Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Berdengung

pengering-mesin-cuci-berdengung

Salah satu permasalahan pada mesin cuci yang sering terjadi yaitu pengering mesin cuci berdengung namun mesin tidak berputar. Hal itu bisa terjadi karena terdapat beberapa komponen dari mesin cuci yang mengalami kerusakan atau gangguan.

Untuk memperbaikinya, tentu Anda harus mengenali terlebih dahulu penyebabnya sehingga cara penanganannya pun akan tepat. Berikut ini, beberapa penyebab mesin cuci berdengung dan cara mengatasinya.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung

Saat Anda mengalami permasalahan mesin cuci yang berdengung, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu beberapa penyebab umumnya dan bukan tidak mungkin Anda akan bisa memperbaikinya sendiri sebelum membawanya ke jasa reparasi. Berikut ini, penyebab mesin cuci berdengung secara umum:

1. Pintu pengering mesin yang belum tertutup sempurna

Pada bagian mesin cuci tertentu seperti bagian pengering, mengharuskan Anda menutup bagian tersebut dengan sempurna agar berfungsi dengan semestinya. Oleh karena itu, saat pengering pada mesin cuci Anda berdengung padahal mesin tidak berputar atau berjalan, bisa jadi karena bagian penutup yang belum tertutup sempurna.

Pastikan bagian pengering tertutup dengan sempurna, dan pastikan juga barangkali terdapat kotoran yang mengganjal sehingga menyebabkan penutup tidak dapat tertutup dengan sempurna.

2. Timer pada pengering yang rusak

Pengatur waktu atau timer yang rusak dapat menjadi penyebab mesin cuci yang berdengung. Kerusakan pada timer pengering biasanya terjadi disebabkan oleh pegas yang sudah aus karena terlalu lama digunakan atau karena gangguan hama.

3. Terlalu banyak beban cucian

Beban cucian yang terlalu banyak juga dapat menjadi penyebab terjadinya mesin cuci yang berdengung. Beban cucian dapat memperlambat rotasi pada mesin pengering yang menyebabkan mesin tidak bisa berputar.

4. Kabel mesin yang putus

Kabel mesin putus yang umumnya disebabkan oleh hama tikus yang masuk ke bagian perkabelan pada mesin cuci dan menggigit kabel sehingga kabel putus dan menjadi penyebab pengering pada mesin cuci berdengung.

5. Dinamo yang rusak atau terbakar

Fungsi dinamo yaitu menghasilkan putaran pada mesin yang jika komponen ini rusak, tentu mesin tidak dapat berputar dan menjadi penyebab pengering pada mesin cuci yang berdengung namun tidak berputar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Mesin Cuci Rusak

Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Dengung

Setelah mengetahui dan mengenali penyebabnya, Anda perlu mengetahui cara mengatasi mesin cuci berdengung yang akan dijelaskan di bawah ini.

1.  Mengatasi sendiri sesuai penyebabnya

Anda bisa mengatasi atau memperbaiki mesin cuci Anda yang berdengung setelah mengenali penyebabnya. Cara mengatasinya pun dengan menyesuaikan apa yang menjadi penyebab pengering mesin cuci yang berdengung, misalnya saat Anda mengetahui penyebabnya adalah kabel yang putus karena tikus, Anda perlu mengganti kabelnya atau membersihkan area mesin cuci sehingga tidak akan ada tikus yang bisa masuk ke bagian perkabelan pada mesin cuci Anda. Lalu, jika penyebabnya beban cucian yang terlalu banyak, Anda bisa mengurangi cucian Anda dan memahami batas maksimal beban pengering pada mesin cuci.

2. Membawa ke jasa reparasi

Cara ini merupakan cara terakhir jika penyebab yang Anda kenali tidak memungkinkan untuk Anda perbaiki sendiri. Bawalah mesin cuci Anda ke jasa service atau reparasi yang bisa menangani permasalahan pada mesin cuci Anda.

Nah, Itulah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi pengering mesin cuci berdengung. Agar lebih mudah dalam mencari jasa reparasi mesin cuci, Anda bisa kunjungi Suwun.co.id atau bisa juga dengan download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan