Biaya Renovasi Atap Rumah yang Harus Disiapkan

biaya-renovasi-atap-rumah

Atap menjadi bagian rumah yang penting untuk melindungi kita dari panas dan hujan. Akan tetapi, atap rumah memerlukan sejumlah perbaikan apabila sudah terlalu lama digunakan. Sayangnya, biaya renovasi atap rumah tidak selalu murah sehingga Anda memerlukan sejumlah perhitungan.

Penghitungan Biaya Renovasi Atap Rumah

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tentu kita akan mengusahakan renovasi atap rumah. Pasalnya, renovasi dilakukan untuk membuat atap supaya tetap kokoh dan mampu melindungi rumah dari berbagai paparan cuaca. Berikut rincian dan cara penghitungan biaya renovasi yang perlu disiapkan.

1. Rangka atap baja ringan

Guna mendukung pemasangan pelindung atap seperti genteng atau asbes, tentu Anda senantiasa membutuhkan rangka sebagai alas pemasangan. Material rangka atap juga tersedia dalam berbagai pilihan, salah satunya baja ringan.

Adapun biaya renovasi atap rumah ganti baja ringan juga terbilang masih terjangkau. Contohnya, harga baja ringan berkisar antara Rp110.000 sampai Rp160.000 per meter. Dengan demikian, untuk ukuran rumah tipe 36 atau 48, umumnya biaya yang diperlukan untuk rangka ini bisa mencapai 3-6 juta rupiah.

2. Rangka atap kayu

Bagi Anda yang ingin merenovasi rangka atap rumah lama atau yang memiliki budget terbatas, rangka kayu atap kayu tentu menjadi pilihan. Bagaimana tidak, setidaknya Anda hanya perlu mengeluarkan total biaya sebesar 4-5 jutaan untuk kuda-kuda, reng, dan kaso.

Sebagai contoh untuk biaya renovasi atap rumah type 36 atau 48 menggunakan rangka kayu, setidaknya diperlukan tiga kuda-kuda di bagian pinggir dan tengah atap yang berkisar 3 jutaan rupiah. Kemudian, Anda juga membutuhkan reng untuk dudukan genteng, hingga kaso untuk pemasangan plafon sekitar 2 jutaan rupiah.

3. Biaya renovasi atap rumah bagian genteng

Sebagai penutup atap, genteng menjadi bagian yang sangat penting. Harganya sendiri sangat bervariasi, tergantung dari jenisnya yakni genting beton dan tanah liat. Untuk harga yang relatif lebih murah, tentu genteng tanah liat menjadi pilihan.

Bagaimana tidak, satu genteng tanah liat umumnya dijual dengan harga sekitar Rp2.500 per buah. Berbeda jauh dengan genteng beton yang dijual mulai dari Rp7.000-an meskipun dari ketahanan jauh lebih baik dibandingkan genting tanah liat.

Baca Juga: 7 Tips Renovasi Rumah Kecil agar Luas

4. Atap asbes

Buat Anda yang ingin merenovasi atap rumah namun terkendala dengan biaya, atap asbes bisa menjadi alternatif. Dengan ukuran sekitar 180 x 105 cm dan ketebalan 4 mm, harga per lembarnya mencapai Rp53.000. Cocok untuk bahan atap di bagian kanopi.

Kelebihan lain dari asbes ini dari perawatannya yang mudah dan murah. Selain itu, tingkat kebisingannya juga lebih kecil dibandingkan dengan atap fiber.

5. Biaya pemasangan

Baik biaya renovasi atap rumah baja ringan, atap kayu, genteng, hingga asbes di atas, tentu belum termasuk dengan biaya pemasangan. Adapun biaya pasang atap dihitung dari tarif pekerja sesuai waktu pemasangan. Dengan waktu 4-7 hari, umumnya biaya yang dibutuhkan sekitar 1-1,5 juta rupiah.

Jika Anda kesulitan menemukan jasa renovasi dan pemasangan atap rumah, tidak perlu khawatir. Silakan kunjungi Suwun.co.id, masukkan jenis layanan dan jasa yang Anda butuhkan, maka beberapa pilihan jasa yang sesuai kebutuhan Anda akan muncul.

Selain melalui website, Anda juga dapat mencari jasa pemasangan dengan biaya renovasi atap rumah yang terjangkau melalui aplikasi. Segera download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur yang lebih lengkap! Anda juga bisa langsung hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan