Jasa Renovasi Rumah Tanah Liat dan Metode Terbaiknya

jasa-renovasi-rumah-tanah-liat

Meski bukan bangunan yang lazim ada di negara Indonesia, bangunan yang terbuat dari tanah liat banyak ditemukan di negara Yaman. Mayoritas bangunan dibangun dari tanah liat dan berdiri dengan kokoh serta kuat. Lalu apakah bangunan rumah yang terbuat dari tanah liat bisa direnovasi?

Jasa Renovasi Rumah Tanah Liat dan Panduan Lengkap

Bangunan yang terbuat dari tanah liat banyak ditemui di daerah yang mempunyai iklim sedang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan renovasi atau perbaikan pada bangunan rumah dari tanah liat, diantaranya adalah :

1. Pelindung bagian atas dan bawah dinding tanah

Penyebab utama dari kerusakan yang terjadi pada rumah tanah liat adalah karena tekanan dari air. Untuk itu sangat penting untuk memberikan perlindungan pada bagian atas dan bagian bawah dinding tanah liat sehingga air tak berhasil masuk ke dalam pori-pori dinding.

2. Pastikan dinding kering maksimal

Dinding tanah liat yang masih lembab atau belum kering sempurna beresiko membusuk yang menjadikannya rapuh dan bisa runtuh sewaktu-waktu. Maka jika Anda ingin menutup bagian dinding dengan semen atau bahan lainnya, sebaiknya pastikan dinding tanah liat sudah mengering sempurna.

Baca juga: Daftar Harga Genteng Tanah Liat Terbaru

3. Lindungi dinding tanah liat dengan atap

Anda juga bisa menggunakan atap yang mendukung untuk melindungi bagian atas dinding tanah liat sehingga tetap kering. Selain itu, perhatikan juga perbaikan pipa pembuangan air dan talang air untuk membuat air bisa mengalir lancar serta tak menggenang di bagian rumah.

Metode Terbaik Jasa Renovasi Rumah Tanah Liat

Pada beberapa rumah tanah liat, metode renovasi yang paling banyak digunakan adalah dengan memanfaatkan blok tanah liat kering yang sudah diberi campuran tanah liat sebagai perekat. Jika terdapat retakan kecil di dinding bangunan tanah liat, jasa renovasi akan mengatasinya dengan menjahit retakan tersebut dengan menggunakan balok adobe berukuran kecil.

Sekian penjelasan singkat tentang layanan jasa renovasi rumah tanah liat yang bisa menjadi referensi Anda. Semoga menginspirasi karena bangunan rumah yang terbuat dari tanah liat jauh lebih terjangkau biayanya dan lebih tahan terhadap segala jenis cuaca.

Mau order jasa renovasi rumah tanah liat secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan