Tips Desain Rangka Baja Ringan Atap Rumah

rumah-baja-ringan

Apakah Anda bingung saat memilih material untuk membuat rangka atap rumah? Jika ingin awet dan tahan lama, Anda bisa menggunakan material rangka baja ringan atap rumah. Cara pemasangannya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Selain untuk atap rumah material baja ringan juga sering untuk membuat pagar, kanopi, dan teras.

Persiapan Pemasangan Rangka Baja Ringan Atap Rumah

Sebelum pemasangan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan.

1. Menghitung Kebutuhan

Hitung terlebih dahulu seberapa banyak material atap baja ringan yang dibutuhkan untuk membuat rangka atap. Jadi, ukurlah seberapa luas atap yang akan dibuat, bisa dengan cara membuat lembar kerja.

2. Membuat Struktur Pendukung Rangka Baja Ringan Atap Rumah

Setelah menghitung kebutuhan atap baja ringan selanjutnya yaitu menuju ke proses cara memasang rangka baja ringan untuk atap rumah dengan membuat struktur pendukung. Struktur ini berupa kolom untuk mengatur posisi atap baja ringan lebih stabil.

3. Hitung Luas Lahan yang Akan Ditutupi

Anda juga perlu menghitung luas lahan sesuai kebutuhan. Perhitungan ini penting untuk memperkirakan kuda-kuda yang dipasang antar tiang.

4. Hitung Kemiringan Atap

Selain itu, Anda juga perlu menghitung luas atap serta tingkat kemiringannya seakurat mungkin. Umumnya, kemiringan atap yang baik yaitu kisaran 25 – 30°.

5. Hitung Jumlah Beban

Untuk menentukan kekuatan kuda-kuda, Anda juga perlu hitung jumlah beban. Pemasangan kuda-kuda harus kuat dan stabil, biasanya terdapat angkur di kedua tumpuan.

6. Siapkan Peralatan Kerja

Anda perlu menyiapkan berbagai peralatan kerja yang diperlukan. Beberapa diantaranya adalah baja ringan baut, bor, reng, gunting khusus, penggaris siku, meteran, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Daftar Harga Keramik

Pilihan Model Atap Rumah Baja Ringan

Apakah Anda masih bingung untuk memilih desain atap yang keren? Ada berbagai desain yang bisa dibuat dengan rangka baja ringan untuk atap rumah.

Desain Atap Melengkung

Jika Anda memiliki gaya rumah modern klasik, desain atap melengkung merupakan pilihan yang sangat tepat. Anda juga bisa menggunakan material kaca atau bahan mencolok lainnya untuk dipasang di rangka baja ringan sehingga atap menjadi lebih cantik.

Desain Atap Silikon

Bentuk atap silikon cenderung lebih fleksibel dan umumnya dipasang untuk gaya rumah minimalis. Biasanya, model atap ini dibuat miring sehingga tidak membutuhkan ruangan lagi untuk pemasangan.

Desain Atap Dome

Sebenarnya desain atap dome cukup jarang digunakan, tetapi sering dijumpai di berbagai film kartun. Anda bisa menggunakan desain atap dome untuk model rangka atap rumah baja ringan.

Model atap ini cocok diterapkan untuk rumah yang berada di area dengan intensitas hujan tinggi. Jika membuat rangka baja ringan dengan model atap rumah dome, air hujan pun lebih mudah untuk jatuh sehingga atap tidak mudah lembab.

Desain Atap Gambrel

Kebanyakan model atap ini dipasang untuk rumah pertanian atau peternakan. Namun saat ini banyak juga yang menggunakan desain atap gambrel untuk rumah minimalis.

Bentuk dari desain atap ini yaitu terdapat beberapa bidang yang miring dan menjadi satu. Bidang miring tersebut tidak menutupi sisi depan rumah. Biasanya, model atap ini terdapat ruang khusus seperti loteng.

Desain Atap Pelana

Model atap rumah ini seringkali dijumpai di Indonesia, bahkan mayoritas rumah menggunakan desain atap pelana. Jika dilihat dari bentuknya, atap ini cocok untuk cuaca di Indonesia sehingga lebih aman dan praktis.

Itulah penjelasan mengenai pemasangan rangka baja ringan atap rumah. dan beberapa contoh desain atap yang unik. Apabila Anda ingin memasang atap rumah dengan rangka baja ringan, Anda bisa menggunakan jasa pemasangan atap rumah.

Yuk kunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan layanan pemasangan atap rumah oleh ahlinya. Tinggal masukkan kata kunci jasa yang dibutuhkan, maka akan ditampilkan beberapa pilihan. Download aplikasi Suwun di App Store dan Play Store untuk mengakses fitur lebih banyak.

Recommended Articles