6 Cara Memperkirakan Berapa Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

biaya-bangun-rumah-2-lantai

Banyak orang yang saat ini lebih memilih untuk membangun rumah minimalis karena keterbatasan lahan. Untuk menjadikan rumah minimalis memiliki ruangan yang memadai, biasanya dibangun dengan dua lantai. Lalu berapa biaya bangun rumah 2 lantai untuk ukuran lahan yang minimalis?

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai perkiraan biaya untuk membangun rumah minimalis 2 lantai.

Inilah Perkiraan Berapa Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Rumah, tentu tergantung dengan seberapa luas bangunan atau lahan yang dimiliki. Namun untuk membangun rumah minimalis ada beberapa hal yang menjadi patokan perkiraan berapa biaya bangun rumah 2 lantai minimalis.

1. Menetapkan Luas Bangunan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memperhitungkan biaya pembangunan yaitu dengan memastikan luas bangunan rumah yang akan didirikan. Tentunya luas tersebut tidak terdapat perubahan. Karena Anda harus telah memastikan berapa luas bangunan rumah untuk lantai 1 serta lantai 2.

2. Membuat Rincian Material

Setelah menetapkan luas bangunan yang diinginkan, selanjutnya yaitu membuat rincian material secara detail. Adapun material yang dibutuhkan antara lain adalah semen, batu bata, pasir, besi, batu, dan lain sebagainya. Semua material tersebut harus ditulis secara rinci.

Selain itu, seberapa banyak material yang dibutuhkan juga harus dicatat. Misalnya berapa biaya bangun rumah minimalis 2 lantai tipe 36 dengan luas lahan 60 meter persegi, membutuhkan sekian banyak bak pasir, semen, dan lain-lain.

3. Mengecek Harga Material

Jika sudah mencatat secara detail semua material yang dibutuhkan Anda juga harus memeriksa harga kisaran tiap material saat itu. Perlu diketahui bahwa harga material sifatnya dinamis, jadi bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk antisipasi, setelah mengetahui harga pasaran material, dalam membuat anggaran biaya pemberian material lebih baik ditambahkan. Persis dengan harga pasaran yang menjadi tolak ukur sehingga saat terjadi lonjakan biaya material bisa lebih diantisipasi.

Selain itu, carilah toko material yang menjual material berkualitas dengan harga pasaran yang terjangkau. Jadi harus melakukan survei dengan baik sehingga dapat membuat anggaran pembangunan yang tepat.

Baca Juga: Daftar Harga Keramik

4. Memperkirakan Berapa Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Per Meter Persegi

Selanjutnya, cobalah untuk mendiskusikan perkiraan harga hunian per meter persegi dengan ahlinya. Umumnya, biaya pembangunan rumah dua lantai di wilayah Jabodetabek harga per meternya yaitu kisaran Rp3 juta hingga Rp5 juta.

5. Menggunakan Jasa Tukang Borongan

Sebenarnya ketika membangun rumah, bisa menggunakan jasa tukang harian maupun borongan. Ketika menggunakan jasa tukang harian, maka Anda harus menetapkan berapa yang Anda bayarkan untuk tukang per harinya sehingga akan mengeluarkan biaya yang banyak.

Sedangkan jika menggunakan jasa tukang bangunan borongan, dapat dikatakan lebih terjangkau. Biayanya juga tergantung dengan material dan konstruksi yang digunakan.

6. Membuat Anggaran Lebih

Saat membuat rencana anggaran pembangunan rumah, hal yang perlu dihindari adalah membuat anggaran yang pas-pasan. Bagaimanapun juga, saat melakukan pembangunan rumah biasanya di tengah-tengah perjalanan akan ada biaya yang membengkak. Entah itu dari sisi material bangunan, biaya tukang, atau yang lainnya.

Untuk membuat anggaran lebih sehingga ketika ada anggaran yang tak terduga bisa diantisipasi. Anda perlu menyiapkan dana darurat sebesar sekitar 30% dari jumlah anggaran keseluruhan.

Demikianlah beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika akan memperkirakan berapa biaya bangun rumah 2 lantai. Silahkan klik Suwun.co.id untuk mendapatkan jasa kontraktor terbaik.

Di sini tersedia berbagai pilihan jasa kontraktor yang bersedia membantu Anda dalam membangun rumah minimalis. Prosedurnya pun sangat praktis sehingga Anda bisa langsung mendapatkan kontraktor berpengalaman sesuai kebutuhan. Anda juga bisa gunakan aplikasi Suwun untuk memudahkan Anda mencari jasa kontraktor terbaik!

Artikel yang Direkomendasikan