Jasa Renovasi Rumah Syariah, Cicilan Tanpa Riba

jasa-renovasi-rumah-syariah

Apakah Anda bingung ingin merenovasi rumah namun belum memiliki dana yang cukup? Ingin mengajukan kredit namun takut riba? Tak perlu khawatir karena kini Anda bisa menggunakan jasa renovasi rumah syariah.

Keuntungan menggunakan penyedia jasa secara syariah yaitu Anda akan mendapatkan pinjaman tanpa bunga, akan murni jual beli, tidak mendapat biaya denda keterlambatan, dan masih banyak lagi. Bagaimana cicilan syariah itu, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Akad Menggunakan Jasa Renovasi Rumah Syariah

Banyak orang mungkin masih belum memahami bagaimana akad cicilan syariah itu sendiri. Apa bedanya dengan cicilan konvensional? Untuk mengetahuinya lebih mudah, simak ilustrasi berikut ini.

Andi akan merenovasi rumah dan membutuhkan biaya 30 juta yang akan dicicil selama 30 bulan.

1. Cicilan konvensional

Berdasarkan contoh ilustrasi di atas, pada cicilan konvensional, Anda perlu membayar DP sejumlah 3 sampai 4.5 juta. Setelah itu Andi akan mengajukan pembiayaan ini ke bank sejumlah 27 juta untuk melunasi pinjaman tersebut. Bank akan mencairkan pinjaman 27 juta dengan bunga 6% per tahun dan harus dicicil selama 30 bulan.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka jumlah pinjaman dari bank 27 juta sementara jumlah total cicilan selama 30 bulan yaitu 31 juta. Selisih nilai hutang inilah yang disebut bunga atau riba.

Baca juga: Apa itu Pembiayaan Renovasi Rumah Syariah? Yuk Simak!

2. Jasa renovasi rumah syariah

Sementara dengan cara syariah, Andi bisa mengajukan pinjaman untuk renovasi rumah ke Lembaga Keuangan Syariah. Lalu LKS akan memberikan uang pada developer senilai 30 juta. LKS akan memberikan perincian biaya ke Andi sebesar 32 juta.

Andi akan membayar DP sebesar 2 juta dan sisanya akan dicicil 1 juta selama 30 bulan. Hutang Andi ke LKS dengan nominal cicilan selama 30 bulan sama-sama 30 juta. Tidak terdapat selisih nilai, selisih harga jual yang diberikan disebut dengan margin jual beli.

Itulah sedikit penjelasan mengenai akad syariah yang biasa dilakukan pada jasa renovasi rumah syariah. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk Anda.

Mau order jasa renovasi rumah syariah secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan