Ketahui Cara dan Pola Pemasangan Keramik Lantai

pola-pemasangan-keramik

Pada masa kini ada banyak sekali ide untuk pola pemasangan keramik lantai yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik hunian. Lantai keramik sudah mulai banyak digunakan di berbagai rumah tempat tinggal masyarakat berbagai kalangan. Agar tampilannya tak membosankan, Anda bisa menggunakan berbagai macam ide untuk pola memasang lantai keramik dengan indah.

Ragam Ide Pola Pemasangan Keramik Lantai Rumah Tinggal

Beberapa ide cara memasang keramik lantai untuk rumah tinggal memang dibuat dengan inovasi yang terbaru. Tampilan lantai pun menjadi lebih menarik dan kreatif sehingga tak terkesan membosankan. Berikut beberapa ide pemasangan lantai keramik yang bisa Anda aplikasikan di rumah kesayangan.

1. Pola garis lurus

Menjadi satu jenis pola pemasangan keramik lantai yang paling banyak dipakai di berbagai bangunan rumah maupun lainnya. Hal itu dikarenakan menggunakan pola ini cukup mudah dan simpel untuk dilakukan. Selain itu, hanya menggunakan satu jenis keramik sehingga tak membuat anggaran biaya bertambah besar.

Penggunaan pola ini juga bisa membuat sebuah ruangan terkesan lebih rapi dan bersih. Namun banyak yang mulai beralih ke pola lainnya karena pola garis lurus ini terbilang monoton dan membosankan.

2. Pola susun bata

Pemasangan keramik dengan menggunakan pola susun bata juga banyak dilakukan oleh masyarakat masa kini. Biasanya pola ini diterapkan di beberapa ruangan yang rentan terkena air seperti kamar mandi, dapur atau halaman rumah. Hal itu dikarenakan lantai keramik yang mendukung untuk dilakukan pola susun bata biasanya memiliki bentuk persegi panjang dan tekstur yang agak kasar.

Pola susun bata bisa dipasang dengan cara mengaturnya tersusun rapi secara berselang-seling. Anda juga bisa memodifikasi pola susun bata sehingga memiliki bentuk yang lebih menyegarkan suasana.

3. Pola Herringbone

Adalah sebuah pola pemasangan keramik lantai untuk memasang keramik yang dilakukan dengan metode yang cukup rumit dengan membentuk menyerupai huruf V. Pola ini sangat tepat untuk diaplikasikan di sebuah ruangan yang tak terlalu luas sehingga bisa memberikan tampilan yang lebih luas dan terlihat lebih modern. Keuntungan menggunakan pola ini adalah Anda akan memberikan efek dinamis pada sebuah ruangan sehingga tampak nyaman untuk ditempati.

4. Pola diagonal

Kemudian pola yang terakhir adalah pola diagonal yang dipasang dengan garis sudut sebesar 45 derajat yang mana secara sekilas bentuknya menyerupai bentuk diamond. Pola ini juga memiliki fungsi untuk membuat sebuah ruangan tampak lebih luas sehingga sangat tepat jika menerapkannya pada area backsplash di dapur atau area kamar mandi.

Baca Juga: Daftar Harga Keramik di Pasaran

Ketahui Teknik Pemasangan Lantai Keramik yang Benar

Agar supaya lantai keramik dengan warna dan motif pilihan Anda bisa terpasang dengan benar, maka penting untuk mengetahui tekniknya. Ada beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pola pemasangan keramik lantai dengan benar.

  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Biasanya untuk memasang lantai keramik membutuhkan alat pendukung seperti adukan semen, palu, benang dan lain sebagainya untuk membuat pemasangan mudah dan berjalan lancar.
  • Ukur luas ruangan yang akan diberi lantai keramik. Ini menjadi penting untuk dilakukan agar supaya Anda bisa mengetahui kebutuhan keramik untuk ruangan tersebut.
  • Lakukan perendaman lantai keramik yang akan dipasang menjadi tips pemasangan keramik lantai yang efektif. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses pemasangan dan membuat lantai keramik lebih awet untuk digunakan.
  • Selama proses perendaman dilakukan, cobalah untuk memasang lantai keramik tanpa menggunakan semen. Hal itu akan membuat Anda bisa memperkirakan bagaimana prosesnya dengan baik dan benar.
  • Pilih keramik dengan kualitas yang baik. Seperti misalnya jenis keramik yang mempunyai daya serap air yang rendah sehingga kualitasnya lebih awet dan tahan lama.
  • Pasang keramik dengan terlebih dahulu membuat garis pembatas menggunakan benang yang dibentangkan. Pembatas berfungsi agar supaya lantai keramik terpasang dengan rata atau tidak miring atau berbeda ketinggian.
  • Amankan ruangan yang baru dipasang keramik agar tak digunakan untuk sementara waktu selagi menunggu acian semen merekatkan keramik dengan kuat. Dengan begitu lantai pun akan terjaga ketinggiannya dan tak berubah konturnya karena penggunaan ketika perekat masih basah.

Sekian ulasan tentang pola pemasangan keramik lantai dan teknik pemasangan yang benar. Ada banyak sekali jenis keramik dengan warna dan motif yang menarik untuk diaplikasikan di hunian kesayangan Anda.

Pola Pemasangan Keramik Lantai Lengkap dengan Jasa Pemasangan Keramik Terbaik

Dapatkan cara dan pola pemasangan keramik lantai di rumah sendiri yang mudah serta praktis hanya dengan menggunakan jasa di situs Suwun. Cukup dengan mengakses laman website Suwun.co.id, kemudian dapatkan informasi lengkapnya setelah melakukan pencarian tentang jasa pemasangan lantai keramik yang baik dan benar.

Untuk mendapatkan kemudahan akses dan informasi Anda juga bisa mengunduh aplikasi Suwun untuk diinstall di perangkat gadget melalui layanan Playstore atau AppStore.

Artikel yang Direkomendasikan