Pertimbangan Biaya Bangun Rumah 3 Lantai

Salah satu dari jenis rumah yang banyak dipertimbangkan pada lahan sempit yaitu rumah tipe 3 lantai. Akan tetapi yang menjadi permasalahan disini yaitu perkiraan biaya bangun rumah 3 lantai karena banyak yang beranggapan jika biayanya mahal padahal kenyataanya tidak seperti itu.

Biaya Bangun Rumah 3 Lantai dan Pertimbangannya

Tentu saja dalam pembangunannya rumah tipe ini perlu banyak pertimbangan dan berikut ini merupakan hal-hal yang patut untuk dijadikan bahan pertimbangan. 

  • Konsep rumah minimalis mewah

Tipe ini paling banyak diterapkan untuk rumah tiga lantai yaitu konsep minimalis mewah. Tipe tersebut banyak dipilih untuk dikerjakan dengan cara menyewa kontraktor guna mempermudah dalam pengerjaanya. Rumah ini bentuknya kecil akan tetapi tergolong mewah saat digunakan.

Perkiraan biaya untuk tipe tersebut yakni 5 miliar rupiah. Harga tadi bisa tambah banyak sesuai dengan jenis material dan detail lain yang diperlukan selama proses pembangunan. Jumlah tadi sudah termasuk dengan tanah serta keperluan lain di dalam pembuatan bangunan sampai siap huni.

  • Biaya bangun rumah 3 lantai untuk luas tanah dan bangunan

Untuk rumah mewah minimalis ukuran paling umum yang diperlukan sekitar 600 m2 dan untuk bangunanya haruslah lebih besar dan umumnya akan ditambah sebesar 20 m2. Rumah berbentuk tiga lantau ini memang jarang dipergunakan untuk kebutuhan pribadi namun sering digunakan untuk villa ataupun ruko.

Jika dipergunakan untuk ruko biasanya biaya bangun ruko 3 lantai tergolong lebih murah dibandingkan bangunan rumah yang memerlukan banyak ruangan dan sekat di dalamnya dibandingkan pembangunan rumah mewah tiga lantai.

Baca juga: Tips Penting Renovasi Rumah agar Hemat Budget

  • Garansi untuk konstruksi

Hal lain yang perlu untuk diperhatikan perihal garansi yang mana konstruksi umumnya akan menyediakan garansi 3 bulan guna mengukur kekuatan dari hasil bangunan. Maka sangat penting di dalam masa garansi ini Anda harus memperhatikan secara benar kekuatannya.

Anda perlu meneliti keretakan tembok, kebocoran pipa, kebocoran pipa, dan lainnya yang mungkin dapat terjadi. Perhatikan masalah biaya yang lain guna kepentingan pembangunan seperti biaya pajak, air, dan perizinan lain yang terkait.

Penting untuk diperhatikan baik biaya pembangunan rumah ataupun biaya renovasi rumah 3 lantai sebaiknya perlu untuk dipersiapkan melebihi biaya perkiraan sebelumnya.

  • Tahan gempa

Indonesia merupakan negara yang rawan gempa sehingga sangat disarankan jika akan membuat rumah baru gunakanlah konsep yang tahan gempa. Memang material yang diperlukan akan bertambah dan masalah biaya sebaiknya konsultasikan dengan kontraktor dengan pembangunan sesuai SNI yang berlaku.

  • Desain rumah

Kenyataanya Anda memerlukan desain rumah guna membuat konsep terkesan lebih real serta memudahkan di dalam proses pembangunannya. Desain 3D ini membutuhkan biaya yang perlu untuk dikeluarkan. Biaya yang diperlukan tadi termasuk juga biaya revisi yang nantinya sering terjadi hingga 3 kali hingga desain benar-benar sesuai dengan keinginan.

Sangat disarankan supaya proses pembangunan berjalan dengan lebih cepat maka Anda perlu mempunyai gambaran sendiri. Tentunya Anda dapat memakai sketsa sederhana ataupun bercerita jika tidak dapat menggambarnya yang mana ini cukup membantu designer dalam mewujudkan desain rumah impian.

Itulah hal yang perlu dipertimbangkan mengenai masalah biaya bangun rumah 3 lantai. Jika Anda kesulitan mencari kontraktor terpercaya maka kunjungi saja Suwun.co.id. Untuk menikmati fitur pencarian kontraktor juga bisa mengunduh aplikasi Suwun baik di Play Store dan App Store sehingga bisa melakukan pencarian kontraktor berdasarkan wilayah pembangunan yang diinginkan.

Artikel yang Direkomendasikan