8 Cara Kreatif Membuat Susunan Foto di Dinding

Selain bersifat dekoratif, foto juga memberikan kilas balik dari momen yang sudah terlewati. Tidak hanya menempel, susunan foto di dinding perlu ditata dengan indah dan menarik. Penempatan dan penyusunan yang tepat membuat mata nyaman memandang dan menikmati foto.

Apa yang Dimaksud Foto Itu?

Foto adalah gambar diam hasil dari lensa kamera yang menangkap dan merekam suatu objek, peristiwa atau situasi pada saat tertentu. Pemanfaatan cahaya sekitar saat berfoto sangat penting untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik. Gambar dari foto dapat memiliki warna atau hitam putih.

Bagaimana Cara Membuat Susunan Foto di Dinding?

Susunan foto yang sembarangan dapat membuat ruangan tidak nyaman dipandang. Meski terkesan mudah, menyusun foto pada dinding memiliki cara yang harus diperhatikan. Sebelum menyusun foto pastikan paham cara penyusunannya agar tidak salah dan menghasilkan susunan yang unik.

1. Susun Secara Bertingkat

Jika Anda memiliki tangga atau koridor di rumah, susunan foto bertingkat bisa menjadi pilihan. Ukuran bingkai yang digunakan bisa sama ataupun berbeda. Bila ukuran bingkai berbeda, penyusunan bisa diurutkan dari bingkai kecil ke besar dan atau sebaliknya.

2. Foto Disusun Sejajar

Susunan sejajar bisa diterapkan saat Anda memiliki banyak bingkai foto di rumah. Biasanya susunan bingkai foto di dinding model ini terdiri dari satu sampai dua baris dan di isi tiga atau empat bingkai foto per barisnya. Ukuran bingkai yang sama membuat susunan ini terlihat rapi.

3. Susunan Foto di Dinding Bentuk Melingkar

Memiliki banyak ruang kosong bentuk melingkar seperti jam bisa menjadi pilihan. Bingkai foto di ibaratkan angka pada jam, aksesoris jarum jam bisa ditambahkan dalam susunan ini. Buat desain melingkar dengan pensil dan pastikan ukuran semua bingkai yang digunakan sama.

4. Sesuaikan dengan Tema Foto

Menyusun foto di dinding bisa disesuaikan dengan tema foto yang serupa. Misalnya dalam satu baris di isi dengan foto bertema monokrom atau hitam putih. Jika semua foto dalam satu warna, tidak ada salahnya memilih bingkai foto dengan tekstur dan ukuran yang berbeda.

Baca juga: Trik Kombinasi Wallpaper dan Cat Dinding Terbaik

5. Susun Foto Dengan Konsep Feed Instagram

Foto hasil kamera polaroid sangat cocok di susun dengan konsep feed Instagram. Setiap foto sudah memiliki batas sehingga Anda tidak perlu menambahkan bingkai. Anda dapat mengaplikasikan susunan foto polaroid di dinding kamar anda.

6. Bingkai Foto Paling Besar Disusun Pada Bagian Tengah

Anda dapat membuat susunan foto di dinding dengan ukuran bingkai paling besar di bagian tengah. Foto dengan bingkai paling besar dapat menjadi pusat perhatian. Tentukan foto yang ingin dijadikan vocal point di ruangan Anda.

7. Gunakan Gantungan dan Penjepit Kayu

Gantungan foto dapat menjadi pilihan untuk menyusun foto saat Anda bosan dengan bingkai. Penjepit kayu serta tali rami diperlukan saat ingin menyusun foto dengan model ini. Ikat foto dengan tali rami lalu gantung dengan penjepit kayu.

8. Gunakan Style Scandinavian

Desain Skandinavia dikenal sebagai susunan foto di dinding yang minimalis. Anda bisa menggunakan rak untuk menempatkan foto dan tanaman kecil di sebelahnya. Jika tidak menggunakan rak dinding, tambahkan tanaman gantung di sekeliling bingkai agar terlihat cantik.

Kesulitan mencari jasa pemasangan bingkai foto ke dinding? Silakan kunjungi Suwun.co.id dan temukan jasa desainer maupun arsitektur untuk membuat rumah Anda lebih aestetik! Beberapa pilihan jasa akan ditampilkan sesuai dengan pencarian dan kebutuhan Anda.

Suwun juga menyediakan aplikasi yang dapat diunduh dengan mudah di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur yang lebih lengkap. Anda juga bisa menghubungi melalui WhatsApp disini!

Recommended Articles