Inspirasi Jadwal Bersih-Bersih Rumah Harian dan Bulanan

jasa-bersih-bersih-rumah

Menjaga hunian yang bersih adalah sebuah kewajiban bagi siapa pun. Kebersihan lingkungan tempat tinggal pastinya akan berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh.

Lingkungan yang penuh dengan kotoran, debu bisa menimbulkan penyakit pernapasan. Anda tak mau mudah terserang penyakit, bukan? Cara paling efektif adalah menciptakan bersih-bersih rumah sebagai rutinitas.

Jadwal Bersih-bersih Rumah Setiap Hari

1. Tempat Tidur

Tempat tidur menjadi tempat yang menyimpan kotoran di hampir seluruh bagiannya seperti pada bantal, kasur, selimut, seprai. Debu dapat mudah menempel pada permukaan sehingga Anda wajib membersihkannya tiap hari.

Anda bisa membersihkannya dengan cara disedot vacuum cleaner atau sapu lidi. Tempat tidur juga sesekali perlu dijemur di bawah terik matahari.

2. Mencuci Alat Makan

Cara menjaga kebersihan rumah selanjutnya yakni langsung mencuci alat makan setelah digunakan. Alat makan yang terlalu lama didiamkan akan menimbulkan bau tidak sedap, mengundang binatang, bakteri serta meninggalkan noda.

3. Membersihkan Dapur

Tiap kali selesai memasak, Anda harus langsung membersihkan area kompor dari cipratan minyak dan kotoran lainnya supaya tak menempel dan mengembangkan bakteri.

Anda bisa mengelapnya dengan kain yang telah dibasahi air bercampur sabun cuci piring agar mudah membersihkannya. Tak lupa bersihkan juga meja makan supaya bebas semut.

4. Menyapu Lantai

Lantai rumah perlu disapu setiap hari, sebab debu cepat menumpuk. Sapulah lantai di seluruh sudut rumah atau menggunakan vacuum cleaner supaya lebih mudah menjangkau area sempit.

5. Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi jadi salah satu tempat yang paling banyak berkembangnya bakteri dan kuman. Anda harus membersihkan kamar mandi dengan sikat, spons serta cairan pembersih khusus.

Jadwal Bersih-bersih Rumah Tiap Minggu

1. Mengepel Lantai

Mengepel lantai memang menguras tenaga, tetapi lantai yang lama tak dibersihkan akan terasa lengket dan tentunya kurang nyaman. Kegiatan mengepel bisa dilakukan seminggu sekali.

2. Ganti Sprei

Sprei menyimpan debu yang bisa menimbulkan penyakit kulit. Gantilah kain sprei setidaknya tiap akhir pekan.

3. Sikat Kamar Mandi

Jadwal mingguan berikutnya adalah menyikat kamar mandi. Gunakan sabun pembersih khusus atau deterjen untuk membersihkannya, diamkan beberapa jam lalu bilas bersih.

4. Bersihkan Cermin

Cara membersihkan rumah secara mingguan berikutnya yakni rutin membersihkan cermin. Anda hanya cukup menggunakan kain lap dan cairan pembersih kaca.

5. Buang Makanan Kadaluarsa

Makanan yang telah kadaluarsa sebaiknya langsung dibuang agar tak menumbuhkan lebih banyak jamur dan bakteri. Rutinlah mengecek kadaluarsa bahan pangan di rumah.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Bersih-bersih Rumah

Jadwal Bersih-bersih Bulanan 

1. Furnitur

Bersihkanlah furnitur rumah seperti rak buku, meja televisi, lemari, kursi dengan cara disedot vacuum cleaner atau lap menggunakan kain lembab untuk menghilangkan debu serta kotoran lainnya.

2. Hiasan

Jangan lupa juga untuk membersihkan hiasan rumah seperti lukisan, pigura foto, kap lampu dan pernak-pernik lainnya dari debu. Caranya mudah, hanya perlu di lap atau memakai kemoceng.

Jadwal Bersih-bersih Tambahan

1. Cuci Sofa

Sesekali cucilah sofa rumah Anda, memang sulit namun bisa diatasi dengan menggunakan jasa bersih-bersih rumah dari www.suwun.co.id

2. Membersihkan Isi Kulkas

Membersihkan isi kulkas termasuk ke dalam aturan menjaga kebersihan rumah. Bersihkan setiap rak dengan cara digosok menggunakan sikat gigi, dan jangan lupa buanglah bunga es pada freezer.

3. Cuci Karpet

Jangan lupa untuk membersihkan karpet di rumah dengan memakai sabun khusus kemudian dijemur dengan cara digantung.

Itulah jadwal membersihkan rumah yang bisa Anda lakukan. Butuh bantuan? Hubungi www.suwun.co.id untuk cleaning service rumahan terpercaya.

Artikel yang Direkomendasikan