Ragam Harga Triplek Tebal Untuk Kebutuhan Konstruksi

harga-triplek-per-meter

Triplek tebal sering digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari konstruksi bangunan hingga pembuatan furniture ruangan. Lalu berapa sih harga triplek tebal? Banyak orang mencari triplek tebal karena lebih awet dan tahan lama penggunaannya. Namun Anda perlu tahu bahwa ada berbagai jenis triplek yang sering digunakan oleh orang-orang untuk kebutuhan pembangunan maupun pembuatan furniture.

Harga Triplek Tebal di Pasaran Berbagai Jenis

Harga triplek tebal sangat bervariasi tergantung jenis dan kualitasnya. Secara umum berikut merupakan beberapa macam triplek yang dijual di Indonesia.

1. Triplek Hardwood

    Hardwood merupakan jenis triplek yang dibuat dari bahan kayu meranti, palem, dan tunas. Biasanya triplek ini digunakan untuk keperluan pembuatan furniture karena teksturnya yang keras dan kekuatannya yang bagus. Harganya bervariasi tergantung jenis kayu dan ketebalan yang dipilih.

    • Triplek Meranti = 3 mm – 18 mm (Rp43.000 – Rp225.000)
    • Triplek Tunas = 3 mm-12 mm (Rp39.000 – Rp130.000)
    • Triplek Palem = 3 mm – 18 mm dijual (Rp41.000 – Rp165.000)

    2. Tripleks Softwood

      Tidak seperti triplek hardwood, jenis triplek software teksturnya cenderung lunak dan biasanya menggunakan kayu sengon dan albasia. Harga triplek ini bervariasi karena sesuai dengan ukuran ketebalan dan jenis kayunya.

      • Triplek Albasia = 3 mm – 18 mm (Rp52.000 – Rp167.500)
      • Triplek Sengon = 3 mm-18 mm (Rp39.000 – Rp167.500)

      3. Triplek MDF

        Mdf merupakan jenis triplek yang paling sering digunakan untuk kebutuhan pembangunan. Jenis triplek ini merupakan residu dari triplek hardwood dan softwood yang dibentuk kembali menghasilkan material kuat karena ketebalannya yang lebih padat dibandingkan triplek pada umumnya.

        Ketebalan triplek tebal MDF tersedia mulai dari

        • Ketebalan 9mm = Rp100.000
        • Ketebalan 15mm = Rp155.000
        • Ketebalan 18mm = Rp180.000

        Baca Juga: Jasa Tukang Bangunan Terlengkap

        4. Triplek Blockboard

          Jenis triplek ini memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan triplek lainnya karena ketebalannya yang lebih padat bahkan dari triplek mdf. Blackboard dibuat menjadi tiga lapis menggunakan serat kayu, tetapi kelemahannya yaitu arah seratnya yang tidak jelas.

          Tersedia 3 ukuran ketebalan triplek blockboard, yaitu :

          • Ketebalan 15 mm = Rp140.000
          • Ketebalan 18 mm = Rp160.000
          • Ketebalan 25 mm = Rp190.000

          5. Partikel Board

            Partikel board merupakan triplek dengan kualitas paling rendah karena serbuk kayunya rentan terhadap air dan tidak tahan dengan beban berat. Biasanya triplek ini digunakan untuk keperluan pembuatan interior dan furniture rumah. Untuk ukuran ketebalannya mulai dari 9 mm hingga 18 mm dengan harga mulai dari Rp75.000 sampai Rp125.000.

            Masih ada berbagai jenis triplek lainnya yang tentunya memiliki harga bervariasi. Namun jika Anda ingin mendapatkan triplek dengan kualitas bagus, maka pilihlah triplek yang ukurannya tebal dan padat, meskipun harga triplek tebal cenderung lebih mahal.

            Mau order jasa tukang bangunan? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

            Artikel yang Direkomendasikan