Budget Bangun Rumah 2 Lantai, Begini Cara Hitungnya!

jasa-renovasi-rumah-bandung

Setidaknya ada beberapa keuntungan jika kita membangun rumah 2 lantai selain dengan alasan keterbatasan lahan yang tersedia. Rumah 2 lantai akan memberikan lebih banyak ruang sehingga terasa lega dan nyaman sekaligus lebih banyak privasi untuk ditinggali. Untuk menghitung budget bangun rumah 2 lantai akan dibahas lengkap dalam artikel berikut!

Cara Menghitung Budget Bangun Rumah 2 Lantai Secara Lengkap

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya biaya pembangunan rumah meliputi faktor lokasi, luas bangunan, biaya tukang, spesifikasi bangunan dan desain rumah yang akan dibuat. Untuk cara menghitung anggaran biaya membangun rumah 2 lantai bisa dilakukan dengan menghitung perkiraan biaya kasar terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan rumus dengan perhitungan biaya per meter persegi dikalikan dengan luas bangunan rumah yang ingin dibangun.

Misalnya untuk membangun rumah 2 lantai dengan spesifikasi ukuran 5×10 meter dengan rincian seperti berikut:

  • Ukuran bagian atas bangunan adalah seluas 5×7 meter
  • Ukuran bagian bawah bangunan adalah seluas 5×8 meter

Perhitungan perkiraan biaya untuk membangun rumah 2 lantai adalah sebagai berikut :

  • Biaya per meter

Luas bangunan di lantai 1 adalah 5 meter x 8 meter = 40m²

Luas bangunan di lantai 2 adalah 5 meter x 7 meter = 35m²

  • Maka luas total bangunan rumah yang akan dibangun adalah 75 meter persegi. Dan biaya untuk membangun rumah minimalis 2 lantai per meternya adalah sejumlah Rp. 4.000.000,-.
  • Perkiraan biaya untuk membangun rumah 2 lantai dengan luas total bangunan 75 meter persegi adalah Rp. 4.000.000,- x 75 m2 adalah sejumlah Rp. 300.000.000,-

Baca Juga: Layanan Jasa Service TV Jakarta Barat

Pertimbangan yang Pengaruhi Budget Bangun Rumah 2 Lantai

Penting untuk diketahui bahwa budget untuk membangun rumah dengan 2 lantai juga tergantung faktor harga material dan bahan bangunan yang digunakan. Selain itu ada beberapa pertimbangan berikut:

  • Usahakan untuk melebihkan budget dari anggaran yang dibuat sehingga tersedia dana Cadangan
  • Pisahkan biaya untuk pembelian tanah dan biaya proses pembangunan
  • Pemilihan jenis bahan bangunan dan material disesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran yang tersedia
  • Biaya tukang bisa lebih mahal

Sekian informasi singkat untuk budget bangun rumah 2 lantai yang bisa dijadikan acuan untuk membangun rumah sesuai rencana. Jika Anda masih kesulitan untuk menghitung rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah 2 lantai bisa menggunakan layanan jasa arsitek.

Mau order jasa arsitektur rumah secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan