Biaya Meninggikan Atap Rumah dengan Berbagai Material

Ketika Anda akan melakukan renovasi tentu akan membutuhkan biaya yang lumayan banyak, renovasi di sini termasuk renovasi atap rumah. Jadi sebelum melakukan renovasi, perlu memperhitungkan dan merencanakan berapa biaya meninggikan atap rumah yang diperlukan agar renovasi berjalan lancar dan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Pada artikel ini akan dibahas berapa estimasi biaya meninggikan atap rumah, cara menghitung sekaligus tips merenovasi atap rumah dengan benar.

Berapa Biaya Meninggikan Atap Rumah Berdasarkan Materialnya?

Biaya rangka

Anda bisa menentukan material rangka atap apa yang akan dipilih mulai dari baja ringan, kayu, atau beton. Biaya yang diperlukan untuk baja ringan dengan ukuran 4 x 8 meter mencapai 5.000.000 begitu juga dengan kayu. Sedangkan untuk atap beton 1 m2 nya saja sudah menjadi 750.000 sehingga pasti akan lebih mahal dibanding kayu dan baja ringan.

Biaya atap

Material yang umum digunakan sebagai atap yaitu genteng dari tanah liat. Harga genteng yang satu ini sangat terjangkau yaitu hanya Rp 2500 saja per buahnya namun biasanya Anda akan membutuhkan sampai 2500 buah jadi kurang lebih biaya yang dikeluarkan mencapai 6.250.000.

Biaya cat

Cat untuk atap rumah sendiri merupakan pilihan masing-masing penghuni rumah. Jika Anda ingin menggunakan cat anti bocor biasanya satu kalengnya hanya berkisar 250 ribu saja loh.

Biaya meninggikan atap rumah termasuk tukang bangunan

Biaya jasa meninggikan atap rumah terakhir yang perlu diperhatikan ketika akan merenovasi atap rumah adalah jasa tukang bangunan. Jasa tukang bangunan itu sendiri memerlukan biaya 1,5 juta untuk satu minggunya jika Anda memilih untuk memasang atap kayu sedangkan untuk atap baja ringan hanya memerlukan 1 juta saja untuk 4 hari pengerjaan.

Berikut cara menghitung biaya meninggikan atap rumah 2 lantai :

Jika ditotal biaya yang dibutuhkan yaitu 5 juta untuk rangka, 1 juta untuk tukang dan ditambah dengan cat anti bocor dan genteng berkisar 6 juta juga yang ditotal mencapai 12 juta. Nah bagi Anda yang memilih atap bahan kayu ini memiliki kisaran harga yang sama yaitu 5 juta dan 6 juta untuk cat dan genteng.

Hal yang membedakan ada pada jasa tukang kayu sebesar 1,5 juta dan waktu pengerjaan yang lebih lama sampai 1 minggu, jadi jika ditotal, biayanya mencapai 12,5 juta.

Baca juga: Biaya Renovasi Atap Rumah yang Harus Disiapkan

Tips yang Perlu Dilakukan Sebelum Merenovasi Rumah

Menentukan konsep atap

Selain biaya meninggikan atap rumah, Anda juga harus menentukan terlebih dahulu konsep atap yang akan dipilih untuk rumah. Apakah akan berbentuk segitiga, limas atau bulat.

Melakukannya di musim kemarau

Tips penting selanjutnya jika akan melakukan pembangunan atau renovasi rumah disarankan dilakukan ketika musim kemarau. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya potensi hujan yang bisa menghambat proses pengerjaan.

Melakukan perhitungan

Sebelum merenovasi tentu saja Anda harus melakukan perhitungan terlebih dahulu. Perhitungan estimasi biaya yang diperlukan seperti contoh di atas bisa dilakukan.

Menyiapkan dana cadangan

Selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu Anda juga harus menyiapkan dana cadangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terhambatnya proses renovasi rumah yang Anda tunggu-tunggu.

Jika Anda mencari jasa konstruksi seperti tukang profesional atau jasa proyek bangunan rumah Anda bisa mencarinya dengan situs atau aplikasi Suwun.

Suwun.co.id menyediakan berbagai jasa layanan proyek yang Anda cari termasuk untuk membantu dalam menghitung biaya meninggikan atap rumah yang dibutuhkan.

Artikel yang Direkomendasikan