Estimasi Biaya Service Kulkas Bocor

biaya-service-kulkas-bocor

Kerusakan pada kulkas seperti kulkas bocor bisa menjadi masalah yang serius karena fungsinya yang cukup vital. Terlebih, suhu dingin yang ada pada kulkas mempunyai fungsi khusus untuk mengawetkan berbagai bahan makanan. Jika mengalami kerusakan, maka akan ada biaya service kulkas bocor tersendiri yang tidak murah.

Kulkas yang bocor memang akan selalu menjadi masalah serius. Namun, Anda bisa melakukan pemeriksaan guna mencari sumber permasalahan untuk kemudian dilakukan perbaikan. Yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui penyebab kerusakan dan perkiraan biaya perbaikan yang dibutuhkan.

Perkiraan Biaya Service Kulkas Bocor dari Berbagai Penyebab

Sebelum mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan kulkas, ada baiknya jika Anda juga mengetahui permasalahan apa saja yang sekiranya dapat terjadi. Secara umum, berikut sejumlah penyebab dan estimasi biaya perbaikannya.

1. Masalah kompresor freezer

Salah satu penyebab terjadinya kebocoran pada kulkas yakni masalah pada kompresor, baik pada kompresor itu sendiri ataupun oli kompresor. Hal ini biasanya dikarenakan oli kompresor yang bercampur dengan air pada freezer sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal.

Terkait dengan permasalahan ini, Anda tentu membutuhkan biaya service freezer kulkas bocor yang tidak sedikit. Namun, perbaikan juga tidak boleh sembarangan karena kompresor membutuhkan penanganan khusus. Adapun biaya yang biasanya dikeluarkan bisa mencapai Rp1.700.000 untuk penggantian kompresor freezer.

2. Adanya kebocoran filter kapiler

Filter kapiler yang bocor juga dapat menjadi penyebab kulkas menjadi tidak dingin seperti biasanya. Kendala kebocoran ini harus dilakukan perbaikan, tentunya dengan melakukan penggantian filter hingga pengisian ulang freon.

Untuk biayanya, biasanya berkisar antara 250-350 ribu untuk penggantian dan pengisian freon. Tentu biaya service freon kulkas bocor ini belum termasuk biaya jasa teknisi dan biaya komponen lain yang sekiranya Anda butuhkan.

Baca Juga: Jasa Cleaning Service Rumah

3. Biaya service kulkas bocor karena kebocoran evaporator

Evaporator yang bocor biasanya menjadi salah satu penyebab paling umum yang terjadi pada kebocoran kulkas. Hal ini dapat terlihat dari elemen pendingin yang ada pada kulkas guna mengetahui titik kebocoran evaporator.

Perbaikan dapat dilakukan dengan penambalan, baik menggunakan lem super, plastic steel, hingga las aluminium. Namun, tidak sedikit yang langsung menggantinya terutama untuk kebocoran yang lebih parah. Biayanya sekitar 70 ribu untuk penambalan hingga 200-700 ribu untuk pembelian evaporator baru.

4. Kerusakan pada kompresor yang tidak bekerja

Selain biaya service kulkas bocor freon, perbaikan kompresor memang menjadi salah satu hal yang cukup besar biayanya. Hal ini terutama jika kompresor tidak bekerja karena gulungan kompresor yang putus, macet, hingga ampere yang tinggi.

Di luar biaya pemasangan dan perakitan, harga kompresor baru biasanya berkisar antara Rp1.200.000. Belum ditambah juga dengan biaya jasa atau pengisian freon jika dibutuhkan, tergantung dari jenisnya.

Demikian sejumlah penyebab kebocoran yang terjadi pada kulkas dan besaran perkiraan biaya yang dibutuhkan. Tentu bukan biaya yang murah untuk hal itu semua, namun ada baiknya jika Anda coba melakukan pencegahan dengan tetap merawat kulkas secara berkala.

Anda kesulitan untuk menemukan jasa perbaikan dengan biaya service kulkas bocor yang ekonomis? Silahkan kunjungi Suwun.co.id dan masukan jenis layanan atau jasa yang Anda butuhkan. 

Nanti akan ditampilkan beberapa pilihan jasa yang sesuai dengan pencarian yang sudah Anda masukan. Download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur lebih lengkapnya.

Recommended Articles