafel.

Karena wastafel sering digunakan untuk membersihkan sayur atau sekadar cuci piring, terkadang membuatnya mampet. Adapun beberapa cara mengatasi wastafel yang mampet. Apa saja caranya? Maka berikut ini adalah informasi singkat untuk Anda.

4 Cara Atasi Wastafel Mampet Dengan Mudah

Penyebab wastafel mampet benar – benar bervariasi. Mulai dari adanya kotoran yang menghambat saluran air hingga yang paling parah adalah terdapat hewan yang menyangkut di saluran air. Kalau sudah berat, maka cara yang dilakukan adalah dengan memanggil tukang pipa. Namun jika mampet biasa, maka Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini adalah penjelasan ringkas untuk Anda yang memang ingin membuat wastafel Anda tidak mampat.

1. Gunakan Air Panas

Cara ini berlaku untuk membersihkan wastafel mampet jika bahan pipa yang digunakan adalah aluminum yang tahan panas. Kalau pipa pembuangan terbuat dari plastik atau bahan yang tidak tahan panas, maka jangan lakukan cara yang satu ini.

Hal pertama yang Anda lakukan adalah menyiapkan air panas secukupnya. Kemudian tuangkan ke pipa wastafel pembuangan secara perlahan dan berkala. Dengan tujuan agar air panas mampu melunakkan dan menghancurkan sisa – sisa makanan yang tersumbat. Lakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Cara atasi wastafel mampet menggunakan baking soda

Cara ini termasuk cara yang paling banyak digunakan dan ampuh untuk segala jenis pipa pada wastafel. Sehingga jika Anda tidak ingin memiliki resiko pipa wastafel rusak, maka Anda bisa menggunakan cara yang satu ini. Caranya pun cukup mudah dengan menyiapkan bahan berupa baking soda, cuka, dan air panas.

Dengan memanfaatkan reaksi kimia baking soda, cara membersihkan wastafel dengan mudah adalah dengan menaburkan baking soda dengan air cuka ke pipa pembuangan. Kemudian siram dengan air hangat dan diamkan selama 10 menit. Kemudian selanjutnya melakukan langkah pertama kembali. Lalu tunggu hingga beraksi. Lalu langkah terakhir adalah dengan menyiram kembali dengan air hangat untuk membersihkan dan melarutkan kotoran yang menyumbat di dalam pipa wastafel.

Baca Juga: Remot AC Tidak Bunyi Beep? Mungkin Ini Penyebabnya!

3. Menggunakan tongkat penyedot

Nah, untuk cara selanjutnya yang ditawarkan untuk Anda adalah menggunakan tongkat penyedot. Adapun tongkat penyedot ini bisa Anda dapatkan di toko yang menjual peralatan yang berhubungan dengan kamar mandi dan toilet.

Cara penggunaannya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu mengisi air hingga agak menggenang. Kemudian Anda tempelkan tongkat penyedot ke lubang pembuangan wastafel. Lalu buat gerakan tekanan secara konstan sehingga kotoran bisa terangkat karena tersedot. Lalu pastikan Anda membuat kotoran yang terangkat. Hal yang Anda butuhkan selain alatnya adalah tenaga yang cukup kuat.

4. Menaburkan garam

Cara terakhir adalah dengan menaburkan garam. Anda pun dapat menggunakan cara atasi wastafel mampet ini dengan menggunakan garam, soda kue, dan air hangat. Lalu caranya pun hampir sama dengan penggunaan baking soda.

Pertama adalah campurkan garam dengan soda kue kemudian tuangkan ke saluran air. Lalu siram air dan diamkan selama 10 menit. Lalu lakukan dua langkah tersebut sekali lagi.

Demikian informasi tentang cara atasi wastafel mampet. Jika Anda tidak ingin ribet dan membutuhkan jasa untuk membersihkan wastafel yang mampet, Anda bisa menemukannya di Suwun.co.id.

Terdapat banyak jasa yang Anda butuhkan di website Suwun dengan harga dan penawaran yang menarik. Anda juga bisa download Aplikasi Suwun di App Store maupun App Store untuk fitur yang lebih lengkap!

Artikel yang Direkomendasikan