Cara Membuat Aromaterapi Alami Sendiri di Rumah

aroma-terapi-alami

Aromaterapi dapat memberikan relaksasi untuk alternatif menghilangkan stress. Jika malas untuk membeli minyak aromaterapi yang mahal, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut beberapa cara membuat aromaterapi alami yang mudah dan murah.

Cara Membuat Aromaterapi Alami dari Bahan-bahan Alam

1. Bersihkan wadah

Anda membutuhkan sebuah wadah untuk membuat aromaterapi sendiri di rumah. Pilih wadah seperti toples atau botol kaca dan jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu hingga bersih.

Selain dicuci, Anda juga harus memastikan wadah yang digunakan steril. Botol atau toples kaca yang akan digunakan terlebih dahulu direbus sekitar 20 menit untuk membersihkan bakteri-bakteri yang tidak terlihat.

2. Pilih jenis aromaterapi

Cara membuat candle aroma terapi membutuhkan minyak essential atau minyak aromaterapi. Anda dapat memilih jenis aromaterapi dulu sesuai selera. Berikut beberapa pilihan racikan untuk aromaterapi.

  • Daun pinus, daun salam, dan biji pala.
  • Jeruk, kayu manis, dan cengkeh.
  • Jeruk nipis, mint, dan vanila.
  • Lemon, rosemary, dan vanila.
  • Jeruk, jahe, dan ekstrak almond.
  • Bunga melati, marigold, dan kamboja.
  • Lavender, bunga mawar, dan tea rose.

Anda bisa memilih jenis aromaterapi yang paling disukai untuk relaksasi. Pilih bahan-bahan aromaterapi atau bahan-bahan yang beraroma kuat dan segar.

3. Pilih minyak

Selanjutnya adalah memilih jenis minyak untuk aromaterapi. Berikut beberapa jenis minyak yang bisa Anda gunakan untuk membuat aromaterapi alami di rumah.

  • Minyak almond
  • Minyak zaitun
  • Minyak canola

 4. Cara membuat aromaterapi alami di botol

Langkah berikutnya untuk membuat aromaterapi adalah memotong bahan-bahan aromaterapi. Iris-iris semua bahannya dan masukan ke dalam wadah. Jika Anda menggunakan ekstrak vanila, ekstrak mint, atau ekstrak lainnya, sebaiknya tidak terlalu banyak agar wanginya tetap segar dan tidak terlalu tajam.

Setelah semua bahan dimasukkan ke dalam toples, tuangkan minyak essential di atas bahan tanaman atau aromaterapi dan pastikan botol diisi hingga penuh. Minyak untuk aromaterapi ini dapat langsung dimasukkan ke dalam botol, tanpa perlu dihangatkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Daftar Harga Keramik di Pasaran

5. Biarkan selama beberapa hari

Tutup rapat wadah atau toples dan letakkan di tempat kering dan terhindar dari sinar matahari langsung maupun suhu panas. Biarkan selama beberapa hari hingga minyak tersebut meresap semua bahan-bahan yang digunakan.

Biasanya bahan-bahan aromaterapi akan layu dan berubah kecoklatan. Jika sudah, pisahkan ampas dan minyaknya menggunakan saringan. Anda bisa menggunakan toples atau wadah lain untuk menyimpan minyak aromaterapi yang sudah jadi.

Minyak aromaterapi ini memiliki banyak kegunaan, seperti untuk minyak oles, aromaterapi diffuser, atau bahan lilin aromaterapi. Bagi Anda yang ingin membuat lilin aromaterapi perhatikan tips membuat lilin aroma terapi di rumah untuk setiap 450 gram lilin, Anda bisa mencampurnya dengan 10 tetes minyak aromaterapi.

Bahan lilinnya, Anda bisa menggunakan lilin putih yang biasa dijual di warung atau supermarket. Cukup lelehkan lilin dan setelah mencair bisa ditambahkan dengan minyak aromaterapi. Gunakan gelas kaca tahan panas untuk membuat lilin aromaterapi dan jangan lupa beri sumbu di tengahnya.

Itulah cara membuat aromaterapi alami yang mudah dengan bahan-bahan yang juga tergolong murah. Anda bisa membuat minyak aromaterapi sendiri untuk minyak pijat. Biasanya jasa pijat hanya menggunakan lotion yang mungkin wanginya tidak Anda suka sehingga bisa diganti dengan minyak aromaterapi.

Anda sedang membutuhkan jasa pijat karena badan pegal-pegal? Cari saja di Suwun.co.id dengan memasukkan pilihan layanan atau jasa pijat di kolom pencarian. Anda bisa memilih sesuai beberapa jasa yang ditampilkan sesuai pencarian yang Anda masukan. Bisa juga melalui aplikasi Suwun yang dapat Anda download gratis melalui Google Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan