6 Cara Mengatasi Dinding yang Lembab dengan Mudah!

Cara mengatasi dinding yang lembab bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dinding tembok yang lembab bisa menjadi penyebab berbagai masalah salah satunya yaitu dinding yaitu tampilan dinding yang tidak menarik lagi.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dinding yang lembab.

Cara Mengatasi Dinding yang Lembab dengan Mudah

  • Memeriksa bagian bangunan

Cara untuk mengatasi masalah dinding lembab yang pertama yaitu dengan memeriksa bagian bangunan terlebih dahulu. Cara ini bisa dilakukan untuk mengetahui penyebab dari dinding tembok yang lembab.

Pemeriksaan bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan pada bagian talang bangunan, atap bangunan, bagian saluran pipa, saluran pembuangan AC dan lain sebagainya. Setelah melakukan pengecekan pada bagian bangunan maka Anda dapat mengetahui penyebab dari tembok yang lembab.

Setelah mengetahui penyebabnya maka akan lebih mudah untuk mencari solusi mengapa tembok rumah Anda menjadi lembab.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab dinding rumah menjadi lembab. Salah satu penyebab terjadinya dinding rumah yang lembab yaitu karena munculnya jamur. Selain itu, retakan juga bisa menyebabkan dinding lembab.

  • Waterproofing

Pemberian bahan anti air atau yang dikenal dengan waterproof juga menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi tembok lembab. Pemberian cat yang waterproof bisa membantu untuk melindungi tembok bahkan memberikan perlindungan ganda.

  • Membuat sirkulasi udara

Sirkulasi udara bisa menjadi cara mengatasi dinding yang lembab. Cara membuat sirkulasi udara yaitu dengan membiarkan pintu ruangan Anda terbuka. Hal ini akan membantu untuk mengeringkan tembok dan mengatasi jamur pada dinding Anda.

  • Pemberian anti jamur atau fungisida

Cara selanjutnya untuk dapat mengatasi masalah tembok lembab yaitu dengan memberikan fungisida atau anti jamur. Dinding tembok yang lembab biasanya disebabkan karena jamur yang ada di permukaan atau di celah dinding.

Cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan cairan fungisida pada dinding setelah dibersihkan.

Baca juga: Jenis dan Satuan Cat Tembok untuk Hunian

  • Menggunakan dehumidifier

Cara mengatasi dinding yang lembab selanjutnya yaitu menggunakan dehumidifier yang merupakan alat untuk menghilangkan kelembaban di ruangan sekitar dengan bentuk seperti AC yang berukuran kecil hingga besar. Tak hanya berbentuk seperti AC ada bentuk lainnya yang berbeda-beda.

Alat tersebut bisa digunakan untuk mencegah kelembaban di dalam ruangan terutama bagi Anda yang memiliki anggaran lebih. Hal ini dikarenakan biayanya yang tidak murah.

  • Melakukan pengecatan ulang

Pengecatan ulang juga bisa membantu untuk mengatasi dinding yang lembab. Sebelum Anda melakukan pengecatan ulang maka jamur yang ada perlu dibersihkan terlebih dahulu (jika ditemukan jamur).

Jika ditemukan dinding tembok yang sudah mengelupas, Anda juga perlu meratakan tembok yang mengelupas tersebut. Sehingga hasil pengecatan ulang bisa halus, rata dan rapi.

Bagaimana Cara Mengatasi Dinding yang Lembab yang Praktis?

Jika Anda ingin melakukan pengecatan pada dinding rumah yang lembab maka carilah cat tembok yang memberikan klaim mampu mengatasi kebocoran atau rembesan. Selain itu juga Anda perlu mencari cat dengan klaim anti jamur.

Cat dinding rumah yang lembab tentu perlu diperbaiki. Cara mengatasi dinding rumah yang lembab dan berjamur bisa dengan beberapa cara di atas. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk mengatasi masalah pada dinding yaitu bisa menggunakan jasa dari Suwun.co.id.

Jika Anda kesulitan menemukan jasa untuk memperbaiki tembok yang lembab. Ada banyak pilihan jasa yang tersedia dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta lokasi tempat tinggal. Selain itu, Suwun juga tersedia dalam bentuk aplikasi Suwun yang bisa digunakan melalui ponsel pintar Anda.

Recommended Articles