Perbedaan HPL dan Duco pada Finishing Kitchen Set

hpl-duco-kitchen-set

Kitchen set merupakan elemen yang penting serta dapat menjadikan dapur tampak lebih rapi dan tertata. Terdapat berbagai macam jenis finishing yang biasa diaplikasikan, seperti HPL dan Duco. Ada baiknya Anda memahami perbedaan HPL dan Duco secara detail sebagai berikut sebelum menentukan pilihan finishing yang tepat.

Perbedaan HPL dan Duco pada Finishing

Sejatinya, kedua jenis finishing ini sama-sama populer dengan kelebihannya masing-masing. Meski demikian, Anda perlu memilih salah satu jenis finishing yang tepat sehingga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah Anda. Berikut pengertian dan perbedaan antara keduanya.

Waktu pengerjaan

Adapun perbedaan HPL dan Duco yang pertama, yakni dari segi waktu. HPL (High Pressure Laminate) dianggap dapat lebih menghemat waktu karena teknik tersebut menggunakan penempelan dan pelapisan dengan bahan komposit plastik. Meski demikian, metode ini membutuhkan ketelitian yang lebih tinggi.

Berbeda dengan metode yang menggunakan metode tempel dan pelapisan plastik, finishing Duco dilakukan dengan cara mengecat kitchen set dengan cat minyak. Oleh karena itu, prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama karena harus dilakukan beberapa kali. Kendati demikian, hasilnya juga tidak kalah terlihat mewah dan elegan.

Proses yang dilakukan

Selain itu, jika berkaitan dengan bahan Duco, perbedaan HPL dapat terlihat cukup jelas di mana finishing dilakukan dengan beberapa tahapan. Yang pertama, tutup seluruh pori-pori kayu dengan dempul yang berbahan plastik composite sehingga permukaan lebih rata.

Berikutnya, lakukan pengamplasan kemudian pengecatan dengan cat minyak dan terakhir lakukan coating. Langkah terakhir ini merupakan lapisan paling akhir yang membuat kitchen set nampak glossy atau berkilau.

Adapun perbedaan HPL dan Duco juga dapat terlihat dari cara pengerjaan HPL yakni dengan menempel bahan pelapis. Prosesnya dilakukan secara hati-hati untuk menghindari kemunculan gelembung-gelembung udara di dalamnya. Jika gelembung ini muncul, tentu saja finishing tidak akan terlihat merata dan kurang rapi.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Kitchen Set agar Tampilan Dapur Menarik

Harga pengerjaan

Selanjutnya, perbedaan HPL dan Duco juga dapat dilihat dari harga pengerjaan. Karena HPL dikerjakan secara cepat dan hanya dilakukan pelapisan saja, maka harganya juga terbilang jauh lebih terjangkau. Berbeda dengan penggunaan finishing kitchen set Duco yang prosesnya cukup lama sehingga harganya juga relatif lebih mahal dibandingkan HPL.

Kelebihan yang dimiliki

Perbedaan lain juga dapat dilihat dari kelebihan yang dimiliki oleh kedua bahan tersebut. Kelebihan HPL dapat dilihat dari ketahanannya terhadap goresan, tahan air, tahan panas, hingga tahan terhadap zat-zat kimia. Harganya pun juga jauh lebih terjangkau.

Perbedaan HPL dan Duco yang Lain

Selain itu, perbedaan bahan HPL dan Duco juga terlihat dari finishing Duco seperti pilihan warna yang banyak baik dari warna natural hingga warna pastel, baunya juga tidak menyengat dan aman untuk anak kecil. Finishing Duco juga dapat diterapkan dalam berbagai jenis kayu untuk hasil yang lebih

Nah, apabila sudah mengetahui perbedaannya, kini saatnya Anda tinggal menentukan mana finishing yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Meski keduanya mempunyai berbagai perbedaan, namun hasil akhirnya sama-sama terkesan mewah jika diproses dengan baik.

Jika Anda kesulitan dalam mengidentifikasi perbedaan HPL dan Duco, atau bahkan melakukan pemasangan, pelapisan, bahkan pengecatan kitchen set menggunakan kedua metode di atas, Anda dapat membuka Suwun.co.id melalui web, maupun aplikasi dengan fitur yang lengkap. Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store sekarang!

Artikel yang Direkomendasikan