Laptop Tidak Bisa Shutdown, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagi pengguna laptop lama, kendala seperti laptop tidak bisa shutdown biasa dialami karena usia perangkat yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Laptop yang tak bisa dimatikan biasanya akan menampilkan layar laptop yang terus menyala meski sudah diproses untuk shut down. Ada banyak sekali penyebab laptop tak bisa dimatikan sehingga harus dilakukan cara untuk mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Shutdown

Adapun untuk penyebab laptop tidak bisa shutdown umumnya adalah dikarenakan adanya kerusakan yang berasal dari sistem laptop. Di antaranya ketika data sistem laptop mengalami eror sehingga menjadikan sistem laptop pun tak bisa bekerja secara maksimal.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kendala laptop tak bisa shutdown yang mudah sekaligus aman untuk dilakukan.

  1. Bersihkan virus di laptop

Cara pertama adalah berasumsi bahwa kendala laptop tidak bisa shutdown karena virus. Jika demikian, maka membersihkan virus di laptop menjadi solusi yang terbaik. Cara melakukannya pun cukup mudah, yaitu menjalankan aplikasi bawaan Windows yaitu Windows Defender untuk memindai virus dan membersihkannya.

Virus yang masuk ke laptop umumnya bisa menghapus file registry atau file sistem yang kemudian berdampak pada terjadinya masalah proses shutdown laptop. Anda juga bisa menggunakan software antivirus yang biasanya diinstal di laptop sebagai perlindungan tambahan.

  1. Gunakan tool Command Prompt

Cara mengatasi laptop tidak bisa shutdown kedua adalah dengan Command Prompt yang banyak digunakan untuk membantu proses perbaikan sistem Windows baik untuk PC maupun laptop. Kegunaannya juga bisa membantu untuk mengatasi kendala tak bisa dimatikannya laptop melalui tombol Shutdown.

Langkah pertama adalah menjalankan jendela Run untuk kemudian mengetikkan CMD di menu Open lalu Enter. Setelah jendela CMD terbuka, berikutnya adalah ketik perintah shutdown.exe -s, kemudian klik Enter. Tunggu hingga ada pemberitahuan bahwa sistem operasi Windows akan dimatikan secepatnya.

Baca juga: Ciri Kerusakan LCD Macbook Sebelum ke Jasa Service Macbook

  1. Non aktifkan Fast Startup

Cara mengatasi laptop tidak bisa shutdown yang terakhir adalah dengan menonaktifkan Fast Startup dari Windows. Fitur ini akan bekerja secara default, namun jika Anda memutuskan untuk menon-aktifkannya maka hal itu tak menjadi masalah pada kinerja laptop.

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan membuka jendela Run lalu ketik Control Panel lalu klik Enter. Setelah masuk ke laman utama Control Panel, lakukan pengaturan ulang pada menu View By menjadi Small Icons lalu pilih opsi Power Options.

Pilih Choose What the Power Buttons Do yang ada di sebelah kiri laman lalu klik menu Change Setting That Are Currently Unavailable. Ubah pengaturan Shutdown dengan menghapus tanda centang yang ada di Turn On Fast Startup lalu klik Save Change untuk menerapkan perubahan pengaturan yang baru saja dilakukan.

Cara Mengatasi Kendala Laptop Tidak Bisa Shutdown yang Keliru

Beberapa orang lebih memilih untuk melepaskan baterai laptop untuk bisa mematikan laptop dengan mudah dan cepat. Namun perlu diketahui bahwa jika hal itu sering dilakukan maka bisa berdampak pada kerusakan hardware dan sistem di laptop Anda sehingga disarankan untuk menghindarinya.

Beberapa cara untuk mengatasi kendala ketika laptop tidak bisa shutdown merupakan cara yang sudah terbukti aman dan dilakukan melalui jalur teknis yang dianjurkan.

Jika Anda terkendala untuk memperoleh informasi tentang layanan jasa service laptop, maka disarankan untuk berkunjung ke laman Suwun.co.id. Masukkan kata kunci jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian, kemudian situs akan mencarikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Saat ini aplikasi Suwun juga sudah tersedia secara gratis di App Store dan Play Store. Download aplikasinya untuk bisa menikmati fitur lengkap dan canggih dari Suwun.

Artikel yang Direkomendasikan