3 Ide Unik Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Buat Anda yang memiliki hobi menjahit pakaian, pasti sudah tidak asing lagi kerajinan tangan dari kain perca. 

Umumnya ketika membuat pakaian akan menghasilkan sisa kain yang tidak terpakai dari pembuatan pakaian, ini lah yang dimaksud dengan kain perca. Limbah kain perca ini, jika dalam jumlah yang banyak seringkali menjadi sebuah permasalahan bagi perusahaan konveksi ataupun pabrik garmen.

Padahal jika Anda bisa mengelola kain perca dengan baik serta mengembangkannya menjadi sebuah kerajinan kain perca sederhana dan unik, maka produk ini mampu memberikan keuntungan yang cukup besar.

3 Ide Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Ada beberapa ide unik yang bisa Anda aplikasikan dan memadukannya dengan bahan lain untuk membuat kerajinan tangan dari kain perca. Yuk, simak beberapa ulasan di bawah ini mengenai kerajinan dari kain perca dan cara membuatnya.

1. Pembatas Buku dengan Motif Unik

Jika Anda termasuk salah satu penikmat buku, pasti sangat membutuhkan pembatas buku yang bisa menjadi pengingat Anda ketika akan membacanya kembali. 

Agar lebih bersemangat membaca buku, mungkin Anda akan membutuhkan pembatas buku yang unik dan menggemaskan yang mampu memanjakan mata. Eittss! Anda bisa kok membuatnya sendiri di rumah, tanpa harus membelinya.

Pembatas Buku ini merupakan salah satu kerajinan dari kain perca tanpa mesin jahit. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti kain perca, kancing baju, benang dan jarum, gunting, dan power glue.

Lalu, Anda bisa mulai memotong kain perca dengan bentuk persegi panjang dan melipatnya, serta merekatkannya dengan lem ‘power glue’. Tambahkan sedikit hiasan berupa kancing baju tidak terpakai pada bagian atasnya. Taraa…kini pembatas buku Anda siap digunakan.

Baca juga: Desain Rumah Dari Stik Es Krim Terunik

2. Kerajinan Tangan dari Kain Perca jadi Tempat Tisu Anti Mainstream

Jika Anda memiliki banyak sisa kain perca, ide produk ini bisa menjadi solusi selanjutnya untuk dijadikan kerajinan dari kain perca yang bisa dijual. 

Mungkin Anda sudah sering melihat produk tempat tisu dari kain perca dijual, baik di e-commerce ataupun di sebuah bazaar. Namun, karena proses pembuatannya menggunakan sisa-sisa kain pakaian, dapat membuat setiap produknya unik dan tidak pasaran dengan menghadirkan motif yang berbeda dan terbatas.

Cara membuat kerajinan dari kain perca, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan, seperti kain perca motif, benang dan jarum, gunting, renda atau pita, dan kancing. 

Pertama, Anda perlu menggunting kain perca sesuai dengan ukuran tisu yang diinginkan, lalu lipat menjadi 2 bagian sama panjang dan jahit pada sisi samping. 

Pasangkan kancing pada bagian atas lipatan yang nantinya akan menjadi pengait ketika membuka atau menutup tisu, dan ini diaaa…tempat tisu dari kain perca siap digunakan.

3. Tempat Pensil Motif Kain Perca

Untuk membuat kerajinan tangan dari kain perca seperti tempat pensil, hanya memerlukan skill menjahit tingkat dasar. Anda bisa menjahitnya dengan tangan maupun mesin jahit. Sebelum mulai membuatnya, siapkanlah alat dan bahan seperti kain perca, kain flanel untuk furing, resleting, jarum dan benang, gunting, dan lem tembak.

Pertama, siapkan kain perca dengan memotongnya sesuai dengan ukuran tempat pensil yang diinginkan dan lipat tepi kain kurang lebih 1 cm untuk menjahit bagian resleting nantinya. 

Lalu, jahit lurus pada kedua sisi resleting dengan rapi. Kemudian, jahit bagian pinggir kanan dan kiri, jahit juga bagian sudut hingga membentuk segitiga, dan selesai sudah tempat pensil yang unik dan cantik untuk digunakan.

Itu dia beberapa ide untuk membuat kerajinan tangan dari kain perca yang bisa Anda buat dengan mudah di rumah.

Kunjungi Suwun.co.id untuk menemukan jasa yang Anda butuhkan. Download aplikasi Suwun di App Store maupun Play Store.

Artikel yang Direkomendasikan