Renovasi Rumah 30 Juta? Ini Tips untuk Mewujudkannya

renovasi-rumah-30-juta

Seringkali karena keterbatasan dana membuat orang berpikir ulang untuk merenovasi rumah. Mungkin renovasi rumah 30 juta bisa menjadi alternatif untuk Anda yang bujetnya terbatas.

Besar kecilnya biaya renovasi ini tentu ditentukan dari ukuran rumah dan material yang dipilih atau dibutuhkan.

Tips Renovasi Rumah 30 Juta

Bagi Anda yang berencana renovasi rumah dengan budget, simak dulu beberapa tips berikut.

1. Pilih bagian mana saja yang akan direnovasi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah konsep renovasi. Apakah Anda akan merenovasi seluruh bangunan atau hanya beberapa ruangan saja? Semakin banyak bagian yang direnovasi, akan semakin besar biaya yang dibutuhkan.

Apabila renovasi seluruh bangunan lebih besar dari budget yang dimiliki, Anda bisa renovasi bertahap. Misalnya saja untuk renovasi beberapa ruangan dulu, bagian atap, atau lainnya yang memang menjadi prioritas.

2. Renovasi rumah 30 juta dengan konsep minimalis

Pertimbangkan untuk renovasi rumah minimalis budget 30 juta yang tidak banyak material tambahan atau dekorasi. Misalnya saja untuk merenovasi bagian teras rumah, Anda bisa membuat desain fasad rumah yang simple dan tidak menggunakan banyak ornamen.

Anda dapat meniru desain fasad rumah yang minimalis sehingga tidak perlu tambahan biaya untuk beli ornamen dekorasinya. Jangan takut untuk membuat konsep renovasi sendiri supaya lebih hemat tanpa harus menggunakan jasa desain interior atau jasa arsitek.

3. Renovasi rumah menjadi tanpa sekat

Apabila renovasi membutuhkan biaya besar karena perlu merombak banyak dinding, mungkin Anda bisa mempertimbangkan renovasi rumah menjadi ruangan tanpa sekat. Anda dapat membuat ruangan yang minim sekat seperti menyatukan ruang tamu dan keluarga, menyatukan dapur dan ruang makan, atau ruangan lainnya.

Renovasi rumah 30 juta contoh desain tanpa sekat bisa Anda cari di internet dengan mudah. Konsep ruangan yang minim sekat ini juga cenderung lebih mudah dibongkar jika sewaktu-waktu Anda ingin merenovasi lagi dengan desain interior yang berbeda.

Baca juga: Yuk Simak 5 Cara Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Ketentuan

4. Gunakan material ekonomis

Penggunaan material bangunan yang harganya ekonomis sangat membantu untuk menekan biaya yang Anda keluarkan. Pastikan Anda selektif dalam memilih bahan bangunan agar mendapatkan kualitas yang sesuai.

Lakukan riset untuk mendapatkan preferensi bahan bangunan yang ekonomis dan berkualitas sesuai kebutuhan Anda. Sebaiknya Anda lakukan perbandingan sendiri antara harga bahan bangunan di satu toko dengan toko lainnya.

5. Gunakan jasa tukang borongan

Jika menggunakan kontraktor terlalu mahal untuk renovasi rumah, Anda bisa pertimbangkan untuk menggunakan jasa tukang borongan. Sekarang ini tidak sulit untuk menemukan jasa tukang terbaik dengan sistem borongan.

Namun, perlu cermat dan selektif untuk mendapatkan jasa tukang borongan yang kompeten dan juga profesional. Pilih jasa borongan yang hanya untuk tenaga kerjanya saja sehingga Anda bisa pilih sendiri material bangunan sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Bukan hal yang mustahil untuk renovasi rumah 30 juta jika mengikuti tips-tips di atas. Buat perencanaan untuk simulasi biayanya. Pastikan 30 juta ini sudah termasuk biaya cadangan untuk menjamin proses renovasi rumah Anda selesai sesuai yang diharapkan.

Anda butuh jasa borongan untuk renovasi rumah dengan budget? Silahkan kunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan layanan jasa tukang borongan terbaik untuk kebutuhan renovasi rumah Anda. Manfaatkan fitur pencarian di Suwun untuk menemukan layanan jasa lainnya yang Anda butuhkan

Fitur canggih dari Suwun ini sudah tersedia di aplikasi yang bisa Anda download dengan mudah. Download Aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur yang lebih lengkap. Anda juga bisa langsung hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan