Kalkulator Bangun Rumah Dengan Biaya Terkini 2024

borongan rumah

Budgeting menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun rumah. Hal tersebut karena berfungsi untuk menghitung jumlah pengeluaran yang diperlukan. Maka dari itu penting bagi Anda mengetahui dan memahami cara penggunaan kalkulator bangun rumah jika akan membangun rumah.

Penggunaan Kalkulator Bangun Rumah Saat Proses Bangun Rumah

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi biaya pembangunan rumah. Salah satunya luas bangunan dan jumlah ruangan. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut perhitungan biaya bangunan dengan kalkulator membangun rumah.

– Biaya pembelian lahan

Hal pertama yang Anda harus dipersiapkan sebelum membangun rumah impian adalah menentukan lahan di lokasi terbaik. Ketika akan membeli tanah yang ada di pikiran Anda mungkin hanya menyepakati harga lahan lalu melakukan pengurusan dan selesai. Nyatanya hal tersebut tidaklah sesederhana itu.

Ternyata terdapat beberapa biaya yang akan timbul berdasarkan jual beli tanah tersebut diantaranya terdapat uang jasa PPAT sekitar 1% dari harga, biaya BPHTB paling tinggi 5%, tarif balik nama (rumusnya T+(1%x Nilai Tanah) + Rp 50.000 serta biaya pelayanan informasi (50 ribu) dan juga biaya pengecekan sertifikat (50 ribu). Banyak sekali ya ternyata proses pembelian tanah ini.

– Biaya desain rumah

Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan tenaga profesional akan memakan banyak pengeluaran padahal Anda ingin sekali menghemat budget. Nyatanya dengan menggunakan tenaga profesional seperti arsitek justru akan membantu Anda dalam menghemat biaya pembangunan. Kisaran harga jasanya hanya sekitar 100 ribu sampai 3 juta rupiah saja per meternya.

Baca Juga: Cara Menghitung Atap Rumah Limas

– Perhitungan biaya konstruksi per meter persegi dengan kalkulator bangun rumah

Besarnya biaya untuk membangun rumah biasanya tergantung dari desain rumah serta jenis material yang digunakan. Namun perkiraan biaya ini bisa mencapai 2,5 sampai 5 juta per m2 untuk bangun rumah sederhana. Sementara untuk rumah menengah berkisar 5 sampai 10 juta dan bangun rumah mewah memakan biaya lebih dari 10 juta per m2.

Itulah komponen penting yang harus diperhitungkan pada kalkulator bangun rumah. Namun biasanya ada juga yang mengeluarkan biaya lain-lain untuk mempercantik rumah seperti membangun taman, kolam renang hingga dekorasi yang menarik.

Mau order jasa tukang atau kontraktor rumah secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Recommended Articles