Kenali Penyebab Kompresor AC Rusak

Banyak dari Anda yang tidak mengetahui perihal kompresor pada AC. Komponen tersebut sangatlah penting guna mengatur aliran freon pada AC yang mana berguna menghasilkan suhu dingin. 

Kerusakan di kompresor akan memiliki dampak yang besar untuk fungsinya sehingga tidak bisa mengeluarkan dingin maka dari itu informasi terkait penyebab kompresor ac rusak perlu diketahui.

Beberapa Penyebab Kompresor AC Rusak

  • Arus dan tegangan tidak sesuai

AC bisa bekerja secara optimal sehingga ketika suplai dan tegangan arus listrik sesuai kebutuhan AC. Tentunya kebutuhan akan suplai listrik pada masing-masing tipe AC itu berbeda dan tidak berimbangnya suplai listrik dengan kebutuhan AC dapat mengakibatkan permasalahan pada kompresor dan mengakibatkan kompresor AC rumah rusak.

  • Kompresor kekurangan oli

Tidak hanya kendaraan yang memerlukan oli, nyatanya kompresor AC juga memerlukannya. Oli pada kompresor memiliki kegunaan sebagai pelumas di bagian piston. Oli kurang bahkan habis dapat menimbulkan kebocoran di bagian evaporator, kondensor, ataupun pipa.

Kebocoran dapat berakibat buruk untuk kompresor bahkan mengakibatkan kerusakan pada kompresor AC bahkan terbakar. Maka perlu dilakukan pengisian oli pada kompresor dan pergunakan oli sesuai standar pabrik yang ada.

  • Tekanan berlebih penyebab kompresor ac rusak

Pada dasarnya tersedia standar tekanan yang dapat ditangani kompresor AC pada masing-masing tipe yang berbeda. akan tetapi kesalahan di dalam jumlah tekanan tidak seimbang dalam AC dengan kemampuan kompresor bisa menambah beban pada kompresor sehingga mengakibatkan kerusakan ataupun kumparan terbakar.

  • Adanya sumbatan

Ciri kompresor AC rusak yang perlu Anda ketahui adalah kinerja kompresor yang semakin berat. Hal ini diakibatkan karena adanya sumbatan karena kotoran sehingga aliran yang dipompa menjadi tidak seimbang. Sehingga kompresor menjadi dipaksa untuk menambahkan beban sehingga aliran dapat sesuai tanpa disadari pemaksaan tadi membuat kondisi AC menjadi tidak baik.

Cara memperbaiki kompresor AC rusak karena tersumbat dengan cara melakukan flushing. Flushing merupakan pengaliran suatu cairan nitrogen ke saluran yang tersumbat ataupun AC. Tindakan tersebut sangat efektif dalam mengeluarkan kotoran pada aliran sehingga aliran bisa berjalan dengan lancar kembali.

Jika cara tersebut tidak efektif maka perlu dilakukan penggantian untuk bagian yang tersumbat tadi. Namun jika masih bisa diperbaiki sebaiknya diperbaiki mengingat harga kompresor AC rusak dan diganti dengan yang baru tidaklah murah.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Anda Perlu Jasa Service AC

  • Kompresor sudah tua

Komponen elektronik akan mengalami penurunan fungsi ketika berusia 5-10 tahun begitupun pada kompresor AC. Kompresor yang telah lama dipergunakan akan mengalami aus dan jika ditanya bisakah kompresor AC diperbaiki ketika mengalami kerusakan karena usia? Jawabannya bisa tergantung pada tingkat kerusakannya.

Kerusakan karena usia tidak hanya mengakibatkan aus namun juga karat sehingga fungsinya akan berkurang dan menimbulkan kebocoran. Masalah karat ini juga menjadi penyebab kompresor AC mobil bocor dikarenakan rusaknya AC.

  • Kesalahan pengisian

Kesalahan ketika mengisi oli ataupun refrigerant bisa mengakibatkan kompresor rusak dikarenakan pengisian keduanya harus sesuai standar pabrik. Pengisian yang tidak sesuai mengakibatkan kompresor rusak dikarenakan ketidak cocokan terhadap bahan yang dipergunakan. Maka sebaiknya melakukan pengisian pada tempat yang benar-benar resmi untuk menghindari kerusakan.

Itulah penyebab kompresor AC rusak yang bisa Anda ketahui sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin supaya kerusakan lebih cepat terdeteksi. 

Jika Anda kesulitan menemukan service AC untuk perbaikan ataupun perawatan AC maka Suwun.co.id adalah solusinya karena Anda bisa menemukan tempat service sesuai dengan keinginan berdasarkan wilayah.

Selain melalui website, Anda juga dapat mencari jasa service AC yang terjangkau melalui aplikasi. Segera download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur yang lebih lengkap!

Artikel yang Direkomendasikan