Mengetahui Titik Pijat untuk Menurunkan Darah Tinggi

Hipertensi (high blood pressure) atau tekanan darah tinggi adalah penyebab utama dari penyakit jantung dan stroke. Olahraga, diet dan meditasi merupakan cara untuk menurunkan tekanan darah. Akan tetapi bagi sebagian orang mungkin sulit untuk bisa olahraga secara teratur ataupun untuk menjaga pola makan.

Mengetahui titik pijat untuk menurunkan darah tinggi juga menjadi cara efektif lain dalam mengendalikan kondisi tersebut. Saat kita memberi tekanan di titik pijat akupresur tertentu, hal ini bisa meredakan ketegangan otot serta meningkatkan sirkulasi darah guna membantu penyembuhan.

Tiga Titik Pijat untuk Menurunkan Darah Tinggi

Sejumlah penelitian gambar titik refleksi hipertensi juga menunjukkan bahwa akupresur ternyata juga berguna untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Nah, berikut tiga titik pijat akupresur untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Antara jempol kaki dan jari kedua di kaki

Dengan menekan titik pijat refleksi kaki untuk darah tinggi ini selama 1 menit setiap hari bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mempunyai manfaat lainnya seperti mengobati kecemasan dan nyeri haid.

2. Titik pijat untuk menurunkan darah tinggi antara jempol tangan dan jari telunjuk

Menekan titik anyaman antara jempol tangan dan jari telunjuk bisa menurunkan tekanan darah serta meredakan nyeri kronis.

Menekan titik refleksi darah tinggi pada tangan ini juga bisa membantu mengobati sinus, sakit gigi dan permasalahan kulit. Namun jangan dilakukan terhadap wanita hamil sebab berisiko membuat persalinan prematur.

3. Bagian belakang leher

Tekan dua titik pada dasar tengkorak. Langkahnya, meletakkan tangan pada kedua sisi tulang belakang serta pijat refleksi sakit kepala darah tinggi menggunakan ibu jari selama 1 menit.

Baca juga: Temukan 3 Titik Pijat Refleksi Kaki untuk Sesak Nafas yang Ampuh

Mengenal Akupresur Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Akupresur telah dilakukan ribuan tahun lalu di China. Akupresur dilakukan dengan memberi tekanan pada bagian tubuh tertentu menggunakan tangan, siku ataupun alat bantu khusus namun tak menggunakan jarum. Akupresur kerap dinamakan sebagai akupunktur tanpa jarum.

Manfaat Akupresur bagi Tubuh

Dalam ilmu pengobatan tradisional China, terdapat teori yang menyebutkan bahwa adanya suatu penyakit dikarenakan gangguan aliran energi dalam tubuh yang disebut “chi”. Pijat refleksi untuk kolesterol dan darah tinggi akupresur dilakukan untuk membebaskan sumbatan energi tersebut.

Berikut beberapa manfaat akupresur bagi tubuh untuk Anda ketahui:

1. Meredakan rasa sakit

Manfaat pertama akupresur adalah meredakan rasa nyeri seperti sakit kepala, nyeri punggung ataupun nyeri pasca operasi dengan memancing tubuh untuk memproduksi endorfin. Hormon ini bisa mengurangi rasa sakit dan menghadirkan perasaan positif.

2. Meredakan stres dan cemas

Stres, depresi dan kecemasan merupakan gangguan psikologis yang kerap terjadi. Untuk jangka panjang hal ini bisa mengganggu kesehatan hingga menurunkan kualitas hidup.

Berdasarkan penelitian, pasien yang menjalani pengobatan untuk mengatasi cemas dan depresi mengalami perbaikan gejala sesudah memperoleh terapi akupresur tambahan pada titik pijat untuk menurunkan darah tinggi selama beberapa bulan.

3. Membantu meringankan efek samping kemoterapi

Pasien kemoterapi kerap merasa lemas, mual, mudah lelah serta stres. Akupresur diyakini dapat meringankan mual, muntah, stres, mengurangi rasa sakit, menambah energi serta mengatasi konstipasi yang kemungkinan menjadi efek samping kemoterapi.

Selain beberapa manfaat di atas, diketahui bahwa akupresur juga bisa memperbaiki kualitas tidur serta mengurangi nyeri sendi dan otot. Nah itu tadi pembahasan tentang titik pijat untuk menurunkan darah tinggi. Semoga bermanfaat.

Temukan berbagai produk atau layanan sesuai kebutuhan Anda dengan mengunjungi website Suwun.co.id termasuk untuk layanan pijat akupresur. Untuk menikmati kelengkapan fitur lainnya jangan lupa download aplikasi Suwun di App Store ataupun Play Store.

Artikel yang Direkomendasikan